Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Gemini, Model AI Multimodal Google yang Kini Tersedia di Bard

Gemini
Google umumkan model AI multimodal, Gemini | foto: Forbes

Last updated on 9 Desember, 2023

Jakarta, Unbox.id – Hari ini Google meluncurkan Gemini, model AI baru yang “terbesar dan paling mumpuni”. Ia adalah rancangan awal multimodal yang dapat menggeneralisasi dan memahami banyak jenis informasi. Teks, gambar, audio, video, dan kode secara bersamaan. 

Hal ini memungkinkannya mengurai nuansa dengan lebih baik dan membuatnya lebih baik dalam menjawab pertanyaan terkait topik rumit. Oleh karena itu, ini sangat baik dalam menjelaskan penalaran dalam mata pelajaran yang kompleks seperti matematika dan fisika.

Baca juga: Baterai Laptop Tidak Berumur Panjang? Ketahui Apa Saja yang Mempengaruhinya

Google Gemini akan hadir dalam tiga ‘ukuran’, yakni Ultra, Pro, dan Nano. Ultra adalah “model terbesar dan paling mumpuni untuk tugas-tugas yang sangat kompleks”. Pro adalah “model terbaik untuk melakukan penskalaan di berbagai tugas”, sedangkan Nano adalah “model paling efisien untuk tugas-tugas pada perangkat”.

Keunggulan Google Gemini dalam Pengerjaan Berbasis AI

Gemini Ultra mampu memahami, menjelaskan, dan menghasilkan kode berkualitas tinggi dalam Python, Java, C++, dan Go. Ia dapat bekerja lintas bahasa dan mempertimbangkan informasi yang kompleks. Ia unggul dalam beberapa tolok ukur pengkodean.

Di antaranya termasuk HumanEval dan Natural2Code, kumpulan data internal Google, yang menggunakan sumber buatan penulis dan bukan informasi berbasis web. Bard AI Google sekarang menggunakan “versi yang disempurnakan” dari Gemini Pro, apa pun artinya. 

Baca juga: HTC Siap Luncurkan 1-2 Ponsel di 2024 Menggunakan Snapdragon 7

Hal ini akan memberikan “penalaran, perencanaan, pemahaman yang lebih maju, dan banyak lagi”, kata Google. Apakah ini akan membuatnya lebih baik daripada ChatGPT? Faktanya, varian Pro membanggakan bahwa ia mengungguli GPT-3.5 dalam 6 dari 8 benchmark.

Informasi Lainnya

Google melakukan beberapa evaluasi buta dengan penilai pihak ketiga dan menemukan bahwa “Bard kini menjadi chatbot gratis terfavorit ketimbang alternatif terkemuka”. Anda akan segera dapat mencoba Bard dengan Gemini Pro untuk masukan teks Bahasa Inggris.

Percobaan tersebut bisa Anda lakukan di beberapa wilayah di Eropa. Sementara pada awal tahun depan varian Ultra akan melaju ke “pengalaman Bard Advanced yang baru”. Secara mengejutkan, Pixel 8 Pro adalah ponsel pintar pertama yang “dirancang untuk Nano”.

Fitur Ringkas dalam Perekam dan Balasan Cerdas di Gboard Pro tampaknya sudah menggunakan Gemini Nano. Perusahaan ini juga “mulai bereksperimen dengan AI dalam Penelusuran”. Google akan mendukung fitur-fitur di lebih banyak produk dan layanan Google, “seperti Iklan, Chrome, dan Duet AI”.

Sumber: GSM Arena

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Elon Musk, CEO Tesla dan pemilik platform media sosial X, kembali menjadi perbincangan setelah mengutarakan pandangannya tentang kecerdasan buatan (AI). Dalam wawancara...

Apps & Games

Unbox.id – Google Workspace mengumumkan sejumlah pembaruan fitur pada acara Google Cloud Next 2024. Seperti tema besar acara tahunan ini, kecerdasan buatan (AI) menjadi...

Apps & Games

Unbox.id – Google baru saja mengumumkan kabar baik untuk semua pengguna Android. Pengguna tablet atau ponsel Android kini dapat menggunakan fitur pengeditan foto di...

Tech Industry

Unbox.id – Google Cloud Next 2024 saat ini sedang diadakan di Las Vegas, AS. Acara ini merupakan kesempatan untuk memamerkan produk dan inovasi terbaru...