Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple Tidak Hadirkan Fitur Touch ID

Touch ID Apple_1a
Touch ID Apple. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Rumor Apple berencana kembali menggunakan fitur Touch ID di sebagian besar seri iPhone barunya sudah lama beredar di internet. Belakangan ini kabar terbaru mengenai iPhone 16 series generasi baru atau iPhone SE tengah menjadi perbincangan hangat. Kabar tersebut muncul di media sosial Tiongkok, yakni Weibo. Menurut MacRumors, perangkat keras Touch ID yang dimiliki perusahaan hanya untuk iPhone SE (2022). Dikatakan bahwa Apple memilih untuk mengadopsi desain layar penuh untuk iPhone SE generasi keempat atau iPhone SE 4 dengan ID wajah, daripada menggunakan sensor Touch ID di bawah layar – seperti yang saat ini dilakukan dengan produsen Android.

Banyak Pengguna Memilih Untuk Gunakan Touch ID

Touch ID Apple_2b

Touch ID Apple. (Sumber: Tech Inspire)

Sumber anonim ini memiliki rekam jejak yang baik dalam hal rumor tentang banyak berita perangkat keras Apple di masa lalu. Jika Apple berencana meluncurkan kembali Touch ID, yang jelas tidak akan terjadi dalam waktu dekat atau setidaknya akan masuk ke seri iPhone 16.

Selain itu, masih banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan Touch ID daripada Face ID karena mereka dapat membuka kunci iPhone tanpa melihat layar. Sedangkan untuk iPhone SE 4 dikatakan iPhone murah ini memiliki sasis yang mirip dengan iPhone 14.

Ponsel Apple ini juga akan menggunakan satu notch untuk kamera selfie dan Face ID, bukan Dynamic Island seperti iPhone 15. Apple diperkirakan akan mengumumkan iPhone SE generasi keempat pada tahun 2025.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Punya Layar Lebih Besar

Di sisi lain, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar lebih besar: 6,27 inci dan 6,86 inci, serta akan menggunakan panel LTPO 120Hz.

Lalu bagaimana dengan model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus? Menurut GSM Arena, kedua ponsel ini masing-masing menggunakan layar berukuran 6,12 inci dan 6,69 inci. Kedua layar seri iPhone 16 mendukung kecepatan refresh 60Hz. Rumor tersebut dibenarkan melalui tweet dari leaker Ross Young.

Jika laporan ini benar, model iPhone 16 dan 16 Plus akan tetap menggunakan layar dengan kecepatan refresh 60Hz yang sama dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia mengatakan Apple tidak akan mengintegrasikan Pro Motion ke model standar hingga tahun 2025.

Kembali ke bocoran seri iPhone 16 yang rencananya meluncur tahun depan, para penggemar Apple bisa berharap semua model iPhone baru akan hadir dengan Dynamic Island. Sebelumnya beredar rumor bahwa HP iPhone 16 akan menggunakan tombol tambahan kecuali volume, power, dan mute.

Kabar tersebut diungkap oleh leaker terpercaya yang memiliki akun Weibo yakni Instant Digital. Ia mengatakan penerus seri iPhone 15 akan hadir dengan tombol tambahan. Tak hanya tombol, perusahaan Cupertino juga akan mengubah posisi antena mmWave di sisi kiri ponsel seri iPhone 15 – yang sebelumnya berada di sisi kanannya.

Baca juga: Apple Siap Rilis IOS 17.2 Di Desember 2023

Fungsi Pro Action Button di iPhone 16

Pro Action Button Apple_3c

Pro Action Button Apple. (Sumber: CNET)

Tombol bernama Pro Action di iPhone ini kabarnya akan masuk ke bodi ponsel dan disebut-sebut sebagai cara Apple berpindah ke teknologi tombol solid state.

Rumor ini berasal dari Instant Digital dan mendukung informasi dari MacRumors, pada September 2023. Jadi apa perannya? Apple secara internal menyebut tombol ini sebagai “tombol tahan”; itu terletak di bawah tombol power di sisi kanan iPhone.

Banyak orang yang percaya bahwa “tombol ambil” ini akan berfungsi sebagai jalan pintas untuk meluncurkan aplikasi foto, seperti ponsel Android Sony Xperia.

Menurut analis Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan ditenagai chipset A18, menurut GSMArena. Berbeda sekali dengan lini tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapatkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...