Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

3 Mode Editing Dalam Aplikasi Online Google Docs, Simak Baik-baik

Online
ilustrasi: berbagai sumber

Jakarta, Unbox.id – Dewasa ini, kegiatan belajar mengajar menggunakan media kertas perlahan-lahan sudah mulai banyak ditinggalkan. Salah satu penyebab yang paling kentara adalah adanya sistem pembelajaran online setelah adanya pandemi.

Mendapati hal tersebut, semakin banyak produsen teknologi yang memunculkan laptop, tablet, bahkan smartphone yang dapat mendukung kegiatan belajar lebih optimal. Ada banyak media selain kertas dan berbasis online yang bisa anda gunakan untuk kegiatan belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Docs.

Baca juga: Kominfo Ancam Blokir Google dkk Jika Tidak Melakukan Registrasi

Aplikasi ini mulanya memiliki konsep yang sama seperti Microsoft Word. Namun, anda harus menggunakan jaringan yang baik untuk dapat menggunakannya. Karena ia menganut sistem online, pastinya anda juga bisa terhubung dengan pengguna lain untuk mengerjakan tugas di lembar yang sama.

Nah, berikut ada 3 fitur dari penggunaan Google Docs yang dapat anda manfaatkan untuk pembelajaran online. Baik anda sebagai guru yang mengoreksi pekerjaan siswa, rekan kelompok yang sama-sama mengerjakan, atau untuk sekedar membuat karya tulis.

3 mode google docs | foto: google docs

Fitur Editing Online

Fitur yang pertama yang bisa anda manfaatkan dari aplikasi Google Docs ini adalah fitur pengetikan online atau editing. Bagi anda yang masih belajar mengetik atau yang paling sering melakukan kesalahan dalam penulisan, maka aplikasi ini tentu sangat cocok bagi anda.

Anda tidak perlu khawatir salah ketik, karena sistem mempunyai fitur correct dengan bahasa Indonesia yang memudahkan anda untuk mengedit naskah. Selain itu, anda juga bisa menambahkan kosakata seperti bahasa daerah dan istilah tertentu ke dalam kamus pribadi ke akun Google Docs anda.

Fitur ini juga akan memungkinkan penggunanya untuk berbagi lembar kerja dengan orang lain seperti rekan sekelompok. Dengan mengetuk tombol bagikan yang ada di pojok kanan atas, aktifkan akses untuk semua orang yang memiliki link, lalu salin link. Jangan lupa untuk mengganti modenya ke mode mengedit, jadi teman anda juga dapat berpartisipasi dalam tugas.

Baca Juga: Perbedaan dan Kelebihan Google Meet, Zoom, WhatsApp, Pilih Mana?

Fitur Melihat

Fitur yang satu ini sangat berguna bagi anda yang hanya ingin membagikan cerita kepada orang lain. Tentunya anda tidak ingin orang lain tersebut mengubah isi catatan anda, bukan? Orang lain tersebut hanya akan bisa memberikan komentar melalui kolom komentar yang ada di samping kanan kertas.

Dengan memanfaatkan aplikasi Google Docs berbasis online ini, anda dapat memperlihatkan tugas kepada siapa saja tanpa takut mereka akan merubahnya.

Fitur Menyarankan

Terakhir, yakni mode ketiga setelah anda membagikan link kepada orang lain, anda bisa mengaktifkan mode menyarankan. Terutama jika dokumen tersebut anda letakkan pada kolom tugas untuk anda serahkan pada atasan, dosen, atau guru anda di kelas.

Mereka dapat menyarankan untuk mengganti, menghapus, mengedit dan sebagainya. Namun, mereka tidak akan mampu mengubah naskah anda sedikitpun. Nah, demikian ulasan kami tentang aplikasi Google Docs beserta fitur-fitur menariknya. Semoga bermanfaat

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – Di zaman serba teknologi ini, berbagai macam hal telah terkoneksi dengan cukup baik pada perangkat smartphone yang dimiliki oleh para penggunanya. Terlebih...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda yang ingin menerjemahkan sebuah gambar, baik buku, catatan, screenshot dan sebagainya namun malas untuk mengetik secara manual, terdapat beberapa...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Jika Anda baru saja beralih ke iPhone, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa semua kontak yang baru dibuat di iPhone Anda tidak...

Artikel

Jakarta, Unbox.id – Layanan email besutan Google yakni Gmail tentu sudah tidak diragukan lagi adalah merupakan layanan email paling populer di dunia. Baru-baru ini,...