Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Tablet vs Laptop, Manakah yang Paling Cocok untuk Anda? Ketahui Perbandingannya

Tablet
Tablet vs laptop, manakah yang terbaik untuk Anda? | foto: Electronics Hub

Jakarta, Unbox.id – Tablet terbaik lebih bertenaga ketimbang beberapa laptop murah, namun apakah tab merupakan pengganti yang cocok untuk komputer portabel tradisional? Anda dapat mempelajari perbedaan antara tablet dan laptop untuk membantu Anda memutuskan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda pasti menginginkan laptop jika Anda hanya mampu membeli satu perangkat. Laptop murah harganya sama dengan tab kelas menengah dan dapat melakukan lebih banyak hal. Tab biasanya menjalankan fungsi untuk menjelajahi web, membaca eBook, bermain game, mendengarkan musik, dan aktivitas pasif lainnya. 

Di sisi lain, laptop identik dengan produktivitas, membuat dokumen, mengirim email, dan menggunakan perangkat lunak canggih. Ada juga laptop hybrid atau konvertibel , yang dapat Anda gunakan dalam mode tab untuk mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.

Metode Masukan: Anda Dapat Melakukan Lebih Banyak Dengan Laptop

Tablet hanya mengandalkan antarmuka layar sentuh , yang dapat menghadirkan tantangan saat memasukkan teks. Karena tablet tidak memiliki keyboard, Anda harus mengetik di keyboard virtual dengan berbagai tata letak dan desain. 

Beberapa tablet 2-in-1 terbaik hadir dengan model keyboard lepas-pasang. Akan tetapi, model tab pada umumnya masih belum mampu memberikan pengalaman menggunakan laptop karena ukurannya yang lebih kecil dan desain yang lebih ketat. 

Baca juga: Sony PlayStation 5 Pro Rilis September 2024, Simak Bocoran Spesifikasinya

Keyboard Bluetooth eksternal akan menambah biaya dan periferal yang terkadang membebani pengguna tablet, sehingga kurang portabel. Sementara itu, perangkat laptop sendiri lebih baik untuk orang yang banyak mengetik.

Ukuran: Tablet Lebih Portabel

Kebanyakan tablet memiliki berat di bawah dua pon. Bahkan laptop terkecil sekalipun, seperti Apple MacBook Air 11, cenderung memiliki bobot yang lebih besar serta memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang ukuran dan bobot tablet pada umumnya.

Perbedaan utama dalam ukurannya adalah keyboard dan trackpad membutuhkan ruang tambahan. Laptop dengan komponen yang lebih bertenaga memerlukan pendinginan tambahan sehingga menambah ukuran. 

Karena ukuran dan beratnya yang lebih kecil, tablet lebih mudah untuk Anda bawa kemana-mana ketimbang laptop. Terutama untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Tab mampu mendukung profesi atau hobi Anda yang terkait dengan bepergian.

Daya Tahan Baterai: Tablet Bertahan Lebih Lama

Karena kebutuhan daya yang rendah pada komponen perangkat kerasnya, tab menjadi efisien. Sebagian besar bagian dalam tablet adalah baterainya. Laptop, sebaliknya, menggunakan perangkat keras yang lebih kuat. 

Baterai di dalam laptop memakan persentase ruang yang jauh lebih kecil yang mereka butuhkan untuk komponen internalnya. Oleh karena itu, meskipun baterai laptop memiliki kapasitas yang lebih besar, akan tetapi ia tidak akan bertahan lama seperti tablet. 

Baca juga: Youtube Luncurkan Fitur Pengendali Komentar untuk Para Kreator

Banyak tablet yang dapat mendukung penggunaan web hingga sepuluh jam sebelum memerlukan biaya. Rata-rata laptop hanya berjalan sekitar empat hingga delapan jam.

Kapasitas Penyimpanan: Laptop Memiliki Lebih Banyak Ruang

Untuk menekan ukuran dan biaya tablet, produsen mengandalkan memori penyimpanan solid-state untuk menyimpan program dan data. Teknologi ini memiliki satu kelemahan utama: jumlah data yang dapat Anda simpan. 

Kebanyakan tab memungkinkan penyimpanan antara 16 dan 128 gigabyte. Sebagai perbandingan, sebagian besar laptop masih menggunakan hard drive konvensional yang kapasitasnya lebih besar. 

Laptop beranggaran rata-rata memiliki hard drive 500 GB, meskipun beberapa laptop juga telah beralih ke solid-state drive. Baik laptop maupun tab menyertakan fitur seperti port USB atau kartu microSD yang memungkinkan penambahan penyimpanan eksternal.

Performa: Laptop Lebih Bertenaga

Kedua platform, baik tab atau laptop akan bekerja dengan baik untuk tugas-tugas seperti email, penjelajahan web, atau memutar video atau audio. Sebab, aktivitas ini tidak memerlukan banyak daya pemrosesan. 

Segalanya menjadi lebih rumit setelah Anda mulai melakukan tugas yang lebih menuntut yang melibatkan multitasking atau grafis HD. 

Dalam kasus ini, kinerja laptop biasanya lebih baik. Namun ada pengecualian, seperti untuk mengedit video. Beberapa tablet kelas atas dapat mengungguli laptop berkat perangkat keras khusus.

Perangkat Lunak: Aplikasi Tablet Terbatas

Perangkat lunak yang sama yang berjalan pada laptop versus tablet dapat memiliki kemampuan yang sangat berbeda. Jika tab menjalankan Windows, tab tersebut dapat menjalankan perangkat lunak yang sama seperti laptop, namun kemungkinan besar akan lebih lambat. 

Terdapat beberapa pengecualian terhadap aturan ini, seperti Microsoft Surface Pro, tablet yang dapat Anda terapkan sebagai laptop utama dengan perangkat lunak yang sama dengan yang Anda pakai di lingkungan kerja.

Dua platform tab utama lainnya, Android dan iOS, memerlukan aplikasi khusus untuk sistem operasinya. Banyak aplikasi tersedia untuk setiap platform, dan banyak yang akan melakukan tugas paling dasar di laptop. 

Kesimpulan

Namun, mereka masih kekurangan perangkat input, dan keterbatasan perangkat keras berarti bahwa beberapa program laptop mungkin harus memperkecil ukurannya agar sesuai dengan lingkungan tab.

Laptop masih menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk komputasi seluler. Mereka mungkin memiliki tingkat portabilitas, waktu pengoperasian, atau kemudahan penggunaan yang berbeda ketimbang tablet. 

Namun tab harus mengatasi banyak keterbatasan teknis sebelum menggantikan laptop. Jika Anda sudah memiliki laptop, tablet mungkin merupakan tambahan yang bagus untuk membaca, bermain game, atau menjelajahi web.

Sumber: Lifewire

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Infinix

Jakarta, Unbox.id — Infinix merupakan brand yang sudah terkenal dengan produk-produk buatan mereka yang memiliki daya saing tinggi di pasar global. Brand tersebut hadir...

Software

Unbox.id – Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft dan paling banyak digunakan pada komputer (PC atau laptop). Saat ini sistem operasi Windows...

Huawei

Jakarta, Unbox.id — Huawei meluncurkan varian tablet dengan nama MatePad SE aslinya pada tahun 2022. Perangkat tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kualitas...

Artikel

Unbox.id – Menghemat daya laptop adalah keterampilan penting, terutama ketika Anda harus bekerja atau belajar dalam perjalanan tanpa akses mudah ke sumber listrik. Dengan...