Cina Akan Produksi Chip DRAM Pertama Yang Dirancang Secara Lokal

Unbox.id  –  Sebuah perusahaan China yang didirikan pada tahun 2016 akan menjadi produsen massal pertama chip memori kunci. Chip tersebut dirancang secara lokal di negara itu. Mereka akan bersaing dengan raksasa Samsung Electronics dan Teknologi Micron dalam pasar  100 miliar dollar AS per tahun. Hal ini akan dilakukan saat Beijing meningkatkan upayanya untuk swasembada pada intinya teknologi.

MENGHINDARI PELANGGARAN PATEN

Changxin Memory Technologies, yang sebelumnya dikenal sebagai Innotron Memory, telah mendesain ulang chip memori akses dinamis yang dinamis untuk meminimalkan penggunaan teknologi AS. Ini adalah salah satu upaya untuk menghindari pelanggaran paten dan berpotensi menjadi korban tindakan keras AS terhadap peningkatan industri teknologi China.

Sementara Changxin tidak akan dapat menghilangkan ancaman sepenuhnya karena produksinya masih akan bergantung pada pemasok peralatan dan desain alat Amerika. Desain ulang akan melindungi perusahaan terhadap dugaan pencurian properti intelektual AS.

Perusahaan, yang telah menginvestasikan 8 miliar dollar AS pada pabrik produksi chip di kota Hefei, Cina timur, bermaksud untuk memulai produksi komponen memori penting ini pada akhir tahun. Chip DRAM adalah memori kerja milyaran perangkat, dari laptop hingga smartphone, server pusat data, dan mobil yang terhubung.

Komparasi Kinerja Chipset Snapdragon 675 Mobile di Antutu dan Geekbench

LEBIH KECIL DARIPADA PRODUKSI GLOBAL

Salah satu sumber terpercaya mengungkapkan, perusahaan China pada awalnya akan menghasilkan sekitar 10.000 komponen per bulan. Sementara output masih akan kecil dibandingkan dengan 1,3 juta komponen DRAM per bulan saat ini diproduksi secara global.

“Awal produksi masih akan menandai terobosan besar bagi China karena negara saat ini tidak memiliki chip DRAM buatan sendiri,” papar Sean Yang, seorang analis di pasar perusahaan riset CINNO.

Pasar DRAM global bernilai sekitar 99,65 miliar dollar AS pada tahun 2018. Tiga perusahaan – Samsung Electronics, SK Hynix dari Korea Selatan dan Micron Technology dari A.S. – mengendalikan sekitar 95% output.

“Perusahaan China bertujuan untuk mencocokkan tingkat [output] dan teknologi dari tiga besar, daripada hanya membuat DRAM khusus untuk pasar yang terfragmentasi,” kata salah satu sumber. Namun, memenuhi tujuan ini tergantung pada kualitas dan konsistensi produksi saat produksinya meningkat.

Sumber lain yang akrab dengan rencana Changxin Memory mengatakan perusahaan mengharapkan akan mengeluarkan modal 1  miliar dollar AS hingga 1,5 miliar dollar AS per tahun, yang sudah melebihi pengeluaran tahun lalu 650 juta dollar AS oleh Nanya Technology, pembuat chip DRAM nomor 4 di dunia.

Chip AMD Terbaru Akan Menyaingi Intel Coffee Lake H

Pembuat chip Cina lainnya juga dijadwalkan untuk memulai produksi massal chip seperti unit memori flash NAND, yang menghemat data saat daya mati. Menurut Nikkei, proyek memori flash NAND pertama di negara itu oleh Yangtze Memory Technologies Co, yang didukung negara akan mulai berproduksi pada akhir tahun dan akan menantang Samsung, Toshiba, Western Digital dan Micron.

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan