Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Kenali Keaslian Smartphone dengan Cek Kode IMEI Samsung

kode imei

Jakarta, Unbox.id – IMEI adalah salah satu identitas penting pada Smartphone. Sebenarnya, semua smartphone memiliki IMEI yang berbeda.

Ketika IMEI diinputkan ke dalam suatu sistem maka akan muncul berbagai informasi mengenai smartphone kita dari model, tahun pembuatan, serial number, dll.

Selain itu, nomor IMEI merupakan penentu keaslian smartphone. Ketika informasi yang ditampilkan berbeda, maka bisa jadi tipe smartphone kiat bisa dikatakan palsu.

Bukan hanya itu, IMEI sering digunakan operator seluler dalam melakukan pemblokiran layanan.

Apalagi ada wacana pemblokiran nomor IMEI khususnya pada smartphone Samsung yang sudah mulai dipasarkan secara ilegal di Indonesia. Sehingga operator seluler bisa mendeteksi smartphone Samsung kita termasuk barang black market atau resmi.

Jika peraturan ini sudah berlaku, kemungkinan kita tidak bisa menggunakan layanan data, SMS, dan telepon pada HP Samsung ilegal.

Maka dari itu, untuk memastikan smartphone Samsung kita black market atau tidak, terlebih dahulu kita bisa melakukan pengecekan IMEI.

Pengecekan IMEI Samsung sangat mudah dari melihat langsung di dus Samsung atau melalui menu pengaturan dan kode khusus.

Selain itu ada beberapa cara lain untuk mengecek kode IMEI Samsung: 

Membaca langsung dari Dus

sumber saung.net

Faktanya, ada banyak smartphone Samsung black market yang beredar. Maka, ketika membeli produk rekondisi biasanya kode IMEI yang tertera di dus dan smartphone berbeda.

Hal ini dikarenakan produk rekondisi adalah barang bekas yang diperbaiki ulang supaya terlihat seperti baru, namun menggunakan dus palsu.

Lain halnya dengan smartphone Samsung yang dibeli adalah asli, pasti nomor IMEI yang tertera ada di bagian belakang dus dan sama di smartphone. 

Baca juga: Ikuti Cara ini Untuk Cek Nomor IMEI Xiaomi

Memastikan langsung di Info Samsung IMEI

Ini mungkin menjadi cara mudah dilakukan untuk cek IMEI Samsung. Maka untuk mengetahui nomor IMEI-nya, kita bisa mengecek informasi lebih rinci mengenai kode IMEI dari web IMEI dengan cara berikut:

  1. Akses situs imei.info.
  2. Lalu, masukan nomor IMEI pada kolom pencarian.
  3. Ketika sudah memasukan nomor IMEI, lengkapi dengan mengisi Captcha dan klik tombol “Check“.
  4. Kita bisa menunggu beberapa detik sehingga muncul informasi nomor IMEI dari model, perusahaan pembuatan, tahun rilis, dan spesifikasi hardware.

Kode Khusus untuk Cek Imei Samsung 

Dalam mengecek IMEI Samsung asli, kita bisa menggunakan kode khusus untuk menampilkan informasi nomor IMEI. Apabila, kita menggunakan HP Samsung dual sim, tentu saja akan muncul dua nomor IMEI berbeda.

Berikut cara untuk mengecek:

  1. buka menu panggilan telepon.
  2. Kemudian, tekan kode *#06# dan  tekan tombol panggilan (Call).
  3. Setelah itu, maka secara otomatis muncul informasi nomor IMEI pada layar smartphone.

Kode ini bisa digunakan semua jenis ponsel bukan hanya smartphone Samsung. 

sumber: jawarait.com

Menemukan kode IMEI pada Menu Setting

Kita bisa melihat pada menu pengaturan untuk mengecek kode IMEI dengan langkah-langkah berikut:

  1. mulai dengan membuka menu pengaturan atau setting,
  2. cari menu About Phone,
  3. cari Kode IMEI sehingga muncul dua nomor IMEI berbeda jika kita menggunakan hp Samsung dual SIM.

Selain itu, menu pengaturan hp Samsung yang disediakan kolom pencarian sehingga kita tinggal masukan tulisan About Phone untuk memudahkan kita melihat nomor IMEI.

Maka dari itu, informasi mengenai cara cek kode IMEI Samsung ternyata dapat dilakukan dengan mudah.

Sangat penting untuk mengecek keaslian smartphone yang kita miliki. Jadi jangan kita tidak sepelekan nomor IMEI, karena itu bagian dari identitas sebuah smartphone. (Prs/Eve)

 

Sumber dan foto: berbagai sumber

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Google Form adalah aplikasi yang layak untuk direkomendasikan. Karena selain mudah digunakan, mudah dibagikan, juga memiliki antarmuka yang bersih. Salah satu...

How To

Jakarta, Unbox.id – Ingin tahu nomor IMEI smartphone Xiaomi Anda? Mengetahui nomor IMEI adalah hal yang cukup penting. Karena nomor IMEI dapat berguna dalam...

How To

Jakarta, Unbox.id – Ada lebih dari satu miliar aplikasi di Google Play Store. Dari sekian banyak, di antaranya adalah aplikasi yang tidak ingin Anda...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Game sudah menjadi hobi sebagian orang. Bahkan dikabarkan saat ini game online masuk dalam salah satu cabang olahraga. Dulunya memang kita...