Connect with us

Hi, what are you looking for?

Social Media

Meninjau Data Pengguna Media Sosial 2020 – 2021

media sosial

Jakarta, Unbox.id – Media sosial sudah menjadi sarana baru yang digunakan untuk berkomunikasi di masa pandemi karena keterbatasan jarak dan ruang untuk bertemu.

Hingga saat ini, YouTube merupakan media sosial yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia sejak awal tahun 2021. 

Kilas Balik Perkembangan Pengguna Media Sosial 2020

Sebelumnya, kita melihat bahwa menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengakses media sosial pada 2020 ketika awal pandemi.

Ambil contoh WhatsApp. Berdasarkan data pengguna media sosial dari Jakpat yang dikutip oleh Katadata, aplikasi chatting ini digunakan selama 25,9 jam per bulan oleh para pengguna di tahun 2019 kemudian meningkat menjadi 30,8 jam per bulan di tahun 2020.

Sama halnya dengan Facebook dan Instagram, keduanya digunakan rata-rata 17 jam per bulan.

Sedangkan pada media Twitter selama 8,1 jam per bulan yang sebelumnya 7,6 jam per bulan.

Kala itu , TikTok memiliki peningkatan waktu yang cukup besar. Umumnya mereka menggunakan media sosial selama 3,2 jam per bulan pada 2019 melonjak menjadi 13,8 jam per bulan pada 2020.

Sedangkan untuk pengguna aktif Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan sebanyak 2,7 miliar pengguna per 25 Januari 2021.

Memang benar adanya jika platform buatan Mark Zuckerberg sebagai media sosial yang banyak digunakan di dunia.

Selain Facebook, ada beberapa media sosial asal Amerika Serikat dengan jumlah pengguna aktif bulanan yang besar.

Misalnya, YouTube dan WhatsApp memiliki pengguna sebesar 2,3 miliar dan 2 miliar.

Sedangkan, jumlah pengguna Facebook Messenger dan Instagram sekitar 1,3 miliar dan 1,2 miliar.

Baca juga: Instagram Uji Notifikasi untuk Service Outage

Selain itu, lima media sosial yang paling banyak digunakan secara global berasal dari Tiongkok ada WeChat (1,2 miliar pengguna), TikTok (689 juta pengguna), QQ (617 juta pengguna), Douyin (600 juta pengguna), dan Sina Weibo (511 juta pengguna).

Tercatat bahwa 82% responden menggunakan platform Youtube setiap harinya.

Jika dirinci secara mendalam, maka sebagian besar atau 65% responden mengakses YouTube karena platform dinilai menghibur.

Sedangkan 56% responden mengakses YouTube sebagai media informatif.

Perkembangan Pengguna Media Sosial 2021

logo media sosial

logo media sosial (sumber twitter)

Facebook dan Instagram yang menjadi platform media sosial terbanyak tahun ini. Berdasarkan data pengguna media sosial Jakpat yang diolah kembali oleh Katadata, bila ingin dipersentase, maka keduanya masing-masing sebesar 77%. Sedangkan TikTok ada di posisi keempat dengan persentase 43%.

Kemudian, Twitter menyusul dengan persentase sebesar 30%. Sedangkan Pinterest , LinkedIn, dan SnapChat memiliki persentase masing-masing 14%, 11%, dan 7%.

Pengumpulan data ini dilakukan pada 2.321 responden dari 33 provinsi Indonesia pada bulan Januari-Juni 2021 melalui daring di aplikasi Jakpat dengan tingkat margin of error di bawah 3%.    

Namun, ketika difokuskan secara mendalam, maka masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan tiga jam setiap hari untuk bermedia sosial.

Sedangkan media sosial yang digunakan dapat dikatakan beragam, tetapi sebagian besar mengakses Instagram (95%), Facebook (85%), dan YouTube (83%). 

Tidak hanya itu, responden menggunakan aplikasi pesan instan selama dua jam per hari seperti WhatsApp (96%), Zoom (60%), dan Telegram (50%).

Lalu, 25-35% responden mengaktifkan Facebook Messenger dan LINE. Sedangkan yang lainnya, menghabiskan dua jam setiap hari untuk menonton TV atau streaming video. 

Beberapa layanan seperti Netflix, VIU, dan YouTube Premium menjadi pilihan responden.

Selain itu, responden memanfaatkan waktu satu jam untuk bermain game.

Data lain menyebutkan jika sebanyak 71% orang mengakses internet ketika sedang beristirahat dari pekerjaan kantor atau rumah tangga.

Selebihnya mereka lebih sering berinternet sebelum tidur malam (63%) dan setelah bangun pagi (40%). 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Banyak dari pengguna yang akan setuju bahwa pengalaman menggunakan YouTube di iPhone atau iPad tidak begitu bagus. Kini masalah itu dapat...

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Facebook, Instagram, dan Twitter adalah salah satu jaringan media sosial paling populer di dunia internet yang membuat penggunanya memiliki followers. Saat...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Di belahan dunia, seperti Asia, menjual dan mengiklankan produk melalui livestream sudah menjadi aktivitas yang cukup populer. Di sinilah penjual berinteraksi...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Beberapa tahun yang lalu, Instagram mengumumkan peluncuran Threads. Seperti yang kita tahu, Threads adalah aplikasi perpesanan yang pada awalnya dirancang untuk...