Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apple

3 Cara Cek IMEI di iPhone yang Perlu Anda Ketahui

IMEI
Cara Cek IMEI iPhone dengan mudah | foto: asurion.com

Jakarta, Unbox.id – Mengetahui nomor identitas ponsel atau International Mobile Equipment Identity (IMEI) sangat penting untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya untuk identifikasi perangkat pengguna yang tersambung ke jaringan nirkabel atau internet.

Operator memakai IMEI untuk mengenali identitas perangkat mulai dari jenis, tipe, dan lain sebagainya. Biasanya, nomor seri tersusun dari 15 digit gabungan antara angka dan huruf abjad. Setiap ponsel memiliki nomor ini, termasuk produk Apple, yaitu iPhone. 

Baca juga: Ini Dia Beberapa Keunggulan Asus TUF Gaming F15 (FX507)

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor IMEI. Biasanya, pengguna membutuhkan nomor seri ini untuk melacak keberadaan ponsel saat hilang atau kecurian. Atau, Anda bisa mengecek perangkat Anda sudah terdaftar atau belum.

Letak IMEI di Ponsel iPhone

Ada beberapa tempat yang bisa Anda cek di iPhone untuk mengetahui nomor seri tersebut. Biasanya, pengguna bisa membuka menu settings, kemudian pilih about atau ‘tentang’. Selain itu, pengguna juga bisa mengecek dari kode UMB dan di boks bawaan ponsel.

Cara yang pertama, membuka menu pengaturan. Metode ini terbilang cukup mudah, karena pengguna tidak perlu membuka boks bawaan. Pertama, nyalakan ponsel iPhone Anda, buka menu, pilih pengaturan, lalu buka sub menu ‘General’.

Baca juga: Pilihan Smartphone Murah Dengan Stabilizer Video Paling Ok

Di menu tersebut, Anda bisa menggulirnya hingga menemukan tulisan IMEI. Pada kolom tersebut Anda dapat mengecek nomor unik yang khusus hanya ada di ponsel Anda. Sebab, setiap ponsel memiliki nomor khasnya masing-masing.

Cek Menggunakan Kode UMB

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah menekan kode UMB. Jika cara pertama terasa masih sulit, Anda bisa mencoba yang lebih mudah, yaitu menekan kode UMB di menu panggilan. Sejatinya, cara ini bisa Anda lakukan di ponsel mana pun.

Langkah pertama, buka laman tombol panggilan sebagaimana Anda ingin melakukan panggilan seluler atau mengecek sisa pulsa. Pada tombol panggilan tersebut, Anda cukup menekan kombinasi simbol dan angka *#06#, nomor seri akan muncul otomatis.

Jika Anda sudah mendapatkan nomor tersebut di iPhone, Anda bisa cek status legalitasnya di laman resmi Bea Cukai atau Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Sangat penting mengecek legalitas ponsel, terutamanya iPhone.

Sumber: Berbagai Sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apple

Unbox.id – iPhone 16 Plus dikabarkan memiliki 2 pilihan warna baru, bukan 5 warna seperti iPhone 15 non-profesional yang saat ini ada di pasaran....

Hardware

Unbox.id – Seri iPhone 16 memang belum diumumkan secara resmi oleh Apple, namun bocoran informasi mengenai seri iPhone 17 sudah mulai tersebar di Internet....

Hardware

Unbox.id – Kedatangan smartphone baru Apple, iPhone 16, masih tertunda setidaknya hingga September tahun depan. Meski begitu, bocoran mengenai spesifikasi smartphone ini mulai silih...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Ponsel pintar memiliki kemampuan pengisian cepat yang luar biasa, apalagi mengingat dinamika pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya yang mengharuskan kita untuk selalu...