Connect with us

Hi, what are you looking for?

Apps & Games

2 Cara Aktifkan Autofill Password di Android dan iOS

2 Cara Aktifkan Autofill Password di Android dan iOS (sumber: androidcentral.com)
2 Cara Aktifkan Autofill Password di Android dan iOS (sumber: androidcentral.com)

Jakarta, Unbox.id – API Google memungkinkan Anda untuk mengisi otomatis kata sandi dan beberapa informasi lainnya secara otomatis di smartphone Anda. Anda dapat menggunakan layanan Google atau layanan lain seperti 1Password atau LastPass untuk digunakan sebagai pengelola kata sandi. Saat ini, smartphone keluaran terbaru berbasis Android telah hadir dengan layanan pengelola kata sandi Google, berbeda dengan perangkat iOS yang harus menginstal aplikasi pihak ketiga mengingat pihak Apple hingga saat ini belum menghadirkan fitur tersebut selain iCloud Keychain.

Autofill password adalah API baru dari Google yang secara otomatis mengisi bidang kata sandi di Android atau iPhone Anda. Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi gratis dari Google atau Anda menggunakan pengelola kata sandi dari piha ketiga yang tersedia di App Store maupun Play Store. Hal ini tentu akan mempersingkat waktu dan kerumitan mengisi kata sandi berulang kali, aplikasi akan mengisi kata sandi yang disimpan untuk Anda di situs web atau aplikasi tersebut.

2 Cara Aktifkan Autofill Password di Android dan iOS (sumber: techrepublic.com)

2 Cara Aktifkan Autofill Password di Android dan iOS (sumber: techrepublic.com)

Oleh karena itu, berikut ini adalah 2 cara untuk mengaktifkan fitur Autofill password di Android ataupun iOS.

Baca juga: 4 Cara Hentikan Buka Tautan Otomatis di Chrome Android

Mengaktifkan Autofill Password di Android

  • Buka Pengaturan > Manajemen Umum > Kata Sandi dan Autofill.
  • Jika Anda tidak dapat menemukannya di ponsel, cari IsiOtomatis di dalam aplikasi pengaturan.
  • Di sini, ketuk opsi Autofill Service.
  • Pilih Google dari daftar dan ketuk OK untuk mengonfirmasi pop-up.
  • Anda perlu mengonfirmasi menggunakan Autofil Service sekali lagi dan semuanya akan disetel sebagai default.

Jika Anda ingin menggunakan layanan pihak ketiga, pilih layanan yang diinstal dari halaman Autofill Service. Dengan hal ini Anda akan diarahlan ke aplikasi dan di Anda harus masuk menggunakan kredensial Anda. Setelah Anda berhasil masuk, semuanya akan diatur secara otomatis dan Anda akan melihat munculan setiap kali Anda ingin mengisi kata sandi di aplikasi apa pun.

Baca juga: Cara Kunci Pesan Teks di iPhone dan iPad

Mengaktifkan Autofill Password di iPhone

Anda juga dapat mengaktifkan layanan isi otomatis kata sandi di iPhone atau iPad Anda menggunakan layanan pengelola kata sandi pihak ketiga seperti 1Password atau Lastpass, Sebelum melakukan beberapa langkah dibawah, pastikan Anda telah menginstal salah satu dari aplikasi yang disebutkan diatas di iPhone Anda.

  • Di iPhone Anda, buka Pengaturan.
  • Gulir ke bawah untuk menemukan Kata Sandi, dan ketuk di atasnya untuk mengakses opsi lainnya.
  • Di sini, pilih Opsi Kata Sandi.
  • Sekarang, aktifkan toggle untuk fitur Autofill Passwords.

Di bawah sakelar, Anda akan melihat daftar layanan kata sandi yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan dan mengisi otomatis kata sandi di perangkat Anda. Anda dapat memilih semua aplikasi pengelola kata sandi untuk mengisi otomatis kata sandi di perangkat Anda.

 

dari berbagai sumber

Foto: androidcentral.com, techrepublic.com

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Apps & Games

Unbox.id – iPhone memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya menghapus pesan yang dikirim ke orang lain. Hal ini tentu sangat membantu, karena mengirim pesan kepada...

Artikel

Jakarta. Unbox.id – Perusahaan teknologi terbesar di Amerika Serikat, Apple, kemungkinan akan menciptakan perangkat wearable yang lebih canggih di masa depan. Menurut beberapa sumber,...

Apple

Unbox.id – iPhone SE generasi terbaru diperkirakan akan dirilis pada tahun 2025. Kabarnya, Apple kini tengah bersiap memperkenalkan lini iPhone terjangkau dengan layar OLED....

Apple

Unbox.id – Apple telah memperbarui masa pakai baterai iPhone 15. Namun, bukan dengan memberikan baterai baru atau melalui pembaruan perangkat lunak, melainkan dengan memperbarui...