Connect with us

Hi, what are you looking for?

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Ketahui Lebih Detail Tentang Review Menggunakan ROG Ally

Review Produk ROG_1a
Review Produk ROG. (Sumber: Liputan6.com)

Unbox.id – Tidak dapat disangkal bahwa kebutuhan untuk bermain kapan saja, di mana saja semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi jika mengingat fakta bahwa Steam Deck dapat bekerja dengan cukup baik sebagai PC portabel. Setidaknya itulah yang coba ditawarkan ASUS melalui ROG Ally dan kita akan melihatnya. Tim kami sempat menjajal ROG Ally terlebih dahulu dan akan kami ulas di artikel kali ini. “Pocket PC” buatan ASUS ini disebut-sebut mampu memainkan game AAA di tangan dengan lancar. Bagaimana kinerjanya? Mari kita lihat!

Desain Ergonomis

Asus ROG Tipe Ally_2b

Asus ROG Tipe Ally. (Sumber: Asus)

ROG Ally memiliki desain yang cukup unik sebagai sebuah handheld gaming, menampilkan desain yang ergonomis di tangan. Ia juga hadir dalam warna putih, dan bagi kami, itulah perbedaan ASUS ROG dari para pesaingnya.

Kami memahami mengapa mereka menggunakan warna putih dan tidak ada pilihan lain, sidik jari Anda tidak akan muncul sama sekali. Selain itu permukaannya yang relatif kasar tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Ada sedikit perubahan yang membuat ROG Ally menonjol, mereka menambahkan pencahayaan RGB pada joystick untuk semakin meningkatkan nuansa bermain game. ROG Ally memiliki berat sekitar 608g.

Meski Nintendo Switch OLED lebih ringan (422g), ROG Ally tetap lebih nyaman digenggam berkat desainnya yang ergonomis, termasuk cengkeraman di bagian tepinya yang melengkung. Jadi menurut penilaian kami, ROG Ally terasa nyaman saat bermain game dalam jangka waktu lama.

Pegangannya dilengkapi dengan desain “anti slip” dengan motif ROG Triangle, sehingga tangan gamer tidak tergelincir saat memegang ROG Ally. Berbeda dengan Steam Deck yang dilengkapi trackpad, ASUS justru menggunakan layar sentuh atau touchscreen untuk memudahkan Anda menavigasi apa pun yang ditampilkan di layar.

Port I/O yang disediakan hanya XG Mobile, antarmuka Type-C, dan jack audio 3,5mm. Semuanya ada di atas, agak berlebihan menurut kami, misalnya akan lebih baik jika ada yang terletak di bawah.

Penempatan Tombol Presisi

Di bagian depan, Anda akan melihat tata letak yang mirip dengan pengontrol yang digunakan Xbox. Di sisi kiri, Anda dapat melihat joystick di bagian atas dan D-pad di bagian bawah. Di sebelah kanan, Anda akan melihat tombol ABXY di bagian atas dan tombol kontrol di bawah.

Jika Anda menggunakan pengontrol, Anda akan melihat dua tombol di tengah. ROG Ally dibekali 4 tombol di tengah yaitu tombol View dan tombol Command Center di tepi kiri layar. Sedangkan di sisi kanan layar terdapat tombol Menu dan tombol Armory Crate. Dengan menggunakan tombol ini Anda dapat mengakses berbagai parameter yang disediakan.

Dilengkapi juga dengan “kancing bahu” kanan dan kiri. Namun yang menjadi keistimewaan dari ROG Ally ini adalah adanya tombol Macro yang terletak di bagian belakang. Anda dapat menggunakannya sebagai hotkey untuk mengakses berbagai fungsi, tergantung pada permainan yang sedang berlangsung.

Baca juga: Ini Dia ASUS ROG Ally Yang Sudah Ada Di Indonesia

Layar Mewah

ROG Ally_3c

ROG Ally. (Sumber: Bizz Buzz)

ROG Ally hadir dengan layar Full HD dengan resolusi 1920 x 1080. Monitor ini juga dilengkapi dengan refresh rate 120Hz dan respon time 7ms serta AMD FreeSync. Dengan layar 120Hz yang disertakan, Anda dapat memainkan game apa pun dengan lebih lancar dan tanpa masalah, terutama di game kompetitif. Ini adalah hal yang cukup mendasar yang ada di sebagian besar perangkat game saat ini.

Selain itu, layar ini juga dilengkapi dengan panel IPS yang mampu menampilkan 100% sRGB untuk membantu menghasilkan warna yang sangat indah dan menarik.

Dengan 500 nits, Anda dapat menggunakannya dalam berbagai situasi pencahayaan termasuk sinar matahari seperti saat Anda beraktivitas di luar ruangan atau beraktivitas di luar ruangan.

ROG Ally dilengkapi dengan lapisan Corning® Gorilla® Glass DXC. Lapisan ini memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi pantulan permukaan, meningkatkan kekerasan sebesar 40% untuk meningkatkan ketahanan gores, dan visibilitas yang lebih baik di lingkungan terang atau luar ruangan.

Menurut kami, layar sentuh sudah responsif, bahkan terlalu responsif untuk jari kita yang relatif besar, yang seringkali “tidak sengaja” mengetuk beberapa navigasi atau saat mengetik.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Asus semakin memperluas kehadirannya di India dengan investasi baru dan peluncuran produk. Menyusul pengumuman turnamen e-sports ROG All-Women Valorant baru-baru ini,...

Asus

Jakarta, Unbox.id – ASUS siap meluncurkan jajaran laptop dan perangkat PC bermerek ROG terbarunya di India pada bulan Februari ini. Peluncuran ini rencananya akan...

Unboxing

Jakarta, Unbox.id – Asus baru-baru ini meluncurkan ROG Carnyx, mikrofon gaming kondensor yang menjanjikan kualitas audio kelas profesional untuk pembuat konten, gamer, dan streamer....

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Setelah sukses melaksanakan peluncurannya di Tiongkok dan Amerika Serikat, monitor Asus ROG Swift OLED PG49WCD akhirnya hadir di Eropa. Monitor ini...