Tech Industry Handphone & Tablet How To

Ponsel Basah? Simak Langkah Penyelematannya

Jakarta, Unbox.idHujan yang terjadi kemarin memang menyisakan banyak hal, mulai dari lumpur hingga prabotan rumah yang basah, lalu bagaimana jika yang basah adalah ponsel pintar kita?

Maka dari itu Unbox.id mempersembahkan beberapa cara menyelamatkan ponsel anda yang sempat terkena air.

  1. Yang pertama kali harus dilakukan adalah mematikan ponsel. Hal ini harus dilakukan dengan segera dengan tujuan memutus jaringan listrik yang ada di ponsel sehingga tidak terjadi gangguan arus pendek yang menciptakan kerusakan pada ponsel.
  2. Selanjutnya adalah mencabut semua SimCard dan juga MemoriCard yang ada di ponsel. Selain agar perangkat tersebut tidak rusak juga hal ini juga bertujuan agar sirkulasi keluarnya uap air bertambah dan menyempurnakan pengeringan.
  3. Simpan ponsel di dalam sebuah wadah tertutup dengan diberikan silica gel. Hal ini ditujukan agar silica gel menyerap lembap yang ada di ponsel pintar anda.
  4. Untuk ponsel keluaran terbaru yang beberapa bagiannya banyak yang menggunakan bahan dasar metal atau logam. Disarankan membersihkan bagian ponsel tersebut menggunakan tiner untuk menghindari terjadi karat dan korosi di bagian metal atau logam tersebut.
  5. Hindari penggunaan HairDraier karena udara panas yang ditiupkan secara berlebihan ke ponsel pintar anda pasti akan merusak komponen-komponen non-logam seperti kabel, papan sirkuit, koponen pelastik, dan sebagainya.
  6. Kerita sudah kering, cobalah untuk menyalakan ponsel Anda.
  7. Periksalah bagian lubang slot MemoriCard dan SimCard apakah masih terdapat air atau tidak.
  8. Cobalah untuk mengisi daya kepada ponsel pintar anda dan dilakukan berulang kali hingga Anda benar-benar yakin pengisian daya berjalan lancar.
  9. Cobalah mencoba mengambil gambar untuk memastikan tidak ada uap air yang masuk ke bagian lensa anda.
  10. Cobalah untuk memutar musik untuk memastikan spreaker ponsel pintar Anda sudah tidak basah dan tidak ada kabel audio yang rusak.
  11. Jika terjadi keanehan pada ponsel pintar Anda, maka bawalah ponsel pintar Anda pada ahlinya yang sudah Anda percaya atau membawa ponsel pintar anda ke gerai service resminya.

Related posts

iPod Touch 7 Hadir Dengan Processor Baru Dan Memori 256 GB

Irianto Bina Dirgantara

Xiaomi Resmi Luncurkan Dua Redmi Note 8 dengan Kamera 48 MP dan 64MP

Irianto Bina Dirgantara

Oppo K3 Resmi Meluncur Bawa Snapdragon 710, Berapa Harganya?

Irianto Bina Dirgantara

Leave a Comment