Baterai Ponsel Tetap Hemat Selama Perjalanan Mudik? Ikuti Cara Ini

Jakarta, Unbox.id  –  Biasanya baterai smartphone hanya bertahan selama belasan jam dalam pemakaian normal. Namun, bagi para pemudik yang tak bisa lepas dari gadget, baterai smartphone biasanya akan lebih cepat terkuras.

Meskipun ada berbagai solusi yang ditawarkan, seperti penggunaan power bank dan melakukan charge dalam kendaraan, rupanya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai smartphone selama perjalanan mudik.

TIPS HEMAT BATERAI

Berikut ini delapan cara menghemat baterai smartphone selama perjalanan:

  1. Cek aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai

Pengguna smartphone dapat melihat daftar aplikasi apa saja yang membutuhkan penggunaan baterai paling banyak. Jika tidak benar-benar penting, pengguna dapat mematikan aplikasi tersebut karena tidak terpakai selama perjalanan.

Untuk melihat daftar aplikasinya, pengguna dapat masuk ke Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai/Daya.

  1. Minimalisir aplikasi yang berjalan di background

Pengguna smartphone sebaiknya menutup aplikasi apa saja yang berjalan di background. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semakin banyak penggunaan baterai dibutuhkan.

  1. Matikan sinyal radio yang tak dipakai

Beberapa fitur dalam smartphone yang memanfaatkan sinyal radio seperti NFC, GPS, dan Wi-Fi biasanya menghabiskan jumlah baterai. Jika tidak digunakan, sebaiknya pengguna mematikan fitur tersebut.

  1. Turunkan kecerahan layar

Cara Memilih Charger Smartphone Berkualitas

Tanpa disadari, layar merupakan salah satu komponen smartphone yang paling banyak menggunakan baterai. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menggunakan fitur auto brightness dan lebih baik mengatur secara manual sehingga pengguna dapat menurunkan tingkat kecerahan layar untuk menghemat baterai.

  1. Gunakan wallpaper gelap

Layar smartphone dengan tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika memiliki tampilan yang lebih gelap. Mungkin, itu sebabnya beberapa smartphone kekinian telah dibekali fitur dark mode. Namun, pengguna juga dapat memanfaatkan wallpaper dengan warna gelap untuk menghemat penggunaan baterai.

  1. Atur fitur auto sync

Fitur auto sync yang melalukan sinkronisasi secara otomatis pada aplikasi dalam smartphone akan membutuhkan koneksi internet. Dengan kata lain, penggunaan jaringan internet juga dapat menghabiskan daya baterai. Oleh karena itu, matikan fitur auto sync untuk berjaga-jaga.

  1. Gunakan fitur power saving

Sebagian besar smartphone saat ini telah dilengkapi dengan fitur power saving atau hemat daya. Dengan fitur ini, pengguna akan terhindar dari pemborosan pemakaian daya baterai karena secara otomatis smartphone akan memberi pengaturan untuk menghemat daya bagi pengguna.

  1. Isi daya smartphone sebelum berangkat

Tips Memilih Charger Smartphone Berkualitas Tinggi

Usahakan melakukan pengisian daya smartphone hingga penuh sebelum melakukan perjalanan. Hal ini juga akan membantu pengguna dalam menghemat daya di dalam power bank. (hitekno.com)

 

Tinggalkan Balasan