Ingin Sembunyikan File Di Hp Android? Ini Caranya!

Unbox.id  –  Android yang kita gunakan setiap harinya, entah itu file dokumen, file foto, file video maupun file lain yang bersifat pribadi, dan tidak ingin ada orang lain yang mengakses file tersebut. Berikut ini ada sejumlah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu.

Untuk menyembunyikan file di HP Android, kamu tidak harus melakukan rooting terhadap perangkat Android yang digunakan, bahkan untuk sejumlah type HP tertentu kamu tidak harus menginstal aplikasi tambahan.

Berikut ini adalah cara untuk menyembunyikan file di HP Android kamu :

5 Aktivitas Yang Lebih Mudah dan Efisien Dengan Aplikasi ScreenshotGo

MENAMBAHKAN TANDA ‘TITIK’ DI AWAL NAMA FILE/FOLDER

Salah satu cara mudah untuk menyembunyikan file di Android, kamu hanya perlu melakukan rename (mengganti nama file) menambahkan tanda . (‘titik’) di awal nama file atau folder yang ingin kamu sembunyikan, Setelah hal ini dilakukan, kamu tidak akan bisa melihat file tersebut baik dari file manager maupun dari gallery (jika file yang disembunyikan sebelumnya terlihat di gallery), karena file tersebut akan di sembunyikan oleh system.

Untuk bisa mengaksesnya kembali, kamu harus menggunakan opsi Show Hidden File pada aplkasi File Manager, namun untuk sejumlah type HP Android tertentu, hal ini tidak bisa dilakukan oleh aplikasi File Manager bawaan, solusinya kamu harus enginstal aplikasi ES File Manager dari Google PlayStore.

3 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dari Huawei Seri P

MENGGANTI EKSISTENSI FILE DENGAN NAMA YANG TIDAK DIKENALI ANDROID

Cara lainnya ialah dengan mengganti ekstensi file (file extension) atau akhiran file agar tidak dikenali oleh system, sehingga nantinya file tersebut tidak terbaca terlihat di bagian gallery HP Android kamu.

Caranya hampir sama dengan cara di atas, hanya yang diganti ialah akhiran filenya. Misalkan file yang ingin disembunyikan ialah file gambar yang memiliki akhiran .JPG maka akhiran tersebut kita ubah menjadi akhiran lain misalkan .JPX atau untuk file video bisa diganti dari .MP4 menjadi .MPX atau akhiran lain yang sekiranya tidak terlihat oleh system Android.

Untuk mengembalikan file tersebut agar kembali terlihat, kamu hanya tinggal mengganti lagi ekstensi file tersebut dengan ekstensi yang sesuai dengan sebelumnya.

Sumber: berbagai sumber

Foto: bebagai sumber

Tinggalkan Balasan