Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Tips Mengatasi Hp Android/ Iphone Tiba-tiba Hang

Last updated on 8 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalami ponsel Android atau iPhone tiba-tiba hang sehingga tidak bisa mengakses apapun? Berikut cara atasi HP yang sering tiba-tiba hang atau eror.

Seperti komputer, smartphone atau ponsel pintar juga kadang berhenti merespon secara mendadak. Kesalahan aplikasi atau sistem operasi dapat mencegah ponsel Anda bekerja dengan optimal. Selain itu, bisa juga karena koneksi internet yang lambat atau terputus.

iklan"}" data-sheets-userformat="{"2":513,"3":{"1":0},"12":0}" data-sheets-formula="="baca artikel menarik lainnya tentang : "&R[0]C[-6]">baca artikel menarik lainnya tentang : buka wa tiba-tiba iklan

Faktanya, ada beberapa alasan iPhone, Android, atau smartphone lain yang tiba-tiba error, sehingga membeku dan diam dengan layar yang menyala. Kemungkinan besar peyebabnnya adalah prosesor yang lambat, memori tidak mencukupi, atau kurangnya ruang penyimpanan.

Tips Mengatasi Hp Android/ Iphone Yang Tiba-tiba Hang

  • Mulai dengan memperbarui iOS atau Android

Adanya cacat atau kerusakan dalam perangkat lunak sistem dapat menyebabkan masalah sporadis yang tidak kita duga. Langkah untuk mengatasinya adalah dengan memperbarui versi iOS atau Android untuk menyelesaikan masalah sistemik yang diidentifikasi oleh developer.

Caranya adalah buka aplikasi pengaturan di HP, kemudian tap System lalu Advance dan System Update di bagian bawah. Setelah itu, pembaruan status akan terlihat, da kita bisa mengikuti cara-cara yang ada di layar, seperti yang tertera dari situs Google. 

  • Cek keadaan aplikasi kemudian perbarui Aplikasi iOS atau Android

Salah satu penyebab lainnya adalah bug dalam aplikasi yang mempengaruhi memori atau kinerja perangkat yang tersedia. Biasanya, developer perangkat lunak terbaik memelihara perangkat lunak dan menerbitkan pembaruan berkala. Konfigurasikan iPhone secara otomatis memeriksa pembaruan aplikasi atau memperbarui aplikasi di ponsel pintar Android.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Google Form

  • Coba dengan tutup paksa aplikasi iOS atau Android

Ini adalah prosedur yang berfungsi saat aplikasi macet dalam status tidak dapat digunakan ketika kita mengetuknya dan aplikasi tidak terbuka atau tidak merespons. Sama halnya komputer yang memaksa aplikasi menutup akan menghentikan secara paksa sehingga kita dapat memulainya lagi.

Sedangkan di iOS, kita tidak perlu sering keluar dari aplikasi. iOS memperhatikan aplikasi yang harus berjalan dan menghentikan aplikasi yang tidak memerlukan banyak sumber daya perangkat secara otomatis.

  • Bersihkan Ruang Penyimpanan

Pengelolaan penyimpanan untuk Android atau membersihkan ruang penyimpanan iPhone untuk iOS dapat dilakukan dengan menghapus aplikasi, foto, atau video. Kita bisa menyimpan video dan foto di tempat lain selain di perangkat smartphone karena mengambil ruang penyimpanan paling banyak.

Dampak dari ruang penyimpanan penuh menyebabkan ponsel berhenti sejenak atau tampak berhenti bekerja. Selain itu, penyimpanan penuh dapat memperlambat perangkat.

  • Pilih dan Hapus aplikasi iOS atau Android yang bermasalah

Saat menggunakan ponsel sering macet setelah membuka aplikasi, maka kita bisa hapus aplikasi cacat atau rawan mogok itu.

  • Reset iPhone atau Android

Ketika kita mencoba semua langkah di atas dan ponsel masih macet, maka coba reset atau setel ulang perangkat kita. Setelah reset, kita bisa melakukan proses pengaturan standar, seperti yang saat pertama kali baru membelinya. Di iOS dan Android, kita dapat memulihkan dari cadangan yang dibuat sebelumnya.

  • Langkah paling akhir adalah bawa ke Customer Service Resmi

Ketika sudah mencoba semua langkah di atas dan telepon masih error, maka cari spesialis untuk mencari tahu masalah antara perangkat keras dengan perangkat. Kalau kita memiliki iPhone, bawa perangkat ke toko Apple atau hubungi Dukungan Apple. Namun, jika kita memiliki perangkat Android, hubungi produsen ponsel. (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pakar keamanan siber McAfee telah mengidentifikasi 13 aplikasi Android berbahaya baru di Google Play Store yang menimbulkan ancaman serius terhadap privasi dan...

Artikel

Last updated on 8 Juni, 2024 Unbox.id – Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer di dunia saat ini. Pada tahun 2021,...

Tech Industry

Unbox.id – Salah satu syarat agar sebuah smartphone dapat beroperasi dengan stabil adalah memiliki daya tahan yang cukup untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Namun...

Tech Industry

Last updated on 21 Juni, 2024 Unbox.id – Apple berencana memperkenalkan beberapa fitur baru di sistem barunya, iOS 18. Namun, beberapa laporan menunjukkan bahwa...