Connect with us

Hi, what are you looking for?

Software

Bootloop Pada Ponsel Android dan Alternatif Mengatasinya

Bootloop
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Bagi kalangan pecinta smartphone atau seseorang yang memiliki passion di bidang tersebut, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah bootloop. Salah satu kerusakan sistem pada ponsel pintar yang sering terjadi, terutama pada ponsel Android. Kendati demikian, bisa terjadi juga pada perangkat lain seperti iOS.

Apa sebenarnya bootloop itu? Bootloop merupakan kegagalan sistem pada proses rebooting, sehingga ponsel akan mati lalu menyala secara berulang-ulang. Proses restart yang ia lakukan tidak sampai membuatnya menyala, tetapi hanya muncul logo ponsel, lalu mati. Hal ini tentu membuat smartphone tidak bisa berfungsi seperti biasanya.

Baca juga: Lakukan Langkah Ini Jika Whatsapp Memenuhi Memori Ponsel

Penyebab bootloop yang sering terjadi pada ponsel pintar sistem operasi Android adalah adanya gangguan di file sistem. Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa terjadi karena serangan malware, virus, kelebihan muatan, dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, bagi anda yang awam soal ponsel, sebaiknya segera membawanya ke outlet servis terdekat. Namun, ada beberapa alternatif yang dapat anda lakukan sebelum benar-benar membawanya ke tempat servis langganan anda.

Langkah Alternatif Untuk Menangani Bootloop

Untuk versi ponsel pintar Android versi lama, anda bisa melepas baterai untuk beberapa saat, atau setidaknya selama seharian. Setelah itu, pasang kembali baterai tersebut lalu nyalakan untuk memastikan ponsel anda masih bisa menyala.

ilustrasi: berbagai sumber

Jika ponsel anda masih dapat menyala dengan baik, lakukan langkah pembersihan seperti membersihkan RAM dan internal memory. Cabut kartu SIM, cadangkan data, dan reset ponsel ke setelan pabrik bila perlu. Sebab, jika anda hanya membiarkannya, kemungkinan ponsel anda akan mengalami bootloop lagi dan tidak bisa anda selamatkan meski mencabut baterainya.

Baca juga: 5 Cara Yang Bisa Dilakukan Saat Memori Internal HP Yang Penuh

Bagi ponsel Android dengan model baterai tanam, segera matikan ponsel dengan menekan lama tombol power yang ada di samping. Biarkan ponsel berada dalam kondisi mati, setidaknya untuk beberapa saat atau seharian penuh. Sama seperti langkah selanjutnya pada Android versi lama, jika ponsel masih bisa menyala dengan normal, cadangkan berkas dan reset pabrik.

Hapus berkas cache partition yang ada di RAM. Cara untuk menghapus bagian ini tidak terlalu sulit, yakni masuk ke Recovery Mode dan hapus Cache Partition. Untuk masuk ke mode recovery, tergantung pada tipe ponsel masing-masing.

sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Jakarta, Unbox.id – Sejak YouTube Shorts diperkenalkan, fitur tersebut menjadi populer dalam waktu yang singkat dan banyak digunakan oleh para pengguna dan konten kreator....

Social Media

Jakarta, Unbox.id – Terkadang Anda mungkin ingin melihat seseorang di Instagram secara diam-diam tanpa diketahui si pemilik akun. Namun pihak Instagram hingga saat ini...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Edge Panel khas Samsung memang memudahkan para pengguna untuk dapat akses cepat ke semua yang pengguna butuhkan, baik itu aplikasi, pengingat,...

Apps & Games

Unbox.id – Sistem Android merupakan salah satu sistem yang ada pada Smartphone dan cukup akrab dengan penggunaanya oleh masyarakat secara umum. Selain digunakan untuk...