Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Ikuti Cara ini untuk Melindungi Webcam dari Hacker

melindungi webcam

Jakarta, Unbox.id – Webcam adalah salah satu fitur yang membantu membagikan momen kepada kelaurga atau teman yang jauh. Namun perangkat satu ini juga bisa menjadi celah bagi para hacker untuk mengintai Anda. karena itu, melindungi wbebcam menjadi salahs atu hal penting untuk dilakukan.

Biasanya, software antivirus seperti Avast, Bitdefender, Norton, dan lain-lain akan memberitahu Anda bila ada akses ilegal ke webcam dan Anda bisa memblokirnya. Namun ada juga cara-cara gratis yang bsia dilakukan untuk mendapatkan perlindungan ekstra. Berikut adalah tips melindungi webcam dari Tech Radar.

1. Memutus Webcam dari browser

Salah satu akses webcam yang mudah diretas adalah dari browser. Namun tenang, Anda bisa memutus langsung hubungan mereka dari bagian pengaturan. berikut langkah-langkahnya bila memakai chrome:

  1. Buka Settings
  2. Pilih Privacy and Security
  3. Pilih Site Settings
  4. Cari pilihan Camera
  5. Pastikan ‘Don’t allow site to use you camera‘ menyala

Bila Anda ingin mengizinkan website tertentu untuk mengakses webcam, pilih icon gembok di sisi kiri alamat website. Pilih Site Setting dan cari opsi Camera. Nyalakan aksesnya di sana.

Cara yang sama juga berlaku di Firefox (Settings > Privacy and Security > Camera Permissions) dan Safari (Preferences, Websites, Camera, ‘all other websites’ diatur Deny).

Baca juga: Cara Menghapus Cache Agar HP Tidak Lemot Lagi

2. Mematikan Webcam untuk Aplikasi

mengatur camera permissions

Webcam juga bisa diakses dari aplikasi. Misalnya Skype dan aplikasi video call lainnya. Namun aplikasi jahat juga bisa ikut mengakses webcam. Untungnya kebanyakan aplikasi memberikan kontrol untuk mengatur apakah bisa dilakukan dan tidak.

Di bagian setting aplikasi, atur Camera Permission menjadi mati. Setelah itu, tiap aplikasi yang ingin mengakses webcam harus mendapatkan izin terlebih dahulu. di Windows, Anda bisa menekan Win+I untuk membuka Setting. Kemudian di bagian Privacy, temukan Camera.

Di sini Anda bisa menemukan daftar aplikasi yang mendapatkan akses ke webcam. Anda bisa memilah dan menyalakan atau mematikannya dari toggle di sebelah kanan. Untuk lebih cepat, Anda bisa mematikan di ‘Allow apps to access your camera‘ untuk mematikan akses semua aplikasi Microsoft Store. Ada juga pilihan ‘Allow desktop apps to access your camera‘ untuk mematikan aplikasi lainnya.

Hal yang sama juga bisa dilakukan di smartphone Android dan iOS. Di Android, ikut langkah ini: Settings > Apps > Camera > Permissions > Disable. Tentunya bisa ada perbedaan tipis tergantung merek yang Anda pakai. Sedangkan di iOS, ANd acukup membuka Settings > Restrictions > Camera > Disable.

3. Mematikan Webcam Sepenuhnya

mematikan webcam di windows

Kedua cara di atas sudah akan melindungi webcam Anda dari sebagian besar hacker. Namun tetap ada pengecualian. Misalnya untuk aplikasi yang diinstall langsung di driver, tetap ada trik yang bisa mengatur camera permissions.

Untuk perlindungan penuh, Anda bisa langsung mematikan webcam. Untuk ini, Anda bisa mengikuti langkah berikut di Windows:

  1. Klik Start.
  2. Tuliskan Device Manager di kolom pencarian dan mulai mencari.
  3. Temukan Camera dan buka daftarnya dengan tanda panah.
  4. Pilih kamera Webcam dan klik kanan.
  5. Pilih disable untuk mematikan kamera.

 

Sumber dan foto: Tech radar

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

How To

Jakarta, Unbox.id – Bila HP Anda mulai lambat dan mengesalkan, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan menghapus cache. Cache adalah data sementara yang disimpan...

How To

Jakarta, Unbox.id – Apakah smartphone Android Anda mulai bermasalah? Misalnya mulai merespon semakin lambat atau mulai banyak bermunculan iklan di mana-mana? Bisa jadi HP...

How To

Jakarta, Unbox.id – Saat kita mempunyai sebuah HP tentunya kita memiliki kesempatan dalam bermain macam game. Namun terkadang ada saja hal yang kita selalu...

How To

Jakarta, Unbox.id – Untuk memahami cara remote desktop, Anda perlu mengetahui apa itu Remote Desktop Protocol dan cara kerjanya di komputer Anda. Remote Desktop Protocol adalah...