Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

Jenis-jenis Kerusakan Serta Biaya Ganti Layar iPhone yang Perlu Anda Tahu

layar iPhone
biaya perbaikan layar iPhone yang rusak | foto: berbagai sumber

Last updated on 19 Juni, 2024

Jakarta, Unbox.id – Perlu perawatan ekstra hati-hati jika Anda memiliki ponsel pintar Apple, terutama jika layar iPhone tidak Anda lindungi dengan screen protector. Biasanya, kerusakan pada layar dapat mengakibatkan efek cukup parah dengan biaya yang besar.

Biaya perbaikan layar iPhone sendiri bermacam-macam sesuai variasi ponsel pintar tersebut. Melansir dari berbagai sumber, setidaknya Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 6 jutaan untuk biaya perbaikan.

Baca juga: Mantan Karyawan Apple Dihukum 3 Tahun Penjara, Ada Apa?

Ada banyak penyebab layar iPhone mengalami kerusakan, seperti terjatuh, terhantam benda keras, atau faktor kecelakaan lainnya. Kerusakan yang parah seperti keretakan sudah tidak dapat Anda perbaiki lagi kecuali menggantinya dengan yang baru.

Macam-macam Kerusakan pada Layar iPhone

Kerusakan pada panel smartphone ada bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga yang paling berat, sebagaimana penjelasan di awal. Jenis kerusakan yang paling ringan adalah panel LCD tergores. Ada beberapa cara sederhana untuk memperbaikinya.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara ganti pasta laptop

Jika LCD tergores sebelum Anda sempat memasangkan pelindung, langkah sederhana untuk memperbaikinya adalah dengan mengolesi pasta gigi. Cara ini sudah umum bagi kalangan masyarakat, Anda tinggal menutupi tambalan tersebut dengan anti gores.

Baca juga: BliBli Buka 4 Toko Offline Resmi Khusus Produk Apple di Indonesia

Kemudian, kerusakan selanjutnya yang sering terjadi adalah LCD pecah. Anda tidak memiliki pilihan yang paling mudah selain menggantinya dengan panel yang baru. Untuk itu, penting mengetahui biaya ganti panel sebelum pergi ke tempat servis.

Biaya Ganti Panel LCD Pada Umumnya

Ponsel pintar Apple tipe iPhone4 hingga iPhone8 memiliki harga panel mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Angka ini tentunya sesuai dengan harga yang ada di pasaran, lengkap dengan biaya pasang panel tersebut.

baca artikel menarik lainnya tentang : cara mengganti pasta laptop

Namun, Anda bisa mengklaim garansi produk jika masih ada dalam batas waktu yang ditentukan di dalamnya. Kemudian, untuk tipe ponsel iPhoneX, 11, 12, 13, biaya servis dan ganti LCD sekitar Rp 1,3 juta sampai Rp 6,5 juta per unit.

Harga ganti LCD ponsel iPhoneXR sebesar Rp 1,2 juta, tipe X (reguler) sebsar Rp 1,3 juta. Sementara itu, iPhone11 memiliki biaya ganti LCD sebesar Rp 1,5 juta, iPhone12 pada kisaran Rp 2 hingga 4 juta. Dan iPhone13 mulai dari Rp 3 hingga 6 juta.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Trending

Baca Juga

Apple

Unbox.id – Seri iPhone 16 disebut-sebut akan meluncur pada acara peluncuran pada September 2024. Meski masih 2 bulan lagi, bocoran informasi mengenai seri iPhone...

Tech Industry

Last updated on 5 Juli, 2024 Unbox.id – Apple saat ini mengklasifikasikan tiga produknya sebagai produk lama, yakni klasik. Perusahaan telah memperbarui daftar produk...

Apple

Last updated on 1 Juli, 2024 Unbox.id – Apple meluncurkan dua produk iPad baru pada Mei 2024, yaitu iPad Pro 2024 dan iPad Air...

Tech Industry

Unbox.id – Apple dikabarkan akan mengganti 50% pekerja perakitan iPhone dengan sistem otomasi atau dikenal dengan tenaga robot. Informasi ini berdasarkan laporan dari The...