Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Apa Itu eSIM Yang Digunakan Pada Iphone Keluaran Terbaru?

iPhone 2nd Generation (sumber: gsmarena.com)
iPhone 2nd Generation (sumber: gsmarena.com)

Last updated on 11 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Perusahaan Apple kini resmi telah meluncurkan fitur dual SIM yang disematkan pada iPhone keluaran terbaru mulai dari iPhone XS, XS Max, hingga iPhone 13 Pro Max. Ini juga merupakan kali pertama Apple merilis smartphone dengan menyematkan fitur dual SIM, namun menariknya, Apple menggunakan teknologi eSIM pada salah satu kartu SIM tersebut.

Lalu, apa sebenarnya e-SIM itu?

eSIM atau SIM digital merupakan SIM card yang tertanam langsung pada perangkat smartphone. Dengan eSIM ini, kita tak perlu lagi membutuhkan SIM card fisik yang dimasukkan ke dalam slot SIM card. Dengan menggunakan eSIM, Anda hanya membutuhkan layanan dari operator telekomunikasi yang sudah mendukung E-sim ini untuk mengaktifkan paket seluler.

Sebagai contoh smartphone besutan Apple, yakni iPhone XS dan XS Max, kedua smartphone tersebut kini mendukung dual SIM card. Untuk SIM card utama keduanya masih menanamkan SIM card fisik, namun pada SIM card kedua, kedua smartphone tersebut sudah menggunakan eSIM.

Baca juga: Rekomendasi Iphone Yang Masih Layak Dibeli Di Tahun 2022

iPhone (sumber: gsmarena.com)

iPhone (sumber: gsmarena.com)

Padahal seperti yang kita tahu, smartphone dual SIM yang ada di pasaran saat ini kebanyakan menyediakan dua slot fisik. Jadi Apple membuat inovasi mulai dari iPhone XS, XS Max hingga yang terbaru iPhone 13 Pro Max, yakni dengan menyediakan dual SIM tanpa harus merancang dua slot fisik.

Sebenarnya, kartu eSIM ini bukan teknologi yang benar-benar baru, karena sebelumnya smartphone Google Pixel 2 dan smartwatch Samsung Gear 2 sudah terlebih dulu menggunakan fitur tersebut.

Apa keuntungan menggunakan eSIM?

eSIM akan memudahkan kita karena tak perlu lagi ada proses memasukkan SIM Card fisik. Semua proses langsung dilakukan melalui smartphone, termasuk ketika memilih operator. Bahkan jika Anda ingin mengganti operator misalnya dari Telkomsel ke Indosat, semua dapat dengan mudah dilakukan hanya dari menu di smartphone saja.

Hal itu tentu sangat membantu terlebih saat kita sedang berkunjung ke luar negeri. Dengan menggunakan eSIM, Anda tak perlu lagi repot mencari gerai penjual kartu SIM fisik. Hanya dengan software tertentu Anda bisa langsung berganti operator sesuai dengan yang ada di negara tersebut. Ini tentu saja menjadi salah satu keunggulan eSIM.

Apakah Indonesia sudah mendukung eSIM?

Untuk saat ini operator seluler yang sudah menyediakan layanan ini adalah Smartfren. Namun kabarnya Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata juga tengah mempersiapkan layanan tersebut.

Jadi kita tunggu saja kapan operator seluler di Indonesia secara keseluruhan mengadopsi eSIM.

Bagaimana sebenarnya cara mengganti operator di eSIM?

Untuk iPhone, mengganti operator cukup dengan masuk Settings>Cellular>Cellular>Plans dan pilih operator yang ingin Anda gunakan. Anda bisa menyimpan lebih dari satu nomor di eSIM tersebut, namun hanya satu nomor yang dapat aktif dalam satu waktu (tidak bisa digunakan secara bersamaan).

Jika menggunakan dual SIM Card (baik yang fisik maupun eSIM) seperti di iPhone XS dan XS Max, penggunaannya mirip seperti menggunakan dual SIM Card fisik biasa. Anda dapat memilih salah satu nomor sebagai nomor utama, misalnya khusus telepon atau internetan saja.

Baca juga: Apple iPhone 14 Series Akan Mendukung Fitur eSIM

Sedangkan untuk di Android, Google Pixel 2, eSIM digunakan untuk mengakses layanan internet Google. Untuk mengubah operatornya pun juga cukup mudah, yakni cukup masuk ke menu Settings>Carrier.

Kesimpulannya, eSIM dipercaya akan menjadi standar baru kartu SIM di masa mendatang. Meski proses dan waktunya memakan waktu yang lama, dengan keberadaan iPhone XS dan XS Max yang menggunakan fitur ini tentu akan mendongkrak jumlah penggunaan eSIM khususnya di Indonsia.

Jadi di masa depan, tidak menutup kemungkinan semua smartphone yang ada di dunia akan menggunkan eSIM sebagai standar utama, dan itu akan menjadi awal kepunahan kartu SIM fisik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini aplikasi pembuat konten ‘Tiktok’ mendapatkan sorotan tajam dari pihak regulator Amerika Serikat. Setelah sempat mengalami masalah beberapa waktu lalu,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Kabar baik datang untuk para pengguna smartwatch besutan Apple yakni Apple Watch. Hal tersebut berkat hadirnya aplikasi yang bernama WatchTube dimana...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Layaknya Apple yang membekali iPhone dengan fitur Siri, Samsung juga membekali lini smartphone miliknya dengan antarmuka sistem One UI dengan asisten...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda para pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS seperti iPhone ataupun iPad, tentu Anda sudah terbiasa melihat ‘Report Junk’ setiap...