Connect with us

Hi, what are you looking for?

Oppo

Oppo Find N3 Vs Samsung Galaxy Z Fold 5, Menang Siapa?

Oppo Find N3_1a
Oppo Find N3. (Sumber: Oppo)

Unbox.id – Produsen ponsel di seluruh dunia kini berlomba-lomba memproduksi ponsel fleksibel atau ponsel fleksibel. Di Indonesia sendiri, Samsung sudah lama menjadi satu-satunya pemasok hingga akhirnya Oppo turun tangan untuk meningkatkan persaingan. Oppo memperkenalkan seri barunya, Oppo Find N3, sebagai pesaing kuat Samsung Galaxy Z Fold 5 yang sebelumnya mendominasi pasar smartphone lipat. Meski sama-sama menggunakan teknologi layar lipat ala kertas, Oppo dan Samsung menghadirkan inovasi berbeda di area berbeda. Mulai dari desain bodi dan kekuatan kamera hingga performanya, keduanya menawarkan pengalaman bekerja yang unik. Keduanya menghadirkan tenaga layaknya PC di saku pengguna, yang berarti pendekatan keduanya serupa dalam menghadirkan topik produktivitas ke genggaman tangan. Untuk mengungkap perbedaan fitur yang ditawarkan kedua perangkat ini, tim Unbox.id akan melihat lebih dekat perbedaan Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 5. Apa saja fitur yang membedakan keduanya? Temukan jawabannya dalam survei berikut di bawah ini.

Segi Desain

Oppo Find N3_2b

Oppo Find N3. (Sumber: Oppo)

Sama-sama mengusung konsep PC kompak, Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 5 menawarkan smartphone layar ringan dan bertenaga. Dari segi desain, Find N3 berukuran 7,8 inci dan ketebalan hanya 5,8 mm saat dibuka, membuatnya ramping. Selain itu, ponsel ini terkesan ringan karena bobotnya hanya 239 gram.

Sebaliknya, Galaxy Z Fold 5 didesain berukuran 7,6 inci dan ketebalan 6,1 mm saat dibuka. Bobot ponsel ini juga terbilang berat yakni 253 gram.

Perasaan saat memegang kedua benda tersebut juga berbeda. Oppo telah memilih pendekatan yang lebih seimbang terhadap gaya candybar HP secara keseluruhan.

Sedangkan Z Fold 5 bentuknya seperti dudukan TV. Find N3 memiliki 3 speaker dan mendukung surround sound, sedangkan Samsung hanya hadir dengan 2 speaker.

Bagaimana Dengan Performa dan Penyimpanannya?

Kedua smartphone fleksibel ini dibekali prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dengan manufaktur 4nm yang menjadi salah satu chipset terbaik di pasaran saat ini. Chipset ini mampu menghadirkan performa prima saat bermain game, tanpa khawatir ponsel cepat panas.

Salah satu perbedaan keduanya adalah Z Fold 5 memiliki core yang lebih besar yakni core Cortex-X3 3,36GHz, sedikit lebih baik dibandingkan Find N3 yang memiliki core Cortex-X3 1x. 3.2GHz. Sementara dari segi penyimpanan, keduanya memiliki UFS 4.0 yang meningkatkan kecepatan berbagi dan membaca data. Oppo Find N3 di Indonesia memiliki konfigurasi RAM 16 GB dan penyimpanan 512 GB.

Sementara itu, Samsung menawarkan beberapa opsi penyimpanan untuk Galaxy Z Fold 5. Dengan konfigurasi RAM 12GB, pengguna bisa memilih ukuran penyimpanan mulai dari 256GB, 512GB, hingga 1TB yang masing-masing lebih besar.

Baca juga: Mencoba Samsung Galaxy M34 5G Yang Mumpuni Untuk Content Creator

Layar dan Lipatan

Samsung Galaxy Z Fold 5_3c

Samsung Galaxy Z Fold 5. (Sumber: Tech Inspiring)

Pindah ke bagian kedua yang baru, Samsung telah menyertakan layar AMOLED 2X 120Hz fleksibel yang mendukung HDR10 dan kecerahan maksimum 1750 nits.

Sedangkan Oppo menggunakan layar OLED LTPO3 120Hz, didukung Dolby Vision dan ProXDR, serta kecerahan maksimal 2.800 nits. Selain itu, layar Oppo Find N3 memiliki resolusi 2268 x 2440 piksel dengan kerapatan 426 ppi, lebih lengkap dibandingkan Z Fold 5 dengan resolusi 1812 x 2176 piksel yang hanya memiliki kerapatan 373 ppi.

Dari segi lipatan layar, Oppo lebih unggul dari Samsung dalam layar Invisible Crease yang artinya memiliki bagian depan yang tidak terlihat. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan melihat dan menggunakan.

Oppo juga menggunakan celah yang mencegah debu dan air masuk ke tengah layar saat dilipat, berbeda dengan Z Fold 5 yang masih memiliki celah saat dilipat.

Bagaimana? Yang mana menjadi pilihan para penggunanya dalam smartphone yang terbaik untuk aktivitas kesehariannya tersebut?

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Chipset Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan akan diluncurkan tahun ini di acara tahunan Qualcomm yakni Snapdragon Summit 2024. Snapdragon 8 Gen 4...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Sebagai smartphone yang mendukung aktivitas multitasking atau sibuk, Oppo Find N3 dinilai cocok untuk para pebisnis. Oppo mengatakan perangkat layar lipat Oppo...

Oppo

Unbox.id – Oppo Find N3 merupakan salah satu smartphone andalan dari Oppo tahun ini dimana kali ini mereka menyasar pasar papan atas yang saat...

Apple

Unbox.id – Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi lini ponsel yang paling dinantikan di pasaran tahun depan atau 2024. Diperkenalkan sebagai lini tercanggih di lini...