CES 2019 : TV Terbesar 8K, Mobile 5G dan Lainnya Yang Curi Perhatian

Jakarta, Unbox.id – CES 2019 (Consumer Electronics Show) telah berlangsung meriah dan lancar di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Promosinya sudah dimulai pada hari Minggu 6 Januari kemarin dan show nya telah berlangsung resminya mulai hari Selasa, 8 – 11 Januari waktu setempat kemarin. Acara tersebut, yang hanya terbuka untuk orang-orang yang bekerja di industri dan jurnalis terakreditasi (seperti kami).

Sebelum membahas tentang apa saja yang sukses mencuri perhatian publik, kami akan menjelasan sedikit tentang CES. Ya, CES tidak lain merupakan salah satu pameran dagang elektronik konsumen terbesar di dunia, yang mana banyak produsen memperkenalkan teknologi inovasinya yang bakal diproduksinya sepanjang 2019 ini dan itulah yang dapat kita harapkan untuk dirilis selama 12 bulan ke depan, mulai dari perlengkapan rumah pintar, gadget masa depan, hingga ke perangkat fashion semacam jam pintar dan lain sebagainya.

Tren besar pada acara CES tahun ini adalah teknologi mobile 5G, TV 8K dan AI menjadi lebih cerdas dan muncul di lebih banyak perangkat. Beberapa produsen teknologi seperti Samsung, Apple, Lg dan bahkan Sony merupakan yang cukup sukses dalam mencuri perhatian publik di CES 2019 kemarin.

Baca Juga – Inovasi Baru ASUS Dalam Gaming Perkenalkan ROG Mothership Di CES 2019

Teknologi TV 8K dan AI

Pada CES 2019 kemarin,  Samsung mengejutkan publik dengan memperkenalkan produk TV QLED 8K yang berukuran 98 inchi, yang merupakan TV terbesar pertama dengan teknologi AI pendukung yang cukup tinggi pula. Di samping ukuran terbesar itu, Samsung juga juga memperkenalkan line TV level bawahnya, yakni model 65-, 75-, 82-, dan 85-inchi yang sekiranya akan dirilis tahun ini juga.

Terdapat chip Quantum Processor 8K dengan kualitas gambar QLED hingga memungkinkan kita menonton konten melalui layanan streaming, set-top box, HDMI, USB atau mirroring layar ponsel. Selain itu, adanya teknologi eksklusif Samsung berbasis AI yang baru hingga dapat mengenali dan meningkatkan konten apa pun, terlepas dari resolusi asli, hingga “mendekati kualitas 8K yang masih asli. Itulah yang dikatakan oleh pihak Samsung dalam CES kemarin.

Samsung juga mengumumkan akan menawarkan iTunes Film dan Acara TV serta dukungan Apple AirPlay 2 model Samsung Smart TV mulai musim semi tahun ini. Dalam industri yang pertama, aplikasi iTunes Movies dan TV Shows baru hanya akan debut di Samsung Smart TV di lebih dari 100 negara. Dukungan AirPlay 2 ini akan tersedia di Samsung Smart TV di 190 negara di seluruh dunia. Selain Samsung, LG dan Sony juga ikut serta memperkenalkan produk TV yang mana spesifikasinya bisa menyaingi Samsung.

Selain TV,nampaknya teknologi AI akan semakin canggih saja tahun ini. Ya, dalam acara tersebut, kami diperkenalkan adanya penambahan kontrol Alexa ke jajaran digital Touch2O Delta. Dengan perangkat ini, Anda  bisa mandi atau mengisi wastafel dengan suara Anda dan menariknya perangkat ini juga memungkinkan Anda memantau penggunaan air.

Bel Pintu Cerdas

Lalu ada perangkat dapur Instant Pot yang menambahkan Google Assistant app, sehingga Anda dapat mengaktifkan resep favorit dengan sebuah kata, atau meminta casserole Anda memberi tahu Anda cuaca dan kondisi lalu lintas setempat. Bahkan Amazon kini sudah memiliki microwave bertenaga Alexa sehingga peralatan memasak ini akan menjadi tren nantinya. Teknologi AI dengan dukungan Alexa atau Google Assistent ini juga bahakan merambah ke tempat tidur (ranjang), pembersih ruangan, bel pintu cerdas dan lain sebagainya. Cukup keren bukan?

Teknologi Mobile 5G

Sesuai prediksi, tahun 2019 akan menjadi era awal awal dari teknologi mobile 5G pada banyak produk baru yang akan meluncur sepanjang 2019 nantinya. Sebagai contoh, bulan Desember tahun lalu sudah diperkenalkan beberapa smartphone yang siap mengisi slot teknologi 5G di bagian spesifikasi koneksi jaringannya. Produsen gadget besar seperti Samsung, Apple, Sony, Huawei dan beberapa lainnya lagi bisa dikatakan telah siap menghasilkan produk yang mendukung teknologi mobile 5G, yang hal ini tentunya terkait dengan pihak produsen chipset terbesar, Qualcomm. Ya, Qualcomm memiliki sejumlah besar perangkat ‘hampir siap’ dan ‘ini akan menjadi seperti’ demo 5G pada cakupan yang luas lagi.Dan teknologi 5G ini diharapkan akan menjadi tempat nirkabel perangkat pintar baik itu di rumah, kantor maupun di jalanan. Sebagai bocoran, Samsung akan merilis turunan baru dari seri galaxy S, yakni S10 dan galaxy baru yang diberi kode seri X nanti, yang mana keduannya akan mendukung teknologi 5G terbaru dan beberapa teknologi canggih lainnya. Simak video event CES 2019 dari Samsung berikut ini;

Produk Headphone Terbaik Dunia

Awal tahun ini, Sony memenangkan produk headphone-nya, WH-1000XM3. Ini merupakan headphone dengan fitur tingkat peredam bising terbaik di dunia dan bahkan ada fitur aplikasi Alexa di dalamnya. Seperti halnya Google Assistant pada Bose’s QC35 II, asisten pribadi dan DJ Amazon yang lincah dihidupkan dengan sekali ketukan tombol (atau, lebih tepatnya, dari casing yang peka terhadap sentuhan headphone) untuk memainkan lagu, memberi tahu cuaca atau membuat Anda tertawa terbahak-bahak dengan ‘leluconnya’.

Smartwatch HYBRID Pertama Dunia Dengan EKG dan Harga Murah

Adalah produk smartwatch dari Withings yang mencuri perhatian acara CES di Las Vegas kemarin. Produk tersebut bernama Garmin Vivofit 3 Music, yang telah diperbaiki dengan tersedianya versi dengan kartu SIM. Dan produk lainnya, yakni Withings Move EKG. Ini jam tangan analog pertama di dunia dengan kemampuan untuk merekam elektrokardiogram, seperti Apple Watch 4. Ini akan memantau kesehatan kardiovaskular Anda dan mendeteksi kondisi jantung seperti fibrilasi atrium.

Bagaimana tepatnya cara kerjanya? Move EKG mencakup tiga elektroda, dua di dalam tubuh utama arloji, dan elektroda ketiga di bezel stainless steel arloji. Jika Anda mengalami gejala seperti palpitasi, cukup sentuh kedua sisi bezel untuk mulai merekam. Setelah sekitar 30 detik, Gerakan EKG bergetar untuk memberi tahu Anda bahwa pembacaan selesai. Kemudian disinkronkan secara otomatis dengan aplikasi Health Mate, yang menampilkan apakah jantung berdetak dalam pola normal atau apakah ada tanda-tanda AFib. Fitur ini mampu memberikan lebih banyak gambaran tentang gaya hidup kesehatan Anda, atau apa pun yang Anda inginkan. Arloji ini juga tahan air hingga 50 meter dan memiliki daya tahan baterai ‘hingga 12 bulan’, meskipun berulang kali menggunakan app EKG-nya dan jam ini kompatibel dengan kedua ponsel Android, dan iPhone, dan akan tersedia di Q2 2019 hanya dengan £ 129,95, secara signifikan lebih murah daripada Apple Watch 4.

Headset VR Terbaik dari HTC

Produk HTC Vive Cosmos mungkin akan diluncurkan ke pasar tahun ini. Set perangkat ini suatu headset portabel mirip Oculus Go dan paket VR gaya Vive / Rift penuh. Karena itu, diperlukan prosesor eksternal – PC atau, di masa depan, ponsel cerdas atau perangkat lain yang belum dikenal – tetapi tidak ada sensor, kamera, atau stasiun pangkalan yang perlu diatur  dalam penggunaannya. Ya, kata kunci untuk perangkat ini : ‘kenyamanan mutlak, dan kemudahan pengaturan serta penggunaannya ‘. “Kami menemukan bahwa lebih dari 85% dari peminat VR percaya bahwa kemudahan penggunaan dan pengaturan adalah faktor paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli headset,” kata Daniel O’Brien, GM, Americas, HTC Vive. “Kami percaya Cosmos akan membuat VR lebih mudah diakses oleh mereka yang mungkin belum berinvestasi di VR sebelumnya dan juga menjadi pengalaman yang unggul bagi para penggemar VR.”

Itu beberapa produk terbaik yang sekiranya paling mampu mencuri perhatian publik, terutama redaksi kami dalam acara CES 2019 di Las Vegas kemarin. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan