Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Apple dengan Keamanan tanpa Password

Last updated on 17 Februari, 2020

Unbox.id – Menggunakan rangkaian kombinasi huruf dan angka adalah sesuatu yang sudah umum dijadikan  nama pengguna dan kata sandi untuk login ke sebuah layanan online di internet.

Mengamankan Akun dengan Cara Kovensional

Walaupun sudah serumit apa pun kombinasi dibuat untuk mengamankan akun kita, tetap saja akun dapat diretas atau diambil alih dengan basis data. Hal tersebut membuktikan jika cara konvensional seperti itu sudah tidak efektif lagi untuk mengamankan akun layanan online kita dan para perusahaan dan orang-orang sudah mulai mencari cara alternatif untuk mengamankan data yang ada di akun layanan online mereka.

Apple selaku perusahaan teknologi terkemuka terlihat bergerak untuk membuat sebuah pengamanan tanpa menggunakan kata sandi, maka dari itu kini Apple bergabung menjadi salah satu anggota dewan di Fido Allience yang bergerak untuk menghilangkan ketergantungan akan kata sandi dengan menggunakan perangkat tambahan.

Kegiatan ini sama dengan apa yang telah dilakukan oleh perusahaan besar seperti Google. Mereka memperkenalkan kunci keamanan tambahan yang bernama Titan yang ketika dihubungkan ke perangkat, namun hanya bisa digunakan di situs web dan layanan yang bekerja sama dengan mereka.

Persempit Kemungkinan Diretas

Hal ini membuktikan jika di masa depan kita tidak lagi membutuhkan kata kunci sebagai  pengamanan data di akun layanan online, tapi hanya membutuhkan sebuah perangkat tambahan atau ponsel pintar anda untuk menjadi kuncinya dan ini juga mempersempit kemungkinan akun kita akan diretas dan dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi pihak Apple belum memperjelas kepan akan mempergunakan alat ini untuk perangkat mereka.

Selain Apple, ada beberapa perusahaan besar yang ikut bergabung dengan Fido Allience untuk memperkuat pengamanan mereka. Perusahaan besar tersebut terdiri dari Amazon, Arm, Facebook, Google, Intel, Microsoft , dan Samsung.

Fido Allience yang di dirikan oleh Agnitio, Infineon, Lenovo, Nok Nok Labs, PayPal, dan Sensor Validitas. Hingga akhir 2019, dan telah memiliki lebih dari 500 perusahaan yang menjadi anggota yang tersebar di seluruh dunia. Untuk melihat informasi lengkapnya,anda bisa membuka website resmi Fido Allience www.fidoalliance.org .

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pendiri Apple Steve Jobs pernah mengatakan bahwa Android adalah “pencuri” karena sering menjiplak sistem iOS milik Apple. Faktanya, Steve Jobs memecat CEO...

Software

Jakarta, Unbox.id – Tetap produktif memang tak selalu mudah, terutama ketika Anda memiliki banyak tugas. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah menggunakan aplikasi...

Apple

Jakarta, Unbox.id – Belakangan ini , beberapa produsen smartphone mengadopsi fast charging untuk mengimbangi waktu pengisian yang lama. Apple tidak jauh di belakang ini...

Hardware

Unbox.id – Apple disebut akan merilis dua model iPad Pro dengan layar lebih besar. Menurut analis Ross Young, kedua iPad baru ini akan diluncurkan...