How To

Cara Menggunakan WhatsApp di Komputer

Aplikasi pesan instan WhatsApp kini sudah menjadi fenomena. Hampir semua pengguna smartphone menggunakannya sebagai media berkomunikasi satu sama lain. Belum lagi kehadiran grup WhatsApp yang marak, dibumbui banyak informasi beredar, bahkan hoax dan sebagainya.

“Ada kalanya, saat kamu duduk di depan komputer atau laptop dan bergelut dengan segudang pekerjaan disana, beralih fokus untuk mengakses WhatsApp di smartphone jelas hal yang kurang praktis. Lagipula, melihat deretan pesan masuk dan mengetik pesan tampak lebih menyenangkan di layar besar. Untuk itulah WhatsApp hadir di komputer.”

Ini memang bukan berita baru, tapi mungkin kamu tertarik mencobanya. Seperti dilansir laman Cnet, WhatsApp menawarkan dua solusi berbeda untuk layanan di komputer: melalui web WhatsApp atau melalui aplikasi desktop untuk Windows dan OS X. Satu hal yang harus diingat: ketika kamu menggunakan WhatsApp di komputer, ponselmu tetap membutuhkan koneksi internet, baik menggunakan paket data ataupun Wi-Fi. Ini karena aplikasi tersebut seperti halnya cerminan aplikasi di ponsel. Jadi, saat ponselmu tidak terhubung ke internet, kamu tidak akan bisa menggunakan WhatsApp di komputer. Sesederhana itu.

Cara menggunakan Whatsapp melalui komputer

  • Jika kamu menggunakan browser Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Edge, silahkan masuk ke https://web.whatsapp.com/
  • Kamu akan disuguhkan sebuah kode QR. Scan menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel. Di bawah kode tersebut, kamu akan melihat deretan instruksi untuk membantumu melakukan scan melalui beberapa OS.
  • Setelah melakukan scan kode, kamu akan langsung melihat deretan pesan WhatsApp di ponsel dan browser. Meski koneksi Wi-Fi bukanlah hal mutlak, WhatsApp menyarankanmu untuk menggunakan koneksi tersebut demi kenyamanan.

Pada dasarnya, versi web sama seperti versi mobile, hanya tampilannya saja yang lebih besar. Kamu masih tetap bisa mengirim emoji, GIF, foto dan pesan suara, melihat daftar kontak dan mendapatkan notifikasi pesan di komputer.

Cara Menjalankan WhatsApp Melalui Aplikasi Desktop

Begini langkah-langkahnya:

  • Donwload aplikasi versi Mac atau Windows melalui whatsapp.com/download.
  • Bagi kamu pengguna Mac, harus melakukan unzip file, kemudian pindahkan WhatsApp ke folder aplikasi.
  • Bagi kamu pengguna Windows, jalankan file EXE dan ikuti instruksi yang ditampilkan.
  • Ketika aplikasi telah terpasang dan dibuka, maka sama seperti versi web, kamu akan melihat kode QR untuk di-scan menggunakan WhatsApp di ponsel.
  • Langkah selanjutnya juga sama persis. Kamu akan melihat WhatsApp di komputer sama seperti di ponsel. Lagi-lagi, sebaiknya gunakan koneksi Wi-Fi agar paket data tidak terlalu boros.

Ingat, siapapun bisa saja melihat deretan pesan WhatsApp-mu di komputer sepanjang kamu log in. Sepertinya password sangat dibutuhkan jika sesekali kamu harus menjauh dari komputer. Oya, kalau kamu mengaksesnya di komputer publik (mungkin kamu sedang sangat membutuhkannya), jangan lupa untuk log out begitu selesai menggunakannya. Hal itu bisa diakses dengan meng-klik icon tiga titik dan pilih Log out.

Related posts

Ingin Hapus VPN Di Google Chrome? Ini Caranya.

Irianto Bina Dirgantara

Cara Me-reset iPhone Dan Perbedaan Berbagai Macam Reset

Tri Julman Eldea

Ponsel Basah? Simak Langkah Penyelematannya

Suhat Rifky

Leave a Comment