Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Google Drive: Ketahui Cara Menggunakan Fitur Berbagi File

Google Drive
Ilustrasi Google Drive | foto: Trusted Reviews

Jakarta, Unbox.id – Google Drive merupakan salah satu situs penyimpanan berkas yang populer di dunia saat ini. Tidak hanya untuk pengguna pribadi, situs tersebut juga telah membantu banyak lembaga dalam membantu urusan kearsipan dan lain-lain.

Namun, masih banyak juga pengguna layanan Google Drive yang belum mengetahui maupun dapat menggunakannya dengan benar. Situs tersebut pada dasarnya tidak hanya dapat Anda gunakan untuk menyimpan berkas saja, akan tetapi juga memiliki berbagai fitur canggih.

Baca juga: Ketahui Apa Saja Deretan Fitur Aplikasi Canva

Di bawah ini adalah penjelasan tentang apa saja dan bagaimana cara menggunakan fitur-fitur unik miliki Google Drive. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah berbagi file, integrasi dengan penyimpanan komputer, dan satu akun untuk semua perangkat milik Anda.

Fitur-Fitur Unik Google Drive dan Cara Menggunakannya

Fitur unik yang pertama adalah berbagi file dengan GDrive. Anda dapat membagikan file apa pun di akun Anda tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal menyalin link dan mengirimnya lewat WA atau aplikasi pesan lain.

Untuk mendapatkan link berbagi, pertama-tama kunjungi file GDrive di akun anda, ketuk titik tiga, dan pilih “kelola akses”. Pada opsi tersebut, Anda dapat mengubah akses pemilik link dari ‘dibatasi’ menjadi ‘semua orang yang memiliki link dapat mengakses’.

Baca juga: Ketahui Cara Menghindari Penipuan dari File PDF Palsu

Atau, jika Anda tidak ingin link tersebut ke sembarang orang, gunakan akses email untuk membukanya. Mintalah email orang yang ingin Anda kirimi link, kemudian masukkan email tersebut ke daftar pembuka akses. Maka orang lain kecuali pemilik email tidak dapat membuka.

Mengaktifkan Folder Komputer di GDrive

Tahukah Anda, setiap Anda membuka komputer dan menyambungkan ke Internet, Anda dapat mengintegrasikannya langsung ke situs GDrive. Tidak jauh berbeda dengan fitur cloud milik Microsoft, GDrive juga memiliki folder khusus yang bisa Anda sambungkan ke komputer.

File yang Anda taruh di folder tersebut akan secara otomatis tersimpan di internet. Anda tinggal memastikan bahwa file sudah tersimpan di GDrive, baik melalui ponsel maupun tablet. Penyimpanan akan tercadangkan secara sendirinya saat terhubung ke internet.

Fitur terakhir adalah satu akun untuk terhubung ke semua perangkat. Anda bisa mengunggah dokumen dengan berbagai format, mengeditnya, atau membuatnya terhubung dengan fitur lain seperti maps, form, maupun GSites.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Software

Unbox.id – Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan paling banyak digunakan pada komputer (PC atau laptop). Saat ini sistem operasi Windows...

Artikel

Unbox.id – Saat ini, smartphone telah menjadi perangkat kebutuhan pokok yang membantu banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Pengguna mengandalkan smartphone untuk berkomunikasi, mengakses informasi,...

Hardware

Unbox.id – Akhir pekan sudah semakin dekat, setelah jam kerja yang melelahkan, masyarakat kerap disibukkan dengan persiapan acara akhir pekan. Berkemah di alam liar...

Handphone & Tablet

Jakarta, Unbox.id — Seri OnePlus Nord telah menunjukkan kinerja yang sangat baik untuk merek tersebut dalam tiga tahun terakhir. Merek yang memulai perjalanannya dengan...