Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hardware

Pengecekan dan Kemungkinan Penyebab NodeMCU Error

nodemcu

Last updated on 23 Februari, 2022

Jakarta, Unbox.id Salah satu perangkat yang jarang disebut adalah Nodemcu, sebuah board mikrokontroller Internet of Things mampu mendukung jaringan nirkabel wifi. Keunggulan dari board ini dapat digunakan untuk membaca nilai sensor serta mengirim data melalui jaringan nirkabel seperti wifi.

Walaupun jarang didengar, Nodemcu merupakan board yang cukup laris di pasaran karena penggunaannya cenderung mudah ketika diimplementasikan pada sistem Internet of Things

Inilah tips untuk  mengecek board NodeMCU normal atau mengalami kerusakan. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat merusak kinerja NodeMCU seperti pengkabelan rangkaian yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

Baca juga: Tips Internetan Lebih Aman Dengan WiFi Gratis

Sedangkan hal paling mudah untuk mengecek NodeMCU adalah mengupload script basic seperti serial monitor, atau mengupload script kedap kedip pada lampu led bawaan arduino. Kemungkinan penyebab Node MCU Error bisa jadi karena Port kurang terdeteksi di Aplikasi Arduino IDE dengan baik.

nodemcu

Seharusnya, Port dapat terdeteksi di Tools sehingga port pada arduino IDE saat NodeMCU ESP8266 mampu dihubungkan. Tapi, kenapa port untuk NodeMCU tidak muncul sama sekali?

Sebenarnya, ada banyak penyebab dari kasus seperti sebab dan cara mengatasinya:

  • Kabel USB tidak terhubung dengan baik sangat berpengaruh pada pengiriman data dari komputer dan NodeMCU.

Saat NodeMCU tidak terhubung dengan baik, maka port tidak mengetahui NodeMCU sudah terhubung atau belum. Maka pastikan dulu jika komputer benar-benar terhubung dengan NodeMCU.

  • Kondisi USB Driver belum terinstall atau mengalami kerusakan.

USB Driver untuk ESP8266 perlu terinstall dengan baik,maka terlebih dahulu untuk pengiriman program. Kita download USB Driver lalu install dengan baik supaya NodeMCU ESP8266 terhubung dengan komputer/laptop. Setelah itu, cek hasilnya dengan klik Manage – Device Manager –  Ports (COM & LPT). Ketika penginstallan sudah benar, maka akan muncul COM (CH340).

  • Adanya Aplikasi Arduino IDE yang tidak sesuai meskipun memang berbeda-beda.

Namun ada beberapa versi yang tidak support dengan penggunaan NodeMCU pada aplikasi Arduino IDE. Maka coba unistall dan cari versi lainnya atau terbaru.

Baca juga: 4 Cara Keluar Grup WhatsApp Agar Tidak Ketahuan

Tips untuk Mengecek keadaan dari Node MCU

Melalui Serial Monitor

  1. Buka Arduino IDE, kemudian salin script berikut
  2. void setup() {Serial.begin(9600);}
  3. void loop() {// put your main code here, to run repeatedly:
  4.   Serial.println(“testing only”);}
  5. Upload script dan buka Serial monitor
  6. Kemudian pilih port 9600

Ketika pada Serial Monitor muncul tulisan “testing only” berarti Nodemcu menjalankan fungsi void setup(){} da void loop(){} dengan baik. Tapi saat dengan mengecek serial monitor dan kita masih belum puas dengan Nodemcu kita yang normal atau rusak Maka, langkah selanjutnya dengan mencoba menyalakan lampu LED bawaan Nodemcu melalui tutorial di bawah ini

  1. Buka Software Arduino IDE
  2. Klik File > Example > ESP8266 > blink
  3. Upload File & tunggu hingga proses selesai.

Saat proses upload selesai, lampu LED Nodemcu akan menyala berkedip yang berarti Nodemcu masih mengeksekusi perintah delay() dan DigitalWrite(), ketika dirasa belum puas kita bisa mengecek jaringan, AnalogWrite dan fungsi lainnya dengan script Example bawaan yang disediakan ESP8266.

Apabila terdapat Error saat proses Upload dan tidak mendapati “done uploading” maka bisa dipastikan error  bukan berasal dari board Nodemcu, tapi dari salah penulisan variable script, library yang menumpuk merupakan cara mengatasi error Multiple Library sehingga teman-teman bisa mengikuti tutorial untuk beberapa hari yang kemudian silahkan dicek. (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

How To

Unbox.id – Bahkan jika Anda sudah tahu cara membuat komputer, itu hanyalah setengah dari ceritanya. Sisanya terletak pada menemukan komponen PC terbaik – seperti...