Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Sider: Review Ekstensi AI Serbaguna untuk Browser Chrome, Edge

Sider
sumber: youtube/@fixault

Jakarta, Unbox.id – Sider merupakan alah satu aplikasi dengan AI yang memiliki fungsi luar biasa, untuk membantu pekerjaan sehari-hari dengan browser di desktop. Seperti aplikasi chatbot pada umumnya, ia dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dengan cerdas.

Teknologi aplikasi tersebut kini sudah tersedia di toko aplikasi milik peramban Google, yaitu Chrome Web Store. Selain browser tersebut, aplikasi ini juga tersedia untuk peramban milik Microsoft, yakni Edge. Ia mengandalkan teknologi ChatGPT versi 3.5 Turbo secara default.

Baca juga: Samsung Galaxy S24: Ada Fitur AI dan Generative Edit, Simak Bocorannya

Namun, aplikasi tersebut memberikan opsi beberapa platform AI untuk menjawab pertanyaan Anda. Ada 5 opsi, yakni GPT-3.5 Turbo, GPT-4 Turbo (premium), Claude-Instant, Claude-2 (premium),  dan Gemini Pro. Anda harus membayar biaya langganan untuk fitur premium.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sider di Browser Desktop?

Untuk mendapatkan ekstensi browser dengan teknologi AI yang membantu pekerjaan sehari-hari Anda di komputer ini cukup mudah. Sebelum Anda menginstal aplikasi ekstensi tersebut, pastikan Anda memiliki jaringan internet yang stabil dan kuota yang cukup.

Selanjutnya, buka toko aplikasi Google, (Chrome Web Store) jika Anda menggunakan Google. Akan tetapi, jika Anda menggunakan Microsoft Edge, Anda bisa menginstal Sider dengan mengunjungi toko aplikasi Microsoft di apps.microsoft.com, lalu ketikkan kata kunci.

Baca juga: Pengguna HP Non Samsung Bakal Bisa Pakai Fitur AI Live Translate Call

Setelah itu, Anda harus menunggu sampai file ekstensi tersebut sudah terunduh dengan sempurna. Pengunduhan file tersebut tidak memerlukan biaya langganan apa pun alias gratis. Di browser Chrome, Anda dapat mengakses Sider dengan klik ikon ekstensi di kanan atas.

Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan aplikasi ekstensi browser dengan teknologi AI ini adalah kegunaannya yang sangat efektif. Anda tidak perlu membuka tab baru untuk mengaksesnya, cukup dengan mengklik ikon Sider yang ada di bagian kanan bawah layar. Bilah samping chat akan muncul dan menyapa Anda.

Selain itu, ada fitur lain yang sangat bermanfaat, yakni untuk membantu Anda memahami konten yang ada di sebuah situs. Jika Anda membuka situs tertentu dengan penjelasan yang tidak Anda mengerti, Anda bisa memblok kalimat lalu menekan “jelaskan ini” atau “terjemahkan” jika kalimat berbahasa asing.

Kekurangan dari aplikasi ini ialah biaya premium untuk pemakaian yang tidak terbatas. Jika Anda menggunakan versi standar tanpa biaya, Anda hanya akan mendapatkan beberapa kali dialog dengan chatbot. Untuk mengobrol dengan GPT-4 atau Claude-2, Anda harus membayar biaya langganan.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Jakarta, Unbox.id — Chromebook mendapatkan popularitas karena harganya yang terjangkau dan antarmuka yang ramah pengguna. Perangkat ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk pengguna...

Software

Jakarta, Unbox.id — Adobe kembali meluncurkan alat unik yang mereka sebut sebagai Project Music GenAI Control. Sebuah alat yang mampu mengubah teks menjadi musik...

Tech Industry

Unbox.id – Google baru saja memperkenalkan fitur-fitur baru yang akan diluncurkan di Android, Wear OS, dan Gemini AI pada MWC 2024 di Barcelona. Awal...

Tech Industry

Unbox.id – CEO Apple Tim Cook baru-baru ini mengirimkan pesan ke Wall Street. Ia yakin tahun ini Apple akan melakukan inovasi dalam hal penciptaan...