Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

Apa Itu Fastboot? Pengertian dan Cara Mengatasinya

Fastboot
tampilan layar pada mode fastboot | foto: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Kesalahan sistem pada HP buatan Xiaomi seringkali terjadi, banyak kendala yang dialami oleh banyak pengguna. Salah satunya adalah keadaan ponsel yang mengalami bootloop, sistem tidak mau memproses saat pengguna menyalakan ponselnya. Namun, ada kendala lain yang terjadi, yakni fastboot.

Apa itu fastboot? Fastboot pada dasarnya bukanlah sebuah kerusakan yang ada pada ponsel. Melainkan salah satu fitur tersembunyi yang ada di ponsel Xiaomi jenis apa pun. Fitur yang satu ini memang sengaja tersembunyi agar pengguna tidak dapat menggunakannya secara sembarangan.

Apa fungsi fastboot di smartphone Xiaomi? Ia memiliki fungsi untuk mengecek sistem dan memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi di dalamnya. Hanya teknisi ponsel atau pihak pengembang yang biasa menggunakan fitur ini. Jika anda mengalami keadaan ini, kemungkinan anda menyalakan atau mematikan ponsel dengan cara yang salah.

Fastboot Bukan Kerusakan Ponsel

Selain mematikan atau menyalakan ponsel dengan cara yang salah, fastboot juga bisa terjadi karena tombol power atau volume di ponsel anda mengalami kerusakan. Dengan kerusakan tersebut, memungkinkan kedua tombol, yakni tombol power dan volume bawah tertekan secara bersamaan. Sebab, fitur tersebut dapat berfungsi saat kedua tombol ditekan bersama-sama.

Namun, ada kemungkinan lain jika fitur ini aktif pada ponsel Xiaomi anda, yakni kerusakan mendadak pada firmware. Secara otomatis, sistem akan menyalakan fitur ini untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Tidak perlu khawatir ketika ponsel anda masuk ke mode tersebut, ikuti langkah yang ada di bawah ini untuk keluar dari mode.

Tunggu beberapa saat proses fast boot, biarkan ponsel anda menyelesaikan prosesnya. Ketika sudah sekitar 5 menit, anda bisa mengambil langkah pertama, yakni tekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah. Tahan selama kurang lebih 10 detik sampai gambar fast boot hilang dan berganti logo MIUI.

Setelahnya, ponsel anda akan kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, jika tetap tidak bisa, tetap tidak mau keluar dari mode, maka kemungkinan rusak adalah tombol anda. Anda bisa langsung membawanya ke teknisi terdekat agar mereka bisa memperbaiki tombol samping smartphone anda.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Xiaomi merupakan salah satu produk smartphone yang cukup menjanjikan di pangsa pasaran Indonesia. Selain itu, pilihan produk-produk yang dihadirkan oleh produsen gadget...

Xiaomi

Unbox.id –  Xiaomi Redmi K50 Ultra merupakan smartphone yang dirilis pada 25 Agustus 2022 dengan berat 202 gram dan ketebalan 8,6 mm. Ponsel Xiaomi...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Di Indonesia, varian produk smartphone Xiaomi memang bisa menjadi pilihan tersendiri untuk bisa dipilih oleh para penggunanya sebagai varian ponsel pintar unggulan....

Software

Unbox.id – Produk Xiaomi adalah salah satu varian produk yang cukup mumpuni untuk bisa digunakan oleh para penggunanya. Produsen gadget dari negeri Tiongkok ini...