Connect with us

Hi, what are you looking for?

Google

Google Board: Cara Mengaktifkan dan 5 Keunggulannya

Google Board
ilustrasi penggunaan gboard | foto : berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Mengetik merupakan kegiatan yang tidak dapat terpisah dari penggunaan ponsel sehari-hari. Terutama pada penggunaan ponsel pintar atau smartphone, kenyamanan serta peran keyboard dapat mempengaruhi tulisan yang anda ketik. Pada pembahasan kali ini, redaksi akan menjelaskan cara penggunaan Google Board dan lima kelebihan menggunakannya.

Bagi anda yang sering salah ketik, merasa kurang nyaman dengan keyboard bawaan ponsel, anda dapat beralih ke Google Board. Dengan penggunaan Gboard, anda tidak perlu aplikasi tambahan dan cukup mudah untuk diakses pada ponsel apa saja, khususnya di OS Android. Berikut langkah-langkah mengaktifkan Gboard.

baca juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Atur Keuangan Terbaik

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk mengakses Google Board adalah membuka pengaturan, lalu pilih menu pengaturan sistem. Biasanya, pada bagian paling atas anda akan menemukan pilihan pengaturan ‘bahasa dan input’, pilih opsi tersebut. Nah, di sana anda akan menemukan setting keyboard default, anda tinggal mengalihkannya ke Gboard.

5 Kelebihan Menggunakan Google Board

Ada sederet kelebihan yang dapat anda rasakan ketika mengetik menggunakan aplikasi ini. Kelebihan pertama adalah anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan dari Google Play Store. Di mana aplikasi keyboard lain bisa saja mengandung malware atau merusak sistem ponsel anda. Utuk itu, menggunakan Google board ini jauh lebih aman.

ilustrasi penggunaan gboard | foto : berbagai sumber

Keunggulan yang kedua dari penggunaan Google Board ini adalah anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Bahkan, anda tidak perlu repot mencarinya di pengaturan sistem, anda bisa mencoba cara lain dengan menekan tombol setting yang ada di keyboard bawaan anda. Anda bisa mendownload tipe keyboard apa saja yang anda mau dengan Gboard tersebut.

baca juga : Beli Pertalite dan Solar Menggunakan Aplikasi MyPertamina

Ketiga, anda bisa mengatur posisi keyboard seperti apa pun yang anda inginkan. Seperti keyboard melayang, yakni bisa anda geser ke posisi mana saja. Anda juga dapat mengatur mode pengetikan satu tangan. Mengatur gambar latar keyboard, mengatur huruf, papan tombol dan rekam suara.

Keempat, ada kelebihan yang menarik di Google Board ini, yaitu dukungan fitur clipboard. Anda bisa mengcopy teks dari internet, dokumen, dan pesan kemudian menyimpannya sekaligus dalam fitur clipboard. Tidak perlu khawatir kopian tersebut hilang ketika mengcopy tulisan lain. Anda bisa menggunakannya lagi selama belum mematikan ponsel.

Fitur kelima yang menarik dari Gboard ini adalah dukungan Google Translate. Nah, bagi anda yang kesulitan berkomunikasi dengan orang asing, cukup berkirim pesan dengan fitur Gboard yang satu ini. Anda bisa langsung mengetik di kolom chat apa pun yang ingin anda katakan. Kemudian, fitur tersebut akan secara otomatis mengirimkan teks dengan bahasa yang anda ingin gunakan.

sumber : berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Baru-baru ini aplikasi pembuat konten ‘Tiktok’ mendapatkan sorotan tajam dari pihak regulator Amerika Serikat. Setelah sempat mengalami masalah beberapa waktu lalu,...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Usai mengakhiri Google Talk pada beberapa waktu lalu, kini Google kembali berencana akan menyuntik mati salah satu aplikasi mereka, Hangouts. Aplikasi...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Dewasa ini, kegiatan belajar mengajar menggunakan media kertas perlahan-lahan sudah mulai banyak ditinggalkan. Salah satu penyebab yang paling kentara adalah adanya...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Google Chrome adalah merupakan sebuah peramban web yang paling populer di dunia. Google Chrome ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa Google dan...