Rayakan Ulang Tahun Pertamanya, Google Lens Hadirkan Desain Ulang Beserta Pembaharuan

Unbox.id – Google Lens telah mengubah cara pandang pengguna smartphone dalam memanfaatkan kamera pada perangkat mereka selama setahun belakangan. Menggunakan pembelajaran mesin yang mendalam untuk menganalisis gambar yang dikumpulkan melalui kamera perangkat, aplikasi ini dapat melakukan tugas-tugas seperti memberi tahu tentang informasi sebuah buku saat dari sampul buku, mengidentifikasi toko atau lokasi dari gambarnya, atau menghubungkan ke jaringan wifi ┬áketika kamera diarahkan ke label data login.

Dalam postingan dari blog, Google telah memberikan rincian lebih lanjut tentang desain ulang Google Lens yang diluncurkan minggu lalu. Salah satu fitur utama dari desain ulang Google Lens ini adalah kemampuan untuk mencari informasi berdasarkan informasi dari visual daripada mendapatkan informasi dari teks. Jadi, sat anda melihat anjing yang lucu dan anda ingin tahu jenis apa anjing tersebut. Daripada mencari dengan menggunakan teks, anda harus mencari daftar lengkap ras anjing dan berharap menemukan yang tepat. Dengan Google Lens, anda dapat menggunakan kamera anda untuk mengambil gambar anjing dan meminta Google mengidentifikasi jenis anjing dari gambar itu.

Demikian pula, anda juga bisa mencari dari gambar untuk mengidentifikasi item dengan gaya yang sama. Jika anda melihat pakaian yang anda sukai, atau item dekorasi rumah seperti lampu, maka anda dapat mengambil gambar dengan Lens dan kemudian Lens akan mencari bukan hanya barang asli, tetapi juga yang mirip dan gaya yang sama. Proses pengambilan hasil pencarian ini bekerja melalui algoritma mesin pembelajaran yang melihat ratusan juta gambar secara online untuk mengeluarkan fitur visual dari item tertentu, membuat Lens bisa mengidentifikasi item dan item serupa lainnya hanya dari gambar.

Salah satu tantangan bagi Lens adalah membuat fitur ini bisa bekerja dengan teks. Mengajarkan kamera untuk memahami teks membutuhkan fitur yang disebut optical character recognition (OCR) yang bisa membuat Lens bisa mengidentifikasikan karakter yang tertulis bahkan ketika teks ini memiliki font yang berbeda, sudut, atau dalam warna atau pencahayaan yang tidak optimal. Dengan OCR yang diperbarui didalam Lens, Sekarang anda bisa copas teks dari dokumen kedalam ponsel anda dengan menggunakan kamera anda.

Google bertaruh saat smartphone sudah mendapatkan kamera yang lebih baik, kita akan semakin sering menggunakannya bukan hanya sebagai perangkat digital, tetapi juga untuk berinteraksi dengan dunia nyata.

Baca juga – Fitur Google Lens Membuat Google Images Bisa Mengenali Objek Dalam Gambar

Tinggalkan Balasan