Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Samsung Galaxy S21 FE vs iPhone 13 : Mampu Bersaing?

samsung galaxy s21 fe iphone 13
sumber tom's guide

Last updated on 14 Maret, 2022

Jakarta, Unbox.id – Kehadiran Samsung Galaxy S21 FE memungkinkan para penggemar Android menikmati fitur Galaxy S21 dengan harga yang lebih murah. Namun, apakah versi baru ini masih bisa bertahan saat bersaing dengan iPhone 13? Tom’s Guide membandingkan keduanya untuk Anda.

Smartphone iPhone 13 merupakan gadget yang tangguh untuk dikalahkan. Pasalnya, Apple memberikan prosesor terbarunya serta teknologi fotografi komputasional untuk mendapatkan gambar terbaik. Namun bukan berarti Galaxy S21 FE tidak memiliki fitur yang lebih unggul darinya.

Untuk komparasi ini, Tom’s Guide memilih iPhone 13 model layar 6.1 inci. Hal ini karena iPhone 13 mini terlalu kecil untuk dibandingkan. Sedangkan iPhone 13 Pro berada di kelas yang berbeda.

Baca juga: OPPO Reno 7 Pro VS Samsung Galaxy S21 FE : Spesifikasi

Perbandingan Spesifikasi

Samsung Galaxy S21 FE iPhone 13
Harga Rp 8.9 juta hingga Rp 9.9 juta Rp 14.9 juta hingga Rp 20.9 juta
Ukuran layar AMOLED 6.4 inci, 2400 x 1080 OLED 6.1 inci (2535 x 1170)
Refresh rate 120Hz 60Hz
CPU Snapdragon 888 A15 Bionic
RAM 6GB, 8GB 4GB (based on teardown)
Memori Penyimpanan 128GB, 256GB 128GB, 256GB, 512GB
Kamera Belakang 12 MP (f/1.8)
12 MP (f/2.2, ultrawide)
8 MP (f/2.4, telephoto, 30x space zoom)
12 MP (f/1.6)
12 MP (f/2.4, ultrawide)

Perbandingan Desain

komparasi samsung galaxy s21 fe vs iphone 13

komparasi samsung galaxy s21 fe vs iphone 13 (sumber phone radar)

Desain Samsung Galaxy S21 FE memiliki 2 keunggulan dibandingkan desain iPhone 13. Pertama adalah tidak ada desain notch di Samsung, sedangkan iPhone 13 memiliki ada. Meskipun desainnya sudah 20% lebih kecil dari pendahulu, tetapi masih kalah dengan Samsung yang memakai desain punch hole.

Kedua adalah fitur fingerprint under display dengan keunggulan sensitivitas dan respons yang cepat membantu Anda membuka ponsel dengan cepat. Selain kedua keunggulan ini, kedua gadget memiliki perbedaan dari material, dengan Samsung memakai bahan plastik (harga bisa lebih murah) sedangkan iPhone memakai bahan aluminium.

Baca juga: iPhone 12 VS iPhone 12 Pro : Spesifikasi

Perbandingan Layar

Dari segi warna, kecerahan warna layar Samsung dan iPhone sama saja. Hanya saja, layar iPhone 13 lebih cerah (795 nits) dibandingkan Galaxy S21 FE (700 nits). Namun refresh rate samsung jauh lebih unggul dengan angka 120Hz. Ponsel iPhone 13 masih memakai refresh rate 60Hz.

Perbandingan Kamera

Kamera iPhone memiliki keunggulan karena memakai fotografi komputasional. Karena itu, meskipun sensornya lebih sedikit, iPhone 13 masih memiliki kemungkinan unggul dari Galaxy S21 FE. Dari segi warna, hasil gambar Galaxy S21 FE menampilkan lebih banyak warna, sedangkan iPhone 13 memberikan kesan warna yang hangat.

Lensa ultrawide dimiliki oleh kedua kamera dengan hasil yang sama baiknya, begitu juga dengan efek fisheye. Sedangkan untuk foto zoom dekat, Samsung berhasil menang dengan kehadiran lensa khusus telephoto. Gambar hasil iPhone 13 terlihat ada distorsi meskipun memiliki warna yang lebih tepat. Sedangkan foto Galaxy S21 FE cukup jelas untuk menunjukkan huruf dan membacanya.

Untuk pengambilan gambar di keadaan rencah cahaya, Galaxy S21 FE lebih unggul karena gambar iPhone 13 masih lebih gelap. Kamera depan 32 MP iPhone 13 juga berhasil memberi kejutan karena memberikan warna yang lebih cerah daripada sensor 32 MP Samsung.

Baca juga: Samsung Galaxy S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max : Spesifikasi

Perbandingan Baterai

Baterai 4.500 mAh Samsung hanya bertahan 7 jam 46 menit saat dijalankan dengan konektivitas 5G dan refresh rate 120Hz. Hasil ini kurang lebih 2 jam di bawah rata-rata. Namun bila diatur menjadi refresh rate 60Hz, waktu bertahannya menjadi 9 jam lebih. baterai iPhone 13 sendiri bisa bertahan hingga 10 jam 33 menit.

Baterai Galaxy S21 FE masih memiliki keunggulan dari segi pengisian daya cepat 25W daripada charger iPhone 13 20W. Samsung juga mengklaim bahwa baterainya bisa terisi 50% dalam waktu setengah jam. namun hal ini juga bisa dicapai oleh charger iPhone.

Secara keseluruhan, Galaxy S21 FE menyediakan semua fitur terbaiknya dengan harga yang terjangkau. Bahkan galaxy S21 FE lebih unggul dari sisi layar. Untuk performa kamera dan desain, keduanya tidak begitu berbeda jauh. Namun iPhone 13 berhasil unggul jauh dari segi performa prosesor dan daya tahan baterai.

 

Sumber: Tom’s Guide
Foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

TV, Audio/Video, Permainan & Perangkat Wearable

Jakarta, Unbox.id – Earphone kabel saat ini telah memasuki era baru dan kepopulerannya sedikit-demi sedikit mulai memudar. Diakui atau tidak, inovasi baru dengan sambungan...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – OPPO Reno8 dan OnePlus Ace Racing Edition adalah smartphone yang memiliki kinerja yang baik dan juga dengan spesifikasi yang baik. Kedua...

Komparasi

Jakarta, Unbox.id – Xiaomi Pad 5 dan OPPO Pad adalah tablet yang memiliki kinerja yang baik dengan spesifikasi yang baik. Kedua tablet tersebut memiliki...

Spesifikasi & Harga

Jakarta, Unbox.id – Apple dikabarkan akan segera meluncurkan layanan terbarunya yakni penyewaan perangkat iPhone dengan jangka waktu hingga satu bulan dengan metode berlangganan. Nantinya,...