Cara Matikan Fitur Auto Correction Pada Google Keyboard

Mayoritas pengguna Android tentu sudah familiar dengan Google Keyboard yang biasa digunakan untuk input apapun yang berhubungan dengan teks pada perangkat Android. By default alias secara bawaan, papan ketik virtual ini secara otomatis akan mengoreksi ejaan yang salah menurut bahasa yang digunakan. Nah, masalahnya kadang kita ingin menyingkat kata atau menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang tidak baku, jadinya fitur auto correct ini bukan membantu malah mengganggu.

Bagi Anda salah satu pengguna papan ketik Google dan merasa terganggu dengan fitur auto correction, jangan khawatir, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Berikut ini cara non-aktifkan auto correction di Google Keyboard ala tim Unbox.id.

1. Pertama, jika Anda menggunakan sistem operasi Android stock, dari layar utama masuk ke menu “Settings”. Lewat menu drop-down atau dengan mencari shortcut-nya di layar home atau laci aplikasi. 

2. Dalam “Settings”, scroll perlahan ke bawah, hingga tab Language and input, dan pilih sub menu tersebut. Maka menu baru akan keluar.

3. Setelah menu baru keluar, scroll sedikit ke bawah dan pilih “Google Keyboard”.

4. Sederet pilihan kembali keluar, dan kali ini pilih “Text Correction”.

5. Terakhir, geser switch pada pilihan “Auto-correction” dan otomatis fitur ini akan mati.

Tips ini dibuat menggunakan Android Marsmallow, jadi mungkin pada versi Android lain akan ada sedikit perbedaan. Selamat mencoba. [leo/UBX]

Tinggalkan Balasan