Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

2 Cara Screenshot Panjang di iPhone

2 Cara Screenshot Panjang di iPhone (sumber: eletiofe.com)
2 Cara Screenshot Panjang di iPhone (sumber: eletiofe.com)

Jakarta, Unbox.id – Bagi Anda para pengguna smartphone, saat ini kebutuhan untuk menangkap layar atau screenshot sudah tak asing lagi dan menjadi hal yang biasa. Screenshot seringkali digunakan untuk berbagai keperluan entah untuk keperluan pribadi maupun untuk berbagi dengan teman. Tak hanya screenshot saja, biasanya terdapat fitur bawaan lain didalamnya seperti mengedit, dan bahkan menambahkan teks ataupun stiker.

Beberapa smartphone khususnya Android, memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk panjang. Hal ini berguna untuk menyimpan tampilan seperti website atau chat yang panjang. Saat melakukan screenshot panjang, gambar yang ditangkap tak hanya yang berada di area layar seperti screenshot biasa pada umumnya, namun juga bisa digulirkan hingga ke bawah sesuai dengan keinginan.

Dengan adanya fitur screenshot panjang ini, pengguna dapat mengambil tangkapan layar dari web atau chat panjang secara utuh tanpa terpotong atau harus melakukan beberapa kali screenshot. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan juga penyimpanan karena dapat menyimpan seluruh informasi dalam satu gambar saja.

Baca juga: 3 Cara Simpan Kontak di iPhone Ke Akun Google

Screenshot di iPhone (sumber: laptopmag.com)

Screenshot di iPhone (sumber: laptopmag.com)

Mengambil screenshot di iPhone sendiri sebenarnya juga sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol Wake Up/Power dan tombol Volume up secara bersamaan atau melalui Assesive Touch. Namun jika Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh halaman atau ingin screenshot panjang seperti halnya yang sudah bisa dilakukan di perangkat Android, berikut ini adalah 2 cara untuk melakukan screenshot panjang di iPhone.

Screenshot panjang di Safari

Cara termudah untuk mengambil screenshot bergulir atau satu halaman penuh dari halaman browser yakni menggunakan browser bawaan iPhone yakni Safari. Berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Kunjungi halaman yang hendak Anda screenshot di browser Safari dan ambil screenshot dengan menekan dan menahan tombol Volume Up & Power/Wake.
  • Selanjutnya, ketuk pratinjau screenshot kecil yang ada di kiri bawah.
  • Pada layar pratinjau, ketuk tab Full Page, dan itu akan melihat pratinjau screenshot sepanjang satu halaman penuh yang dapat disimpan ke perangkat Anda.

Menggunakan Aplikasi Scrolling Screenshot & Long Screenshot

Jika Anda mencari screenshot bergulir dari pihak ketiga, terdapat aplikasi bernama Scrolling Screenshot yang dapat Anda manfaatkan. Berikut adalah beberapa langkahnya.

  • Unduh aplikasi Scrolling Screenshot dari App Store.
  • Kemudian buka aplikasi dan gulir melalui halaman panduan pengaturan.
  • Selanjutnya pergi ke Control center iPhone dan aktifkan perekaman dari aplikasi Scrolling Screenshot untuk mengambil screenshot panjang di iPhone Anda.

Selain menggunakan aplikasi diatas, terdapat juga aplikasi lain yang juga dapat Anda manfaatkan dan Anda unduh secara gratis, yakni adalah Long Screenshot. Berikut adalah beberapa langkahnya.

Baca jua: Cara Aktifkan Auto FPS di Kamera iPhone

  • Unduh aplikasi Long Screenshot dari App store.
  • Kemudian buka aplikasi dan tunggu beberapa detik untuk melewati layar pemuatan.
  • Gulir melalui layar pengaturan aplikasi.
  • Selanjutnya pergi ke Control center iPhone dan aktifkan perekaman dari aplikasi Scrolling Screenshot untuk mengambil screenshot panjang di iPhone Anda.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: eletiofe.com, laptopmag.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Last updated on 23 November, 2022 Unbox.id – WhatsApp baru-baru ini telah meluncurkan beberapa fitur baru, salah satunya WhatsApp Companion. WhatsApp merilis fitur ini...

Tech Industry

Unbox.id – Beberapa waktu lalu, Microsoft mengatakan akan membawa integrasi foto iCloud ke aplikasi Windows Photos, yang sebelumnya tersedia untuk Windows Insiders. Kini Microsoft...

Apps & Games

Last updated on 22 November, 2022 Unbox.id – Baru-baru ini, WhatsApp memperkenalkan fitur WhatsApp Community untuk mengatur beberapa grup di bawah satu atap untuk...

Apps & Games

Last updated on 22 November, 2022 Unbox.id – Tahukah Anda, ternyata Instagram menyediakan fitur history Instagram Reels? Fitur ini memungkinkan pengguna melihat kembali dan...