Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

gadget
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Penggunaan gadget smartphone saat ini memang bukan hal yang asing di masyarakat. Bahkan, sebagian besar dari masyarakat di kota-kota telah menjadikan gadget sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Ini termasuk penggunaan smartphone pada anak-anak, di mana terdapat sejumlah resiko di dalamnya.

Di antara resiko penggunaan gadget pada anak-anak adalh membuat mereka semakin pasif dalam menjalani pekerjaan sehari-hari. Saat mengerjakan tugas sekolah, misalnya, anak-anak lebih memilih mencari jawaban di internet kemudian melakukan copas atau menyalin jawaban semata. 

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A7, Satu Gawai, Solusi untuk Semua

Selain itu, akses game yang semakin beragam saat ini membuat anak-anak yang masih di bawah umur terkena kecanduan. Jika anak-anak sudah terdampak kecanduan game, terutama game online, maka efek buruk yang lebih besar juga akan ikut masuk ke dalamnya. Seperti mencuri uang untuk purchase dan sebagainya.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Nah, kali ini, Unbox akan memberi sedikit tips mengenai apa-apa saja yang harus anda lakukan ketika anak sudah mulai tertarik dengan gawainya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kecanduan yang berlebih pada anak tersebut. Sebagai orang tua, tidak bisa menghentikan penggunaan gawai karena itu memang kebutuhan zaman sekarang.

ilustrasi: berbagai sumber

Untuk mengontrol porsi penggunaan gadget pada anak, pertama adalah luangkan waktu yang lebih banyak untuk anak-anak. Berpikirlah dua kali untuk meninggalkan anak sendirian bersama gadget miliknya. Cobalah untuk sering mengajaknya bercerita, memperbincangkan hal-hal yang ia sukai, merencanakan sesuatu dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Mematikan Fitur Autocorrect di Keyboard Android

Tips selanjutnya adalah memberikan anak tugas rutin setiap harinya. Di mana tugas tersebut menyenangkan untuk ia lakukan, seperti belajar memasak, menanam bunga, merawat hewan peliharaan, atau yang lainnya. Dengan kegiatan-kegiatan positif, pastinya anak dapat terhindarkan dari bahaya kecanduan gadget.

Terakhir, jika anak sudah mengalami gejala kecanduan gadget, tips yang bisa anda lakukan adalah mengajaknya ke dunia luar. Memperkenalkan anak pada dunia sosial, ajaklah ia berbincang menyenangkan dengan teman-teman anda, memberikannya ruang untuk berinteraksi dengan teman-teman di sebuah program bimbingan.

Nah, demikian tips agar anak tidak terkena dampak negatif dari penggunaan gawai yang menyebabkan berbagai masalah. Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Terdapat beragam cara untuk membuat dokumen beserta fiturnya yang memudahkan untuk tugas sehari-hari. Di antaranya seperti membuat catatan kaki atau footnote,...

Tech Industry

Unbox.id – Indonesia merupakan sebuah negara yang besar. Seiring dengan jumlah populasi yang besar dan juga memiliki pangsa pasar yang mumpuni, perkembangan teknologi digital...

Hardware

Unbox.id – Smartphone adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang aktivitas masayrakat secara luas dalam kesehariannya. Berbagai kalangan pastinya tidak akan terlepas...

How To

Jakarta, Unbox.id – Dalam beraktivitas menggunakan perangkat laptop, tentunya membutuhkan perhatian khusus. Berbeda dengan penggunaan ponsel, yang mana penggunanya bisa menggunakannya dengan sedikit luwes....