Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

AI Bertumbuh, keamanan Cyber Juga Naik Terus

Unbox.id – Jika pertumbuhan teknologi AI sendiri naik terus, apakah korelasinya dengan kenaikan pengamanan sistem akan naik? Begitulah cerita menarik dari AI Bertumbuh kali ini. Seiring berjalannya waktu, perusahaan bahkan UMKM sendiri mulai perhatian dengan keamanan sistem mereka.

Termasuk database dan juga produksi yang tak boleh tersebar sekalipun. Malah, beberapa industri sendiri sudah ada yang mencoba untuk hadirkan solusi tersebut. Seperti Palo Alto Network, mereka hadirkan beragam solusi enterprise termasuk keamanan cyber yang mereka anggap bisa menangkal beragam masalah penting lainnya.

Sebenarnya ada tiga ancaman dan memang masih sama dari tahun ke tahun, namun mereka ini bisa jadi solusi menarik terutama penggunaan AI itu sendiri.

Papara State of CyberSecurity ASEAN 2023 hasilkan beragam temuan

Jelas temuan dari laporan ini bisa hasilkan sebuah keputusan menarik. Karena dari 93% perusahaan yang percaya diri akan langkah keamanan mereka di dunia siber. Sisanya masih ada yang ragu bahkan enggan. Memang, perusahaan saat ini masih berkutat dengan penggunaan IoT dan seberapa aman teknologi tersebut.

Melihat peningkatan resiko IoT sendiri terutama berbasis cloud. Rasanya jelas kalau ini merambah ke dunia cloud yang sekarang ini masih terjadi tingkat rawan mudah tersadap dan juga susupi ware tertentu.

Dalam rapat direksi pun hampir 53% saja sudah banyak yang perhatian dengan keamanan siber. Hal ini membuktikan kalau keamanan siber sendiri jadi concern penting. Bahkan sampai 63%  organisasi di Indonesia bakalan meningkatkan anggaran mereka untuk alokasikan ke keamanan cyber.

“Keyakinan para perusahaan terhadap langkah-langkah pertahanan keamanan siber yang mereka lakukan menunjukkan kalau perusahaan telah dan ak

AI Bertumbuh

AI Bertumbuh

an terus tahan terhadap berbagai macam ancaman suber yang semakin berkembang,” ujar Steven Scheumann, Regional Vice President for ASEAN.

 

Menurut Steven, Indonesia adalah salah satu negara di kawasan ASEAN yang jumlah serangannya itu paling sedikit dan paling banyak pengoperasian OT dan infrastruktur.

Integrasi AI Jadi Kunci

Sebenarnya dengan integrasi AI yang saat ini bertumbuh bisa jadi pilihan menarik. Tatkala dengan adopsi sistem ini bisa kita mengira kalau ini bisa jadi solusi. Dengan pembagian 54% untuk perlindungan identitas dan akses serta adopsi cloud sebesar 48%. Maka strategi perlindungan bisa membantu data perusahaan terprotect dengan maksimal. Tentu saja AI bertumbuh dan Keamanan lebih baik.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga