Connect with us

Hi, what are you looking for?

How To

5 Cara Untuk Merawat Speaker HP Agar Tidak Cepat Rusak

Speaker HP
Sumber: Qoala App

Jakarta, Unbox.id – Speaker adalah salah satu bagian yang penting pada HP. Pasalnya, speaker HP menjadi alat utama dalam mengeluarkan suara sehingga kehadirannya sangat vital ketika mengdengarkan video call, musik, dan video. Untuk itulah speaker HP harus di rawat dengan dengan baik.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara merawatnya, kita juga perlu tahu penyebab yang kerap menjadi sumber kerusakan pada speaker HP, salah satunya kotoran yang bisa menyebabkan suara yang dihasil menjadi berdesis dan kurang maksimal.

Kotoran ini bisa muncul karena penggunanya yang ceroboh dalam menampatkan HP dan ada juga masalah teknis, seperti umur HP yang sudah sangat lama atau terlalu lama dalam menggunakan casing.

Ada juga penyebab kerusakan speaker HP, yakni penggunanya kerap memutar musik dengan volume yang sangat keras. Hal tersebut tentunya bisa menyebabkan gendang speaker bergetar yang bisa merusak lapisan membrane yang tipis. Sebenarnya, merawat speaker HP kurang lebih seperti merawat speaker pada umumnya. Untuk itulah, agar menghindari terjadinya kerusakan speaker HP terdapat cara-cara yang sudah tersedia di bawah ini.

Baca juga: Edifier MP230, Bluetooth Speaker Baru Desain Retro

Berikut 5 Cara Untuk Merawat Speaker HP Agar Tidak Cepat Rusak

1. Jangan Menggunakan Volume Tinggi

Speaker HP

Sumber: Voi.id

Saat Anda sedang memutar musik dan video, usahakan agar tidak menggunakan volume yang sangat tinggi karena kebiasaan ini bisa menyebabkan speaker mudah pecah. Perangkat HP biasanya mempunyai proteksi pada volume,  saat pengguna mengatur volume melebihi batas yang disarankan, maka akan ada peringatan yang muncul, sebaiknya Anda ikuti perintah tersebut dan gunakan volume pada kisaran 80% saja.

2. Bersihkan Speaker Secara Rutin

Speaker adalah komponen yang kecil pada ponsel dan tidak berbeda dengan speaker lainnya, speaker HP juga mengandung magnet yang tentunya bisa menarik debu serta kotoran kecil. Nah, jika tidak dibersihkan dengan rutin, bagian ini akan semakin kotor.

Sebaiknya, Anda bersihkan speaker dengan rutin  menggunakn tisu, caranya hanya buka casing lalu bersihkan dengan menggunakan kain. Anda tidak boleh menggunakan kapas karena bisa menyebabkan serabut kapas tersangkut.

3. Gunakan Headset Seperlunya

Menggunakan speaker dengan volume yang sangat tinggi memang tidak baik, tetapi jarang atau bahkan tidak menggunakan sama sekali sangat tidak dianjurkan. Jika terlalu sering menggunakan headset bisa menurunkan daya speaker dan membuat volumenya semakin mengecil.

4. Jauhkan dari Air

Jauhkan dari Air

Sumber: Qoala App

HP dengan tahan air semakin banyak diproduksi, tetapi untuk HP kelas menengah dan di bawahnya, fitur ini kadang tidak ada. Maka, untuk berjaga-jaga, jangan sampai HP Anda terkena air. Pasalnya, jika terkena air dan basah pada speaker akan membuat suara yang dihasilkan menjadi kurang jelas bahkan bisa rusak secara permanen.

5. Jauhkan Speaker dari Benda Bermagnet

Sebaiknya speaker jangan didekatkan dengan benda-benda yang mengandung magnet karena bisa mengakibatkan magnet speaker cepat rusak dan kehilangan elektornya sehingga kinerja menjadi kurang maksimal dan Anda bisa meletakkan HP dengan jarak 1 hingga 2 meter dari benda bermagnet.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

HP

Jakarta, Unbox.id – HP Notebook 14s-dk0073au merupakan laptop yang mempunyai layar 14 inci dan mengusung resolusi 1366 x 768pixels. Laptop ini memakai prosesor berkecepatan...

Oppo

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang sering mengikuti perkembangan pasar teknologi tanah air, tentunya sangat paham mengenai gadget. Termasuk apa pilihan HP terbaik dan...

Komputer & Laptop

Jakarta, Unbox.id – HP Envy x360 merupakan laptop 2-in-1 yang praktis dan fleksibel dengan bobot 1.3kg. Hadir dengan layar 15 inci dan resolusi 1920...

How To

Jakarta, Unbox.id – Ingin tahu nomor IMEI smartphone Xiaomi Anda? Mengetahui nomor IMEI adalah hal yang cukup penting. Karena nomor IMEI dapat berguna dalam...