Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Apple Tolak DuckDuckGo Sebagai Mesin Pencari

DuckDuckGo_1a
DuckDuckGo. (Sumber: Computerworld)

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan DuckDuckGo untuk menggantikan Google sebagai mesin pencari default untuk mode privat di browser Safari Apple, namun gagasan tersebut akhirnya ditolak. Kabar tersebut dilansir dan dikutip Bloomberg pada Senin (10 September 2023) dan terungkap melalui transkrip yang dibuka oleh Hakim Distrik Amerika Serikat (AS) Amit Mehta. Rekaman ini merupakan bagian dari gugatan antimonopoli pemerintah AS terhadap Google. CEO DuckDuckGo Gabriel Weinberg mengatakan dia mengadakan sekitar 20 pertemuan dan panggilan telepon dengan para eksekutif Apple, termasuk kepala Safari, pada tahun 2018 dan 2019.

Tujuan DuckDuckGo

DuckDuckGo_2b

DuckDuckGo. (Sumber: CNET)

Tujuannya adalah agar DuckDuckGo menjadi mesin pencari default untuk penjelajahan pribadi di Safari. Dalam mode privat, Safari tidak melacak riwayat penelusuran pengguna atau menyimpan data tentang situs web yang mereka kunjungi.

Meski berdiskusi mendalam, Apple akhirnya menolak mengganti Google dengan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default.Hal ini mencerminkan tantangan dan pertimbangan yang muncul dalam upaya Apple untuk menjaga keseimbangan antara privasi pengguna dan kemitraan strategis dalam ekosistem teknologi yang terus berubah.

Kesaksian Weinberg memberikan wawasan menarik mengenai dinamika di balik layar sektor teknologi yang kompetitif. “Kami sedang membicarakannya, saya pikir mereka akan menerapkannya,” kata Weinberg, sambil mencatat bahwa Apple telah mengintegrasikan beberapa teknologi privasi DuckDuckGo lainnya ke dalam Safari.

“Kami mengintegrasikannya berkali-kali hingga garis finis,” tambahnya. Faktanya, hampir semua hal yang kami temukan kecuali penelitian.”

Mengadopsi DuckDuckGo Mungkin Ide yang Buruk

Namun menurut John Giannandrea yang menjadi direktur riset Apple pada tahun 2018, Apple tidak pernah benar-benar mempertimbangkan untuk beralih ke DuckDuckGo. Dalam emailnya kepada para eksekutif Apple pada Februari 2019, Giannandrea mengatakan bahwa menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencari default untuk penjelajahan pribadi di Safari mungkin merupakan ide yang buruk.

Menurut kesaksian Giannandrea, keputusan tersebut dipengaruhi oleh masalah privasi. Ia mengatakan, pemilihan DuckDuckGo didasarkan pada asumsi bahwa penggunaan mesin pencari akan lebih privasi.
Namun karena DuckDuckGo mengandalkan Bing untuk mencari informasi, Giannandrea yakin ada kemungkinan informasi pengguna akan jatuh ke tangan Microsoft.

Hal ini membuatnya skeptis terhadap klaim privasi DuckDuckGo, dan dia merasa bahwa pemasaran privasi DuckDuckGo tidak sesuai dengan detail teknis.

Perspektif Giannandrea memberikan wawasan tentang pertimbangan kompleks yang terlibat dalam memilih mitra pencarian default, menekankan pentingnya menyeimbangkan keamanan privasi pengguna dengan strategi kolaborasi dengan perusahaan riset ekosistem teknologi lainnya.

Jika Apple benar-benar ingin beralih ke DuckDuckGo, “Saya mungkin akan menuntut uji tuntas yang lebih menyeluruh dengan DuckDuckGo,” katanya.

Baca juga: Patuhi Aturan, Apple Akan Periksa Aplikasi Di App Store Tiongkok

Upaya Menghambat Persaingan

DuckDuckGo_3c

DuckDuckGo. (Sumber: CNET

DuckDuckGo menolak mengomentari keputusan hakim. Sementara itu, Apple tidak menanggapi permintaan komentar.

Departemen Kehakiman menuduh Google membayar miliaran dolar kepada Apple dan perusahaan lain untuk menjadi mesin pencari default di browser web dan ponsel cerdas, sehingga membatasi peluang bagi pesaing seperti Bing dan DuckDuckGo dari Microsoft.

Badan antimonopoli federal dan negara bagian mengatakan kesepakatan itu akan membatasi persaingan. Menariknya, meski sebelumnya John Giannandrea skeptis terhadap potensi DuckDuckGo, CEO Apple Tim Cook meminta Giannandrea menjajaki kemungkinan penggunaan mesin pencari Bing untuk Safari pada tahun 2018.

Dalam serangkaian pertemuan antara eksekutif Apple dan Microsoft, termasuk sekitar Natal 2020, mereka membahas kemungkinan bermitra atau menjual Bing ke Apple. Dalam konteks ini, Apple membuat perbandingan antara hasil pencarian Bing dan Google.

Sebuah studi pada bulan Mei 2021 menemukan bahwa Google memberikan hasil yang lebih baik secara keseluruhan, kecuali untuk pencarian desktop berbahasa Inggris, di mana Bing cocok dengan Google.

Meskipun pembicaraan ini tidak menghasilkan kesepakatan, hal ini mencerminkan upaya Apple untuk mengeksplorasi opsi pencarian yang dapat memenuhi standar kualitasnya sekaligus mengurangi ketergantungannya pada Google.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...