Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

Cara Membagikan Link Youtube dengan Timestamp

Youtube
cara menyalin url video youtube dengan timestamp | foto: iDownloadBlog

Jakarta, Unbox.id – Artikel ini menjelaskan cara menautkan ke bagian tertentu dari video YouTube menggunakan fitur Share atau ‘Bagikan’ dengan menambahkan stempel waktu. Langkah-langkah ini hanya berlaku untuk pengguna desktop dengan browser apa saja.

Metode paling sederhana adalah menambahkan stempel waktu menggunakan opsi Share atau ‘berbagi’ yang ada di platform YouTube. Pastikan Anda memiliki data internet yang cukup dan koneksi jaringan yang stabil sebelum membuka platform berbagi video tersebut. 

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S24 dan S24 Ultra

Untuk melakukannya, Anda bisa memulai dengan langkah yang sederhana. Pertama-tama, buka video YouTube yang ingin Anda bagikan. Setelah itu, putar atau telusuri timeline hingga Anda mencapai momen tepat, yang ingin Anda gunakan di stempel waktu.

Langkah Membuat Link Video Youtube dengan Timeline Tertentu

Setelah Anda sudah mendapatkan video di waktu yang Anda inginkan, tekan tombol ‘K’ atau ‘spasi’ yang ada di keyboard. Huruf ‘K’ atau ‘spasi’ tersebut berfungsi untuk menghentikan, menjeda, atau pause video di waktu yang Anda inginkan.

Setelah video berhenti tepat di waktu yang Anda inginkan, segera tekan tombol ‘share’ atau berbagi yang ada di bagian bawah video. Kemudian akan muncul pop up berbagi, pilih kotak centang di bawah URL yang bertuliskan ‘Mulai pada’.

Centang kotak ‘Mulai Pada’ | foto: Youtube

Baca juga: Google Drive Tambah Fitur Pemindai Dokumen ke iPhone

Setelah kotak tersebut sudah Anda centang, lalu tekan tombol ‘salin’ yang ada di sebelah kanan link URL tersebut. Bagikan URL baru ini, dan siapa pun yang mengekliknya akan melihat video dimulai pada stempel waktu yang Anda tentukan. 

Cara Menambahkan Stempel Waktu ke URL Secara Manual

Untuk menambahkan stempel waktu secara manual, buka video YouTube di browser Anda, lalu cari URL video ini di bilah alamat browser Anda. Ini adalah URL yang muncul di dekat bagian atas jendela browser saat Anda menonton video di YouTube.

Bergantung pada URL-nya, ada dua cara untuk menambahkan stempel waktu ke video:

  • &t=1 menit 30 detik atau
  • ?t=1 menit 30 detik

Gunakan contoh ampersand jika URL menyertakan tanda tanya, seperti jika akhiran dengan watch?v=Sf5FfA1j590. URL pendek yang terdaftar sebagai youtube.be tidak memiliki tanda tanya, jadi perlu menggunakan contoh kedua di atas.

Berikut adalah dua contoh yang melompat ke titik yang sama dalam video (menggunakan dua opsi stempel waktu berbeda dari atas):

  • https://www.youtube.com/watch?v=Sf5FfA1j590&t=1h10s
  • https://youtu.be/Sf5FfA1j590?t=1h10s

Waktu yang Anda pilih bisa berupa apa saja: jam, menit, atau detik. Jika video harus dimulai pada menit ke-56, Anda hanya perlu menyertakan t=56m. Jika seharusnya 12 menit 12 detik, t=12m12s adalah cara Anda menulisnya. Stempel waktu 2 jam 5 detik dapat melewati kolom menit sama sekali: t=2h5s .

Sumber: Lifewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Artikel

Jakarta, Unbox.id – OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, memperkenalkan model generasi teks-ke-video pertama yang didukung kecerdasan buatan (AI) Sora pada hari Kamis. Perusahaan mengklaim...

Apps & Games

Unbox.id – Pada Januari 2024, layanan YouTube Premium dan Musik memiliki lebih dari 100 juta pelanggan, termasuk uji coba gratis. Ini mewakili peningkatan 20...

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – ASUS telah memperkenalkan komputer desktop Tianxuan X 2024 di pasar Tiongkok, kini tersedia untuk pembelian mulai dari 6.499 yuan ($915). Produsen...

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda membuat video YouTube, Anda pasti tahu betapa sulitnya mengomentari komentar, namun fitur baru ini membuat pengelolaan komentar tersebut jauh...