Cara Memeriksa Performa Baterai iPhone

 

Unbox.id – Sudah memasuki usia berapa iPhone yang Anda gunakan? Apakah baterainya masih awet atau Anda harus sibuk bolak-balik mengisi daya baterai?

Selain kinerja yang menurun, performa baterai juga jadi pertanda usia sebuah gadget. Tak hanya karena penggunaan jangka panjang, cara Anda mengisi daya baterai iPhone juga memengaruhi usia baterai.

Para ahli menganjurkan untuk mengisi daya baterai ion litium seperti yang digunakan pada iPhone cukup hanya 40-80%. Segera cas baterai Anda sebelum menyentuh angka 40% dan ulangi kebiasaan ini. Tujuannya, demi memperpanjang usia baterai.

Khusus iPhone 6 dan seterusnya serta iOS 11.3, terdapat trik khusus untuk memeriksa performa iPhone. Caranya, cukup ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka klik Settings
  2. Cari dan klik tulisan Battery
  3. Pilih Battery Health
  4. Setelahnya, Anda bisa melihat Maximum Capacity dalam bentuk persen. Maximum Capacity menggambarkan kapasitas baterai yang hampir sama layaknya ketika iPhone masih baru
  5. Tepat di bawah Maximum Capacity, Anda bisa melihat pilihan Peak Performance Capability
  6. Jika muncul pesan yang berbunyi “Baterai mendukung performa normal” artinya baterai Anda dalam kondisi yang baik
  7. Sebaliknya, baterai iPhone Anda tidak dalam kondisi baik jika pesan ini yang muncul “Kondisi baterai menurun secara signifikan. Apple Authorized Service Provider bisa membantu mengganti baterai untuk mencapai kapasitas dan performa yang sempurna”

PERFORMA BATERAI TIDAK TERBACA

Trik di atas hanya berlaku bila baterai iPhone dipasang dengan benar atau semua bagian baterai dikenali sistem. Jika tidak kemungkinan akan muncul pesan “iPhone ini tidak bisa menampilkan performa baterai. An Apple Authorized Service Provider bisa memeriksa baterai.”

Satu hal lagi yang patut diperhatikan adalah jika baterai tidak terverifikasi. Biasanya akan muncul kotak pesan penting berbunyi “Tidak bisa memverifikasi apakah iPhone ini memiliki baterai Apple yang asli. Informasi tentang kesehatan baterai tidak tersedia.”

Perlu diingat, pesan ini hanya muncul pada iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Reset iPhone dan Perbedaan Berbagai Macam Reset

Sumber: berbagai sumber

Foto: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan