Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Tablet Mudah Terjangkit Virus? Ketahui Tips Perawatannya

Tablet VX Lite_1advan
Advan hadirkan produk tablet Tablet VX Lite dengan spek dan harganya yang menarik di pasarannya. (Sumber: Telegfraf)

Last updated on 22 November, 2023

Jakarta, Unbox.id – Tablet telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menyediakan akses cepat ke informasi, hiburan, dan produktivitas. 

Namun, seperti perangkat lainnya, tablet juga rentan terhadap ancaman virus dan malware. Tips berikut adalah panduan praktis untuk melindungi tablet Anda dari ancaman keamanan digital.

Perbarui Perangkat Lunak Tablet Secara Rutin

Pastikan sistem operasi, aplikasi, dan program keamanan Anda selalu update. Pembaruan tersebut seringkali mencakup perbaikan keamanan yang dapat melindungi tablet Anda dari kerentanan terbaru.

Baca juga: Dimensity 8300 Hadir dengan Berbagai Keunggulan

Unduh dan instal perangkat lunak keamanan yang terpercaya dan update secara teratur. Sebab, aplikasi antivirus dan antimalware dapat membantu mendeteksi dan menghapus ancaman sebelum dapat merusak sistem Anda.

Hindari Mengunduh dari Sumber Tidak Terpercaya

Batasi pengunduhan aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi seperti Google Play atau App Store. Penggunaan aplikasi dari sumber yang tidak jelas dapat membawa risiko terhadap keamanan perangkat Anda.

Aktifkan penguncian layar dengan PIN, pola, atau sidik jari. Sebab, Ini adalah langkah keamanan dasar yang dapat melindungi data pribadi Anda jika tablet Anda jatuh ke tangan yang salah.

Hati-hati dengan Tautan dan Lampiran

Jangan membuka tautan atau lampiran dari sumber yang tidak jelas atau mencurigakan. Phishing dan malware sering kali menyamar sebagai tautan atau file yang tampak tidak berbahaya.

Baca juga: Ketahui Daftar Harga Smartphone Oppo Find N3 dan Find N3 Flip

Saat terhubung ke internet, hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman. Gunakan koneksi yang aman, dan pertimbangkan untuk menggunakan VPN untuk melindungi data Anda dari penyadapan.

Backup Data Tablet Secara Teratur

Lakukan backup data secara rutin ke cloud atau perangkat eksternal. Apabila terjadi serangan malware atau virus, Anda dapat dengan mudah mengembalikan data Anda tanpa kehilangan informasi berharga.

Selalu periksa izin yang muncul dari aplikasi saat proses instal. Jika suatu aplikasi meminta izin yang tidak relevan dengan fungsinya, pertimbangkan untuk tidak menginstalnya.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Pengembang game Activision dilaporkan sedang menyelidiki peretasan yang mencuri data login pengguna. Menurut TechCrunch, seperti dikutip Engadget, penulis memasang virus komputer untuk...

Tech Industry

Unbox.id – Malware perbankan bernama Vultur dikatakan menargetkan pengguna Android dan mampu mencuri informasi penting dari korbannya. Peneliti keamanan telah menemukan versi baru malware...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna macOS Apple menjadi sasaran penyebaran malware pencuri data yang menyamar sebagai iklan dan situs web palsu. Peretas diklaim mendistribusikan dua malware...

Tech Industry

Unbox.id – Pengguna Android di Türkiye, Rusia, Asia Tenggara, dan Amerika Latin baru-baru ini terpapar ancaman malware baru, khususnya Tambir, Dwphon, dan Gigabud. Setelah...