Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech News

3 Trik Potret Gambar di Malam Hari Pakai Samsung Galaxy S23

Samsung S23 Camera_2
Ada beberapa trik untuk bisa hadirkan kualitas gambar terbaik ketika potret gambar di malam hari dengan Samsung S23. (Sumber: PhoneArena)

Unbox.id – Memotret di malam hari dengan minim cahaya memang menjadi kekhawatiran sebagian besar pengguna smartphone. Ini karena banyaknya noise dan ketajaman yang hilang pada gambar yang dihasilkan. Namun, dengan fitur Nightography yang disempurnakan, pengguna seri Samsung Galaxy S23 dapat memotret di malam hari seperti profesional. Fitur ini didukung dengan teknologi Tetra2Pixel terbaru yang dilengkapi dengan resolusi kamera terbaik di jajarannya. Selain itu, Expert RAW juga hadir memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang sebenarnya.

Kemampuan Fotografi Yang Luar Biasa Dari Galaxy S23

Menurut fotografer Adhika Bayu, kemampuan fotografi seri Galaxy S23 dapat dipercaya di berbagai kondisi lingkungan dengan hasil detail yang konsisten dan warna yang hidup.

“Tentu saja, hal itu sangat memudahkan untuk mendokumentasikan saat bepergian, terutama karena kita semakin sering bepergian,” kata Andhika.

Fotografer petualang ini juga membagikan tiga cara mudah untuk menghasilkan foto maksimal di malam hari dengan seri Samsung Galaxy S23. Penasaran ingin tahu caranya? Simak penjelasan lengkap tips fotografi 3 malam dengan seri Samsung Galaxy S23 berikut ini.

Baca juga: Samsung Galaxy A54 Segera Upgrade Ke Exynos 1380

Lewat Maksimalkan Nightography

Nightography Samsung Galaxy S23_3a

Sistem Nightography di Samsung Galaxy S23 jadi fitur yang menarik untuk potret gambar di malam hari. (Sumber: Vodafone)

Andhika pernah mengungkapkan bahwa pemilihan resolusi kamera sangat menentukan kualitas jepretan malam hari. Maka Andhika menyesuaikan resolusi kamera dengan kondisi minim cahaya yang ditemuinya.

Ada dua pengaturan resolusi yang biasa digunakan Andhika untuk fotografi malam hari. Untuk kondisi malam hari dengan cahaya cukup kuat, gunakan mode kamera tertinggi 200MP di Galaxy S23 Ultra atau 50MP di Galaxy S23 dan S23+.

Sedangkan pada malam hari dengan kondisi cahaya sangat redup atau hanya sumber cahaya seperti lampu neon, pengguna bisa menggunakan kamera 12 MP sebagai mode default untuk setiap mode malam pada seri Galaxy S23.

“Pengaturan default kamera untuk malam pada Galaxy S23 Series 5G memiliki dynamic range dan exposure yang sangat cocok untuk fotografi malam di kondisi outdoor, baik di destinasi alam maupun perkotaan, di mana kita bisa mendapatkan foto yang lebih hidup namun tetap natural. kata Andhika.

Mainkan Exposure Agar Dramatis

Mengingat keterbatasan memaksimalkan sumber cahaya di malam hari, pengguna mungkin memerlukan pengaturan kamera yang lebih rumit dalam kondisi tertentu. Untuk mengatasinya, Andhika memaksimalkan pengaturan kamera Expert RAW untuk bidikan malam yang lebih memuaskan.

Kehadiran Expert RAW memungkinkan pengguna mengatur ISO secara manual sesuai dengan kecepatan rana. Hasilnya, sensor kamera selalu dapat menerima porsi cahaya yang tepat. Selain itu, teknik long exposure dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas pengguna. Semakin gelap lingkungan, semakin tinggi ISO yang dapat diatur oleh pengguna.

Kecepatan rana yang lebih tinggi menyebabkan kamera tetap terbuka lebih lama sehingga lebih banyak cahaya yang bisa ditangkap. Teknik ini, yang sering digunakan untuk memotret lalu lintas, menciptakan efek dramatis dari lampu kendaraan yang bergerak.

Namun, pengguna sebaiknya memastikan perangkat selalu dalam kondisi stabil untuk hasil foto yang maksimal. Inilah tantangan dari metode long exposure.

Baca juga: Kembalinya Samsung Galaxy Watch 6 Dengan Bezel Putar

Gunakan Astrophoto Untuk Potret Langit Malam Penuh Bintang

Samsung S23 Camera_2a

Astrophoto pada perangkat Samsung S23 jadi bagian penting untuk hasilkan potret gambar terbaik di malam hari. (Sumber: USA Today)

Langit berbintang benar-benar salah satu subjek paling menarik untuk difoto pada malam hari. Namun, memilih lokasi, waktu, dan kapasitas peralatan merupakan sebuah tantangan.

Andhika menjelaskan, berbagai tools yang tersedia untuk fitur Astrophoto pada seri Expert Raw Galaxy S23 dapat dioptimalkan untuk fotografi langit malam.

Salah satu alatnya adalah Sky Guide yang dapat memandu pengguna untuk menemukan konstelasi dan gugusan bintang. Dilengkapi dengan teknologi segmentasi AI dan pemrosesan multi-bingkai, Astrophoto dapat memetakan bintang untuk menyempurnakan detail gambar.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung dikabarkan akan meluncurkan setidaknya tiga varian jam tangan pintar baru pada tahun ini. Jam tangan pintar ini rencananya akan diluncurkan pada...

Tech Industry

Unbox.id – Bocoran informasi mengenai Galaxy Z Fold 6 semakin jelas seiring semakin dekatnya tanggal peluncurannya. Baru-baru ini hasil uji performa Samsung Galaxy Z...

Tech Industry

Unbox.id – Apple baru-baru ini membuat marah banyak orang setelah merilis iklan kontroversial untuk iPad Pro OLED barunya. Iklan tersebut memperlihatkan mesin press hidrolik...

Tech Industry

Unbox.id – Samsung baru saja mencetak rekor luar biasa, ketika perusahaan asal Korea ini meraih penjualan besar-besaran, mengalahkan setiap merek smartphone yang ada di...