Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Apple Pastikan Pengguna iPhone di Uni Eropa Bisa Hapus Browser Safari

Safari Apple_1a
Safari Apple. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Apple baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengizinkan pengguna iPhone di Uni Eropa menghapus browser Safari. Langkah ini diambil sebagai bagian dari kepatuhan Apple terhadap aturan Undang-Undang Pasar Digital, yang juga dikenal sebagai Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa. Langkah ini juga merupakan bagian dari upaya Apple untuk menambah pilihan bagi pengguna. Berdasarkan dokumen kepatuhan yang dirilis Apple, pengguna iPhone di Eropa dapat menghapus aplikasi browser Safari sebelum akhir tahun 2024. Mengutip Gizchina, Apple akan memperkenalkan opsi bagi pengguna iPhone di Uni Eropa Eropa untuk memberi mereka kontrol lebih besar atas perangkat lunak iPhone mereka. Dalam dokumen itu tertulis: Saat ini, pengguna Apple memiliki kemampuan untuk menghapus aplikasi preinstal dari Home Screen di iOS. Apple juga berencana mengizinkan pengguna menghapus Safari dari iOS, jika mereka menginginkannya. Apple berencana membuat hal ini bisa dilakukan akhir 2024.

Tak Ada Wilayah Yang Terbatas?

Safari Apple_2b

Safari Apple. (Sumber: ZDNET)

Apple tidak menyebutkan area terlarang dalam dokumentasi log. Namun, dengan semua perubahan yang dilakukan Apple baru-baru ini karena DMA, penyesuaian di atas diperkirakan hanya akan terbatas di Eropa saja.

Untuk memenuhi persyaratan DMA UE, Apple mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan versi yang mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna iPhone mentransfer data ke Android dengan mudah. Pekerjaan diharapkan selesai pada musim gugur 2025.

Saat Ini Aplikasi Safari Belum Bisa Dihapus

Sekarang, menghapus Safari bisa jadi rumit karena Perlindungan Integritas Sistem (SIP) Apple mencegah aplikasi pra-instal seperti Safari dihapus dengan mudah.

Meskipun menonaktifkan SIP diperlukan untuk menghapus Safri, penting untuk dicatat bahwa menghapus aplikasi seperti Safari dapat berisiko dan dapat merusak sistem operasi jika tidak dilakukan dengan benar.

Jika pengguna tidak berpengalaman dengan sistem file macOS, hal itu akan terjadi disarankan untuk menghindari penghapusan Safari yang dapat merusak sistem.

Pengguna Hanya Bisa Nonaktifkan Browser Safari

Safari Apple_3c

Safari Apple. (Sumber: Reddit)

Meskipun sulit untuk menghapus Safari dari Mac, pengguna dapat menonaktifkannya dengan menghapusnya dari Dock, menghapus data riwayat penjelajahan, dan menggunakan browser lain.

Di seluruh perangkat, pengguna iPhone dan iPad tidak dapat menghapus Safari karena sifat dari Safari integrasinya yang mendalam ke dalam sistem operasi. Namun, pengguna dapat menghapus ikon Safari dari layar utama dan menghapus data penjelajahan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Harap diperhatikan bahwa menonaktifkan Safari tidak akan sepenuhnya menghapus aplikasi atau data aplikasi tersebut di perangkat iOS. Dengan pembaruan terbaru Apple, proses mencopot pemasangan Safari menjadi lebih sederhana.

Penghapusan Safari Berlaku di 24 Negara

Menanggapi laporan terbaru mengenai penghapusan total browser Safari, Apple telah mengumumkan perubahan pada iOS, Safari, dan App Store di Uni Eropa.

Seperti perubahan lainnya, perubahan ini disebabkan oleh permintaan DMA. Apple telah mengumumkan akan membuka pembatasan browser untuk pengguna di 27 negara anggota Uni Eropa pada pembaruan iOS 17.4.

Setelah pengguna iPhone di Eropa meningkatkan ke iOS 17.4, mereka akan melihat jendela baru setelah membuka browser Safari. Jendela ini akan meminta pengguna untuk mengubah browser default jika diinginkan.

Baca juga: Apple Bakal Garap MacBook Layar Lipat

Mengenai Browser Safari

Safari adalah browser web yang dikembangkan oleh Apple Inc. dan pertama kali dirilis pada tahun 2003. Ini adalah browser default yang disertakan dengan perangkat Apple seperti Mac, iPhone, iPad, dan iPod Touch.

  • Integrasi dengan Ekosistem Apple: Safari dirancang untuk berintegrasi dengan baik dengan produk-produk Apple lainnya, seperti iCloud, Keychain, dan Handoff, yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan sesi browsing dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya dengan lancar.
  • Kecepatan dan Efisiensi: Safari dikenal karena kinerja cepatnya dan penggunaan sumber daya yang efisien, terutama di perangkat Apple. Ini memiliki mesin JavaScript yang kuat dan kemampuan caching yang baik untuk mempercepat proses browsing.
  • Fitur Keamanan: Safari memiliki sejumlah fitur keamanan yang dirancang untuk melindungi pengguna saat mereka menjelajah web, termasuk perlindungan terhadap pelacakan pengguna, pencegahan phishing, dan opsi untuk memblokir cookies dari situs web yang tidak diinginkan.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id — Rencana Apple untuk masa depan AppleTV mulai terbentuk, dan mungkin akan semakin dekat. Menurut Mark Gurman, perusahaan tersebut sedang mempertimbangkan untuk...