Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Layar iPad Air Tidak Merespon? Ketahui Langkah Cepat Mengatasinya

iPad Air
Ilustrasi foto: esrgear.com

Last updated on 6 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Ada beberapa permasalahan yang sering terjadi pada perangkat baru Apple, salah satunya adalah layar iPad Air tidak merespon. Sejatinya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan malfungsi tersebut, dari yang ringan hingga berat.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan sebagai tindakan cepat. Di dalam ulasan ini, Unbox telah merangkum beberapa kemungkinan penyebab layar iPad Air tidak merespon. Simak tips dan trik yang ada di bawah ini sampai selesai, ya.

baca artikel menarik lainnya tentang : layar ipad tidak responsif

Cara Mengatasi layar iPad Air Tidak Merespon

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika layar iPad Air tidak merespon adalah menyetel ulang perangkat. Dengan kata lain, Anda cukup mematikan dan menyalakan ulang perangkat. Sebab, kondisi tersebut bisa saja terjadi akibat perangkat yang terlalu panas.

Baca juga: BliBli Buka 4 Toko Offline Resmi Khusus Produk Apple di Indonesia

Kondisi terlalu panas (overheat) pada perangkat apa pun sejatinya dapat mengakibatkan kerusakan. Tidak hanya pada layar, akan tetapi juga pada perangkat keras serta sistem operasi (software) yang ada di dalam gadget. Paling tidak, tunggu sampai suhunya menurun.

Bersihkan dari Minyak dan Debu

Kemungkinan kedua jika layar tidak mau menerima sentuhan adalah karena debu. Debu serta minyak yang menghalangi dapat mengacaukan sensitivitas terhadap listrik statis. Dengan demikian, panel tidak sensitif dan gambar tidak mau bergerak.

Baca juga: Mantan Karyawan Apple Dihukum 3 Tahun Penjara, Ada Apa?

Solusinya adalah membersihkannya dari debu dan minyak menggunakan air serta kain lap. Basahi sedikit kaca pelindung, dan lap secara perlahan. Atau, Anda bisa menggunakan cairan hand sanitizer atau alkohol agar minyak mudah terangkat.

Lepaskan Casing

Jika membersihkannya saja tidak cukup, mungkin Anda juga perlu melepas casing tablet. Periksalah apakah casing tersebut sudah rusak sehingga mengganggu sensitivitas sentuhan pada panel layar perangkat Anda.

Tentunya, jika setelah Anda melepas casing akan tetapi layar tetap tidak mau bergerak, sesuatu yang lebih parah bisa terjadi. Langkah pertama, Anda bisa menghubungi Apple Support, atau kedua, Anda bisa membawanya langsung ke tempat servis terdekat.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – iOS 18, pembaruan pada sistem operasi seluler Apple, diharapkan memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang penting. Apple mengakui iOS 18 akan...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan sedang bersiap meluncurkan jam tangan pintar barunya yang disebut-sebut akan diberi nama Apple Watch Series 10. Apple Watch Series 10...

Software

Unbox.id – Apple memperkenalkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri di iOS 17.3. Seperti namanya, fitur ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap data pribadi pengguna...

Tech Industry

Unbox.id – Apple akan terus melakukan proses secara bertahap saat merilis layanan Intelijen Apple ke publik. Diketahui, fitur-fitur yang diperkenalkan pada WWDC 2024 ini...