Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Tablet Samsung Terbaru Dengan dan Tanpa S Pen di 2023

Samsung S Pen_1a
Samsung S Pen. (Sumber: CNET)

Unbox.id – Tahukah Anda, tidak hanya berhasil di pasar ponsel, Samsung juga eksis di industri tablet. Mengiringi seri Galaxy Tab, sejumlah besar tablet Samsung telah memasuki pasar sekarang. Menurut pengamatan Unbox.id, ada dua lini tablet Samsung yang bisa dimiliki, yakni seri Samsung Tab S dan seri Tab A. Lini tablet Samsung ini memiliki keunggulan masing-masing berdasarkan kebutuhan pengguna. Secara khusus, Samsung Tab S series ditujukan untuk segmen kelas menengah dengan spesifikasi dan fitur high-end. Sedangkan seri Tab A lebih ditujukan untuk pengguna kelas menengah ke atas. Menariknya, sebagian besar tab terbaru Samsung mendukung S Pen. Tak hanya di segmen high-end, fitur dukungan S Pen ini juga diterapkan Samsung untuk seri Tab A.

Dukungan S Pen

Dukungan S Pen tentunya akan semakin memudahkan penggunaan dan dapat meningkatkan produktivitas kerja. Misalnya untuk membuat catatan, menggambar sketsa hingga membuat presentasi.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan harga tablet Samsung karena bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Untuk harga samsung tab paling murah ada sekitar 2 jutaan. Karena penasaran, Unbox.id akan mencoba menyusun daftar tablet Samsung yang dirilis.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022)_2b

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022). (Sumber: MyNextTablet)

Pilihan Samsung Tab terbaru adalah Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2022). Tablet ini memiliki layar 10,4 inci dengan resolusi WUXGA+ (1200 x 2000p).

Ada fitur Split View yang memungkinkan pengguna membagi layar tablet besar ini menjadi dua untuk membuka dua aplikasi. Yang pasti Samsung tetap mengusung S Pen dengan latensi rendah, desain ergonomis, dan nyaman digenggam.

Galaxy Tab S6 Lite ditenagai oleh chipset Snapdragon 720G yang didukung oleh RAM 4GB dan memori internal 128GB. Kapasitas baterainya juga sangat besar, mencapai 7040 mAh yang bisa digunakan untuk menonton video hingga 15 jam. Samsung Galaxy Tab S6 Lite 2022 menggunakan sistem operasi One UI versi 4.0 untuk tablet.

Samsung Galaxy Tab S8

Galaxy Tab S8 memiliki layar TFT LTPS 11 inci dengan resolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel) dan dukungan kecepatan refresh 120Hz. Tablet Samsung ini juga dilengkapi dengan kamera belakang ganda yang meliputi kamera utama 13MP dan kamera ultra-wide 6MP. Sedangkan kamera depannya beresolusi 12 MP.

Dari segi performa, perangkat dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang menjanjikan kecepatan dan kemudahan saat menjalankan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka One UI 4.1. Menariknya, Galaxy Tab S8 memiliki kapasitas besar 8.000 mAh yang mendukung teknologi Super Fast Charging 2.0 45 watt.

Untuk fitur lainnya, terdapat sensor sidik jari, Bluetooth 5.2, tiga mikrofon, empat speaker dari AKG, S Pen, dan sertifikasi IP68.

Samsung Galaxy Tab S8 Plus

Samsung Galaxy Tab S8 Plus_3c

Samsung Galaxy Tab S8 Plus. (Sumber: Digital Trends)

Berbeda dengan Galaxy Tab S8 standar, spesifikasi Galaxy Tab S8 Plus lebih besar. Hal ini berkat penggunaan layar berjenis AMOLED berukuran 12,4 inci dengan resolusi WQXGA Plus (2800 x 1752 piksel).

Kapasitas baterainya juga lebih besar yakni mencapai 10.090 mAh namun mendukung teknologi fast charging yang sama yaitu 45 watt. Tablet Samsung ini memiliki sidik jari di bawah layar.

Baca juga: Alasan Samsung Galaxy Z Fold5 Dan Flip5 Jadi Ponsel Lipat Terbaik

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra hadir dengan layar Super AMOLED 14,6 inci dengan resolusi WQXGA Plus (2960 x 1848 piksel) dan kecepatan refresh 120Hz.

Menariknya, tablet ini dibekali kamera depan ganda yang terdiri dari kamera wide 12 MP dan kamera ultra wide 12 MP. Di bagian belakang terdapat kamera utama 13MP dan kamera sudut ultra lebar 6MP.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1, berjalan pada sistem operasi Android 12 dan antarmuka One UI 4.1. Untuk kenyamanannya juga telah disediakan S Pen. Ada juga pemindai sidik jari di bawah layar (in-display), S Pen, Bluetooth 5.2, USB Type C, tiga mikrofon, dan empat speaker dari AKG.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech News

Unbox.id – Baru-baru ini, Samsung terus meluncurkan pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 untuk banyak perangkatnya. Kini giliran Samsung Galaxy Tab S9 dan...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Samsung baru saja resmi meluncurkan tablet seri FE terbarunya, yakni Galaxy Tab S9 FE dan Galaxy Tab S9 FE Plus di Indonesia....

Artikel

Unbox.id – Samsung Galaxy Z Fold5 menawarkan pengalaman produktivitas yang mengesankan. Dibalut dengan segudang fitur inovatif dan inovatif, wajar jika ponsel lipat terbaru Samsung...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Tahukah Anda, tak hanya tampil baik di pasar ponsel, ternyata Samsung juga eksis di industri tablet. Mengiringi seri Galaxy Tab, sejumlah besar...