Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

AI Bakal Lebih Pintar dari Manusia pada 2025

Artificial Intelligence_1a
Artificial Intelligence. (Sumber: Markofate)

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara yang disiarkan di X, Elon Musk meramalkan bahwa kecerdasan buatan super akan mengalami kemajuan besar dalam waktu dekat. “Saya pikir kita akan memiliki AI yang lebih pintar dari manusia mana pun pada akhir tahun depan atau 2025,” kata Elon Musk kepada Arstechnica.

Pertumbuhan AI yang Cepat

Artificial Intelligence_2b

Artificial Intelligence. (Sumber: Social Pinpoint)

Pernyataan tersebut terlontar dari mulut pemilik jejaring sosial (medsos) X, dalam wawancara dengan manajer hedge fund, Nicolai Tangen. Ketika Nicolai menanyakan pendapat Elon tentang posisi umat manusia dalam perlombaan AI saat ini, Musk menjawab: “AI adalah teknologi dengan pertumbuhan tercepat yang pernah saya lihat, dan saya telah melihatnya dalam banyak hal.”

Dia menggambarkan kekuatan komputasi yang didedikasikan untuk kecerdasan buatan tumbuh “sepuluh kali lipat setiap tahun atau setiap enam hingga sembilan bulan.” “Jika Anda mendefinisikan AGI (kecerdasan buatan) sebagai lebih pintar dari manusia terpintar, saya pikir hal itu bisa terjadi tahun depan, dalam waktu dua tahun,” tambah Musk.

Namun, tidak semua orang yakin prediksi Elon Musk akan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah Grady Booch. “Ingatlah bahwa Musk memiliki rekam jejak yang buruk dalam hal prediksi AI,” kata kritikus AI ini.

Pada tahun 2016, Elon Musk berjanji bahwa mobil Tesla akan memiliki keamanan FSD Level 5, namun sejauh ini hal tersebut belum menjadi kenyataan. “Tesla memiliki FSD level 5 dan di sinilah kami, ditutup satu dekade kemudian dan masih menunggu,” katanya.

Elon Musk Bagi-Bagi Centang Biru X Twitter

Platform media sosial, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter dan kini dimiliki oleh Elon Musk, menawarkan tanda centang biru terverifikasi kepada pengguna. Ya, tanda centang biru hanya untuk pengguna X Premium yang akan dibagikan kepada pengguna yang memenuhi kriteria berlangganan tertentu.

Mengutip iMore, fitur tanda centang biru di X Premium hanya dibagikan kepada pengguna jejaring sosial Elon Musk dengan sejumlah terverifikasi. pengikut. lebih dari 2.500.

Sementara itu, pengguna dengan jumlah pelanggan terverifikasi sebanyak 5.000 akan mendapatkan keuntungan dari X Premium Plus. Namun hingga saat ini, pihak yang mendapat tanda centang biru gratis masih mengeluhkan tindakan Elon Musk. Beberapa orang bertanya-tanya apakah ada cara untuk menolak tawaran tersebut.

Sementara yang lain khawatir bahwa pengguna X lainnya akan berpikir mereka bersedia membayar untuk platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter hanya untuk mendapatkan tanda centang biru.

Sebelumnya, hanya X Twitter yang memberikan tanda centang biru Premium gratis kepada pengguna dengan jumlah pengikut banyak (minimal beberapa juta).

Baca juga: OpenAI Bantah Tudingan Dari Elon Musk

Motif X Bagikan Centang Biru

Centang Biru X Twitter_1a

Centang Biru X Twitter. (Sumber: Marca)

Selain itu, selebriti dan koroprasi/perusahaan media pun mendapatkan centang biru ini dengan gratis. Langkah baru CEO Tesla tampaknya adalah cara untuk menarik pengguna berpengaruh dengan jumlah pengikut lebih sedikit (sebagian besar jurnalis).

Diyakini, keputusan ini diambil karena X membutuhkan banyak jurnalis dengan centang biru di X. Setelah kejadian baru-baru ini (gempa bumi di Taiwan, pemilu Turki, dll), banyak pengguna mengeluh X bukan lagi platform berita terkini seperti Twitter dulu.

Ini karena jurnalis, yang menulis atau memperkuat berita di Twitter, sudah kehilangan populeritas dengan pengguna atau akun dengan jumlah follower sedikit dan membayar USD 8 akan selalu muncul di atas.

Dengan ini, jurnalis berpengalaman yang berkompeten memberikan informasi akan terpendam oleh algoritme X yang mementingkan pengguna centang biru (gratis atau berbayar). Di sisi lain, Elon Musk menjadi pusat perhatian dunia teknologi, dimana kali ini bos X Twitter mengungkapkan niatnya untuk membuka akses terhadap source code Grok.

Grok sendiri merupakan chatbot ciptaan Elon Musk yang menciptakan Perusahaan AI, khususnya xAI, dan diharapkan menjadi pesaing serius ChatGPT.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Kejahatan dunia maya saat ini sedang meningkat berkat kemajuan teknologi yang semakin pesat. Salah satu kemajuan teknologi yang berisiko disalahgunakan adalah teknologi...

Tech Industry

Unbox.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berupaya mendorong penggunaan kecerdasan buatan/AI atau kecerdasan buatan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui kerja...

Tech Industry

Unbox.id – Starlink resmi hadir di Indonesia! Nah, layanan internet satelit besutan Elon Musk ini telah resmi diluncurkan di Indonesia. Dengan hadirnya layanan Starlink...

Tech Industry

Unbox.id – Dalam wawancara eksklusif baru-baru ini, CEO OpenAI Sam Altman menjelaskan GPT-4 baru secara mendetail dan mengisyaratkan rencana masa depan untuk GPT-5. Altman...