Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Mudah

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Mudah (sumber: aucklandchamber.co.nz)
Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Mudah (sumber: aucklandchamber.co.nz)

Jakarta, Unbox.idMicrosoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang banyak digunakan para pekerja professional untuk membuat tabel atau data laporan dalam bentuk grafik. Seperti yang Anda ketahui, tak jarang beberapa orang masih bingung untuk membuat grafik melalui aplikasi besutan Microsoft tersebut. Sebenarnya, cara untuk membuat grafik di Excel cukup mudah, hanya saja banyak orang yang berfikir susah karena melihat tampilan aplikasi Excel yang mungkin sedikit rumit.

Namun sebelumnya, Anda perlu memahami bahwa grafik tak hanya memiliki satu bentuk saja, namun setiap grafik memiliki jenis yang bergantung pada data yang dimasukkan.

Cara membuat grafik di Excel (sumber: ytimg.com)

Cara membuat grafik di Excel (sumber: ytimg.com)

Untuk itu, jika Anda berniat untuk membuat grafik di aplikasi Excel namun masih bingung cara memulainya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti.

Pilih data

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni memilih data yang ingin Anda jadikan bentuk grafik, biasanya Anda dapat memilih bagian dari tabel yang hendak dijadikan grafik. Jika Anda ingin memasukkan seluruh data, Anda tinggal memblok semuanya. Namun, jika Anda hanya ingin memilih data tertentu, maka Anda bisa memilih tabel dan kolom yang diinginkan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Aplikasi Webcam Untuk Laptop

Pilih Insert pada menu bar

Sesudah memilih data yang hendak dijadikan grafik, langkah selanjutnya yakni pilih insert yang ada di menu bar pada bagian kiri atas. Nantinya Anda akan melihat ikon beberapa jenis grafik. Jika Anda ingin melihat jenis grafik secara jelas, Anda dapat memilih Recommended Charts.

Pilih jenis grafik 

Jika Anda memilih Recommended Charts, maka nantinya akan muncul halaman pop-up dengan berbagai pilihan grafik. Untuk melihat pilihan grafik secara lengkap, Anda dapat memilih All Charts. Selanjutnya akan muncul semua jenis grafik yang ada di Excel yang dapat Anda pilih.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai macam bentuk column maupun style dari masing-masing jenis grafik tersebut.

Atur posisi grafik ke dalam worksheet

Setelah Anda memilih grafik yang Anda inginkan, nantinya grafik akan muncul secara otomatis pada worksheet. Namun, agar tabel data tak terganggu, Abda perlu mengatur posisi dan juga ukurannya sesuai keinginan. Adapun langkah yang perlu Anda lakukan yakni adalah mengarahkan kursor ke bagian grafik, klik dan geser. Sedangkan untuk mengubah ukuran grafik, Anda bisa mengarahkan kursor pada bagian sudut grafik dan menariknya.

Ubah judul grafik

Selanjutnya, Anda juga bisa merubah nama maupun judul dari grafik dengan klik pada bagian tulisan yang ada di bagian atas grafik.

Bagi Anda yang ingin merubah, menambah, maupun mengurangi bagian-bagian yang ada pada grafik, berikut adalah beberapa caranya.

Baca juga: 5 Aplikasi Wajib Untuk Dosen dan Mahasiswa

  • Menambah elemen pada grafik

Elemen merupakan bagian-bagian yang dapat membuat grafik Anda menjadi lebih detail seperti garis bantu, angka pada setiap bar, dan sebagainya.

Untuk dapat menambah maupun mengurangi elemen ini, Anda cukup klik grafik tersebut dan secara otomatis akan muncul icon (+) di bagian samping kanan.

  • Mengubah style dan warna grafik

Adapun cara untuk mengubah bentuk tampilan grafik tidak jauh berbeda dengan menambah elemen. Kamu tinggal mengklik ikon kuas pada bagian samping grafik. Nantinya akan muncul berbagai bentuk grafik pada pilihan style dan pilihan tema warna pada pilihan color.

  • Mengedit value grafik

Selain merubah tema, Anda juga dapat merubah value atau nilai-nilai yang ada pada grafik. Anda bisa klik ikon filter yang ada di samping grafik untuk bisa menambah atau menghilangkan value.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: aucklandchamber.co.nz, ytimg

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tech Industry

Jakarta, Unbox.id – Anda tentu sudah sangat familiar dengan software besutan Microsoft ini. PowerPoint adalah merupakan sebuah program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft yang...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Tak selang berapa lama setelah Sony merilis PlayStation 5, Microsoft merasa tak ingin kalah, mereka juga melakukan hal yang serupa dengan...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda sering membuat sebuah acara dan mengundang teman maupun kerabat ke acara Anda, membuat undangan digital secara online dapat Anda...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Wireless mouse saat ini banyak digunakan berkat praktis dan lebih leluasa mengoperasikannya ketimbang menggunakan wired mouse. Dengan menggunakan Wireless mouse, Anda...