Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Merawat Kondisi Harddisk Pada Laptop

Laptop
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Merawat kondisi laptop sangat penting agar dapat lebih lama masa penggunaan perangkat tersebut. Salah satu bagian perangkat keras yang ada di laptop yang perlu untuk diperhatikan penggunanya adalah bagian hard disk atau penyimpanan internal laptop tersebut.

Banyak yang bertanya, bagaimanakah cara untuk merawat harddisk agar tidak merusak sistem laptop? Mengapa harddisk dapat menyebabkan laptop menjadi error dan tidak dapat menyala kembali? Jika kerusakan pada harddisk menyebabkan perangkat menjadi mati, otomatis anda harus mengganti dengan harddisk yang baru.

Baca juga: Tips Mengolah Dokumen PDF ke Word Tanpa Komputer

Nah, kali ini Unbox akan memberikan tips-tips untuk merawat kondisi laptop melalui penyimpanan internal atau harddisk. Tenang saja, untuk perawatan ini, anda tidak perlu membongkar perangkat dan mengeluarkan drive tersebut. Cukup dari luarnya saja. Lalu, apa saja tips untuk merawat kondisi harddisk, simak berikut ini.

Merawat Kondisi Harddisk Pada Laptop

Hal pertama yang harus anda perhatikan untuk merawat harddisk yang pertama kali ini adalah lewat kondisi perangkat itu sendiri. Biasanya, harddisk akan cepat rusak jika kondisi komputer sering berada dalam keadaan panas. Nah, untuk itu, ada baiknya untuk tidak sering membuat perangkat menjadi panas, jangan bekerja sambil melakukan pengisian.

Bekerja dengan komputer sambil mengisi daya akan membuat perangkat semakin memanas. Solusinya, jika baterai bisa anda lepas, maka lebih baik lepas baterai tersebut dan gunakan listrik langsung. Atau, jika aktivitas laptop memaksa sistem bekerja lebih keras, cobalah untuk menggunakan alas yang dingin atau memasang alas kipas.

Tips yang kedua adalah tidak mematikan laptop dengan mode sleep atau mati sementara. Kebanyakan komputer menjadi error karena mode yang satu ini. Alih-alih malas mematikan program yang sedang berjalan, pengguna hanya melakukan sleep pada perangkatnya. Hal ini sangat tidak baik, karena dapat memaksa perangkat untuk bekerja lebih sering.

Baca juga: Cara Mudah Menggunakan Komputer Untuk Kegiatan Multitasking

Jika itu terjadi, maka yang terserang adalah drive perangkat keras penyimpanan anda. Resikonya adalah anda harus mengganti dengan harddisk yang baru serta kehilangan semua data-data milik anda. Nah, untuk itu, cobalah mematikan laptop dengan benar, tutup program-program yang sedang berjalan, kemudian shut down.

Terakhir, hindari membuka situs-situs ilegal, mencurigakan, dan situs yang mengandung malware. Situs ilegal biasanya tempat bersemayam malware yang dapat mengancam keselamatan perangkat anda. Untuk itu, gunakan pendeteksi virus untuk mencegah kerusakan yang mungkin saja terjadi.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Last updated on 30 Oktober, 2022 Unbox.id – Laptop adalah salah satu produk gadget yang menjadi pilihan tersendiri untuk bisa diboyong oleh para penggunanya....

How To

Jakarta, Unbox.id – Banyak pengguna browser Chrome desktop yang belum mengetahui shortcut penting untuk mengendalikan tab. Bagi anda yang sering membuka dan menutup tab,...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling portabel dan cukup dibutuhkan khususnya di masa WFH. Laptop lebih disukai daripada komputer pribadi...

How To

Jakarta, Unbox.id – Membuat dokumen yang berisi informasi penting akan sangat susah dibagikan jika memuat tautan yang terlalu panjang. Di era saat ini, orang...