Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Foto iPhone Tidak Sengaja Terhapus? Ini Cara Mengembalikannya

cara mengembalikan foto iphone
sumber techradar

Jakarta, Unbox.id – Anda sedang panik karena foto dalam galeri iPhone tidak sengaja terhapus? Tenang saja, ada cara untuk mengembalikannya lagi. Foto bisa menjadi salah satu data penting dalam ponsel Anda. Gambar digital ini berisi momen berharga yang tidak bisa diulang lagi. Namun sayangnya, karena berukuran lebih besar, bisa jadi foto terhapus baik sengaja ataupun tidak.

Bila Anda ingin mengembalikan lagi foto iPhone yang terhapus, ikuti cara di bawah ini. Namun ingat cara ini hanya bisa dipakai bila foto yang terhapus dalam kurun waktu 30 hari. Seperti apa langkah-langkahnya?

1. Buka aplikasi Photos.

Temukan aplikasi Photos di iPhone Anda dan bukalah galeri Anda. Di bagian bawah tampilan gambar, ada bagian Navigation yang berisi Library, My List, Albums, dan Search. Sedangkan di bagian atas ada gambar-gambar atau foto-foto yang Anda miliki.

2. Pilih Albums di bagian Navigation.

Setelah membuka galeri, pilih bagian Albums di bagian Navigations di bawah. Akan muncul tampilan baru berupa daftar panjang foto-foto dalam iPhone Anda. Daftar ini sudah terbagi dalam kategori-kategori. Mulai dari album yang Anda buat sendiri, album dari aplikasi, dan album lainnya.

Albums dalam navigasi Photos iPhone

Albums dalam navigasi Photos iPhone (sumber techradar)

Baca juga: Cara Buat Undangan Digital Secara Online Gratis

3. Scroll hingga bagian bawah dan menemukan Recently Deleted.

Langkah selanjutnya adalah untuk mencari daftar berjudul ‘Recently Deleted.’ Daftar ini berada di bagian Utilities dan berada sangat bawah. Album satu ini berisi gambar-gambar yang Anda hapus dalam 30 hari terakhir. Fungsi album ini sama seperti folder yang sama di email, yaitu menampung konten yang dihapus selama 30 hari sebelum akhirnya dihapus permanen.

4. Pilih foto yang ingin dikembalikan dan pilih Restore.

Setelah menemukan folder ini, Anda bisa menemukan foto yang Anda inginkan. Untuk mengembalikan foto, Anda tinggal memilih foto dan memilih tombol Recover. Tombol ini ada di bagian bawah layar. Sebuah pop up akan muncul untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Setelah itu, foto Anda akan kembali ke posisi awalnya di galeri.

Tentunya Anda juga bisa mengembalikan beberapa foto sekaligus. Cukup pakai tombol Select yang ada di atas album Recently Deleted. Setelah itu, Anda bisa memilih beberapa gambar sekaligus. Setelah itu cukup ulangi cara di atas untuk mengembalikan foto. Pilih Recover All di bagian sudut kanan bawah layar dan konfirmasi aksi untuk mengembalikan foto-foto ke galeri.

 

Itulah tadi cara mudah mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus di iPhone. Tentunya bila cara ini tidak bisa dipakai, ada juga cara lain yang bisa dipakai. Anda bisa mengecek dulu data yang ada di akun iCloud Anda. Cukup buka iCloud Photos dan login dengan ID Apple Anda. Cari gambar di galeri yang Anda upload di sana dan temukan gambar yang diinginkan.

Cara lainnya adalah dengan melakukan back up dari data iCloud dan/ atau Mac yang pernah disimpan. Namun cara ini juga bisa menyebabkan data yang ditambahkan setelah back up data juga akan menghilang setelah melakukan back up. Anda bisa melakukannya dengan melakukan factory reset iPhone atau menghubungkannya dengan Mac dan pilih Restore iPhone di aplikasi Finder.

Dengan cara ini, foto yang Anda ingin sudah berhasil kembali?

 

Sumber dan foto: TechRadar

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Dengan berbagai fitur canggih smartphone masa kini, anda hampir dapat melakukan apa saja. Termasuk dengan mengakses informasi menggunakan kode QR atau...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Smartphone entry-level atau low end selama ini dikenal sebagai kelas smartphone dengan harga yang terjangkau dan bersahabat. Mereka hadir untuk memenuhi...

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Smartphone panas atau memiliki temperature tinggi dapat terjadi karena beberapa faktor. Anda perlu tau penyebab dan cara mengatasi smartphone panas guna...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.Id – Saat ini, hampir smartphone keluaran terbaru sudah memilki kapasitas baterai yang besar yang dapat bertahan seharian untuk penggunaan normal. Namun begitu,...