Samsung Umumkan Smartphone Pertama dengan Sensor Kamera 108MP

Unbox.id – Akhirnya Samsung resmi mengungkap sensor kamera 108 MP miliknya. Dengan nama Samsung ISOCELL Bright HMX, inilah sensor kamera 108 MP pertama untuk smartphone. Bukan cuma foto yang bagus, sensor ini bisa juga merekam video berukuran 6K.

Meski buatan Samsung, namun yang pertama memakai bukan smartphone seri Galaxy. Malahan Xiaomi mengklaim akan menjadi yang pertama memakai sensor kamera ini. Sensor Samsung ISOCELL Bright HMX sendiri hadir bukan sekadar memiliki resolusi besar. Namun juga memiliki ukuran fisik luas, 1/1,33 inci.

TETRACELL

Ukuran sensor ini 125 persen lebih besar dibandingkan Samsung 48 MP ISOCELL Bright GM1. Namun untuk 108 MP ini juga memiliki ukuran piksel 0.8 μm. Dalam menghadirkan sensor kamera 108 MP ini, Samsung menggunakan teknologi berma Tetracell. Tetracell merupakan teknologi interpolasi dari sensor 27 MP menjadi 108 MP.

Samsung mengklaim kalau dengan teknologi ini dapat menghasilkan foto yang tetap berkualitas ketika dalam kondisi pencahayaan kurang.

Sensor kamera 108 MP ini juga dilengkapi Smart-ISO, sebuah mekanisme memungkinkan perubahan ISO dari rendah ke tinggi secara dinamis untuk menghadirkan foto yang terang. Keunggulan sensor kamera Samsung ISOCELL Bright HMX bukan cuma dalam memotret saja. Namun juga dalam merekam video dalam resolusi tinggi.

Menurut klaim Samsung, sensor kamera baru miliknya ini bisa merekam video dalam resolusi 6K atu 6016 x 3384 piksel dalam frame rate 30 fps. Sehingga sensor kamera Samsung ini cocok untuk penggemar fotografi maupun videografi. Karena tak hanya mengandalkan besarnya resolusi, namun juga kemampuan dalam kondisi gelap.

Yongin Park, Wakil Presiden Eksekutif Bisnis Sensor di Samsung Electronics menjelaskan, Samsung terus mendorong inovasi dalam teknologi piksel dan logika untuk merekayasa sensor gambar ISOCELL untuk menangkap dunia sedekat yang dilihat mata.

“Melalui kerja sama erat dengan Xiaomi, ISOCELL Bright HMX adalah sensor gambar seluler pertama yang mengemas lebih dari 100 juta piksel dan memberikan reproduksi warna yang tak tertandingi dan detail yang memukau dengan teknologi Tetracell Plus dan ISOCELL Plus yang canggih,” jelas Yongin.

Kita tunggu saja smartphone Xiaomi yang memakai sensor kamera 108 MP buatan Samsung ini, kapan akan meluncur di Indonesia?

Sumber: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

Tinggalkan Balasan