Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Samsung Galaxy Watch 5 Hadir Dengan Sensor Suhu Tubuh

Galaxy Watch 4
Galaxy Watch 4

Jakarta, Unbox.id – Saat Anda sakit dan pergi ke dokter, mereka mungkin mengukur suhu Anda. Ini karena kenaikan suhu tubuh Anda, terutama di atas tingkat tertentu. Ketika diukur maka dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami demam. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, demam bisa menjadi tanda bahwa Anda mungkin telah tertular virus corona.

Meski demikian, memiliki termometer yang terpasang di tubuh sepanjang waktu tidak selalu praktis. Ditambah lagi terlihat aneh jika Anda terus-menerus menariknya untuk mengukur suhu Anda. Tetapi itu bisa berubah dengan Samsung Galaxy Watch 5.

Menurut laporan dari publikasi Korea ETNews, tampaknya Samsung telah menemukan sebuah cara. Yakni cara untuk memasukkan sensor suhu tubuh ke dalam perangkat yang dapat dikenakan.

Baca juga: Telegram Kini Dapat Berbagi File Hingga 2GB!

Sensor Suhu

Fosil Gen 5

Fosil Gen 5

Sekarang, salah satu masalah dengan jenis sensor ini adalah ketika dikenakan di pergelangan tangan. Mungkin saja itu tidak terlalu akurat. Karena suhu tubuh Anda dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terkait dengan penyakit. Tetapi bisa saja seperti cuaca atau jika Anda baru saja selesai dari olahraga.

Dari laporan yang beredar, mereka mengklaim bahwa ini adalah salah satu alasan Samsung menunda memasukkan sensor ke perangkat wearable.

Namun, mereka sekarang mengklaim bahwa Samsung telah menyempurnakan teknologinya. Mereka akan dapat memberikan pengukuran yang jauh lebih akurat. Tidak jelas bagaimana ini akan bekerja. Tetapi jika asumsi itu benar, ini bisa menjadi fitur yang cukup berguna untuk dimiliki. Apalagi itu ada di jam tangan pintar yang Anda pakai sepanjang waktu.

Mulai Produksi

Galaxy Watch 4

Galaxy Watch 4

Merujuk pada berbagai laporan yang beredar, bahkan Samsung Galaxy Watch 5 akan mulai diproduksi tahun depan. Menurut rencana bisnis yang telah muncul merinci beberapa jadwal peluncuran besar di tahun 2022.

Orang-orang di TheElec tampaknya telah mengetahui jadwal produksi Samsung adalah tahun 2022. Tentu saja setelah mereka mengetahui dari seorang pembocor bernama FrontTron.

Dalam bocoran itu disebutkan Galaxy Watch 5 akan mulai diproduksi di Q3-Q4. Dimana itu merupakan periode dari Juli hingga Desember. Itu bisa juga merujuk pada jendela tanggal rilis Galaxy Watch 5. Jika benar maka itu adalah di sekitar waktu yang sama dengan dengan perilisan Samsung Galaxy Watch 4. Dimana Watch 4 diagendakan untuk bisa mendarat pada bulan Agustus tahun ini.

Mungkin bukan kejutan besar bahwa jam tangan pintar Samsung lainnya akan datang. Karena mereka biasanya mendarat setiap tahun. Tetapi itu berpotensi memberi kita gambaran tentang kapan kita akan melihatnya.

Tidak ada informasi yang dibagikan tentang apa yang akan dikemas Galaxy Watch 5. Tetapi kita asumsikan juga akan menggunakan OS Wear Google. Apalagi jika mengingat Samsung membantu membangun versi baru Wear. Saat ini merupakan satu-satunya jam tangan pintar yang menjalankan Wear OS 3.0. yang siap dibeli.

Di lain sisi, jam tangan yang kompatibel dari produk TicWatch terbaru seperti Fossil dan Movoi tak semudah itu menjalankan Wear OS. Mereka harus menunggu hingga tahun depan untuk melihat apa yang ditawarkan Wear baru.

Baca juga: Game Indonesia “Petit Island” Segera Rilis

Jam Tangan Pintar

Wearable Watch

Wearable Watch

Berita tentang jendela produksi untuk jam tangan pintar Samsung berikutnya datang datang sejak tahun lalu. Lebih tepatnya pada saat Samsung Galaxy Watch 4 menggigit pangsa pasar Apple pada tahun 2021. Menurut laporan analis jam tangan pintar global Counterpoint Research, Watch 4 mendominasi pengiriman Q3.

Itu kabar baik bagi Samsung dan Google, dan platform Wear OS-nya. Selama ini mereka berjuang untuk mengalahkan dominasi Apple Watch dan juga pesaing jam tangan pintar lainnya.

Ketika rumor pertama bahwa Samsung dapat membuang platform Tizennya sendiri untuk Google beredar, banyak yang skeptis.

Sementara ini pengalaman Google Wear di Galaxy Watch 4 masih terasa sangat Tizen. Namun Samsung dan Google telah menguraikan rencana untuk mengembangkan platform dari waktu ke waktu. Sayangnya Fitbit belum dimasukkan ke dalam persamaan Wear sejak diakuisisi oleh Google pada awal 2021.

Meski demikian kita akan sama-sama mengantisipasi lebih banyak jam tangan pintar Wear OS baru yang akan mendarat di tahun 2022. Sepertinya Samsung akan menjadi bagian dari brigade jam tangan baru itu. Jadi peningkatan platform jam tangan pintar Google sangat dibutuhkan.

 

 

Sumber: ubergizmo, wareable
Foto: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Saat ini, WhatsApp telah melakukan pembaruan pada fitur yang ada di dalam pesan grup. Di mana seorang pengguna yang menjadi admin...

Merk

Unbox.id – Samsung merupakan salah satu produk yang cukup terkenal bagi masyarakat Indoenesia. Terkenal akan produk-produk gadgetnya yang mumpuni, Samsung juga memiliki segudang fitur...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Sebentar lagi, perusahaan OPPO akan segera meluncurkan perangkat wearable OPPO Watch 3 Series generasi berikutnya pada akhir bulan ini. Seperti namanya, smart...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Pandemi Covid-19 yang sudah mereda beberapa waktu terakhir ini membuat aktivitas luar rumah meningkat semakin drastis. Produk-produk pendukung mobilitas yang padat...