Connect with us

Hi, what are you looking for?

Spesifikasi & Harga

Samsung Galaxy M55 5G Resmi Meluncur, Intip Speknya

Samsung Galaxy M55 5G_1a
Samsung Galaxy M55 5G. (Sumber: Gadget Review)

Unbox.id – Samsung baru-baru ini merilis Galaxy M55 5G. Ponsel kelas menengah ini menawarkan performa dan pengisian daya cepat. Mengutip Android Authorit, Samsung resmi meluncurkan ponsel ini di Brasil. Ponsel ini sekilas memiliki kemiripan dengan Galaxy A55 yang diluncurkan awal Maret lalu, namun ada sedikit perbedaan antara Samsung Galaxy M55 5G dan Galaxy A55 5G.

Perbedaan Pada Chipset

Samsung Galaxy M55 5G_2b

Samsung Galaxy M55 5G. (Sumber: Times Bull)

Salah satu perbedaan utamanya adalah penggunaan chipset Snapdragon 7 Gen 1, bukan Exynos 1480 milik Samsung. Kedua prosesor ini mempunyai keunggulan masing-masing. Snapdragon 7 Gen 1 memiliki kapasitas CPU yang lebih bertenaga, sedangkan Exynos 1480 memiliki GPU AMD yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan seri Exynos sebelumnya.

Ponsel Android ini memiliki baterai 5.000mAh yang sama dengan Galaxy A55 namun memiliki pengisian kabel 45W, berbeda dengan A55 5G yang hanya mendukung pengisian daya 25W. Perbedaan lainnya adalah M55 5G hanya tersedia pada model 8GB/256GB di Brasil, dibandingkan model 8GB/256GB di Brasil.

A55 tersedia dalam kapasitas 8GB/128GB dan 8GB/256GB. Galaxy M55 5G juga memiliki kamera selfie 50 MP. Resolusi ini lebih tinggi dibandingkan Galaxy A55 dengan sensor 32MP. Selain itu, ponsel Samsung ini juga dibekali dengan triple kamera belakang 50MP, dengan kamera ultra wide 8MP, dan kamera makro 2MP.

Fitur penting lainnya termasuk layar OLED 6,7 inci 120Hz (FHD+), sensor sidik jari dalam layar, One UI 6.1 di atas Android 14, dan janji empat pembaruan OS utama serta patch keamanan selama 5 tahun.

Daftar HP Samsung yang Kebagian Galaxy AI

Sementara itu, Samsung Electronics Indonesia resmi memperkenalkan fitur Galaxy AI ke lebih banyak smartphone Galaxy mulai Kamis, 28 Maret 2024. Sebelumnya, fitur berbasis AI ini hanya tersedia di Galaxy S24. Kini, Samsung akan memperkenalkan Galaxy AI pada model ponsel kelas atas tertentu yang diluncurkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap mulai 28 Maret 2024 melalui pembaruan perangkat lunak. Berikut daftar HP Samsung Galaxy yang mengusung Galaxy AI:

  • Galaxy S23 Ultra
  • Galaxy S23 Plus
  • Galaxy S23
  • Galaxy S23 FE
  • Galaxy Z Flip5
  • Galaxy Z Fold5
  • Galaxy Tab S9 (5G)
  • Galaxy Tab S9 Plus (5G)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (5G)
  • Galaxy Tab S9 (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Plus (Wi-Fi)
  • Galaxy Tab S9 Ultra (Wi-Fi)

Untuk mendapatkan fitur Galaxy AI, pengguna perlu melakukan pembaruan software, berikut caranya:

  • Buka “Settings”.
  • Pilih “Software Update”.
  • Pilih “Download and Install”.

Setelah melakukan pembaruan, maka perangkat akan mendapatkan perangkat lunak One UI 6.1 beserta fitur Galaxy AI.

Baca juga: Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6 Bakal Berbalut Bodi Titanium

Fitur Unggulan Galaxy AI

Galaxy AI_1a

Galaxy AI. (Sumber: Sam Lover)

Photo Assist merupakan fitur Galaxy AI yang paling banyak digunakan oleh pengguna seri Galaxy S24 karena membantu pengguna mengedit foto dan membuat konten dengan lebih mudah dengan hasil terbaik.

Photo Assist mencakup fitur-fitur berikut: Fitur inovatif seperti Suggested Editing memiliki kemampuan untuk menyempurnakan foto atau video melalui saran pengeditan berbasis AI. Lalu ada fitur editing umum dengan fitur fill untuk membuat foto lebih proporsional tanpa melakukan crop atau memindahkan objek dengan hasil editing yang mulus.

Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna seri S23 dan S23 FE yang ingin membuat konten lebih menarik. Circle to Search with Google adalah fitur populer Galaxy AI, karena memudahkan pencarian online tanpa harus memasukkan kata kunci.

Dengan fitur ini, pencarian informasi dari layar ponsel Smartphone menjadi lebih mudah. Cukup lingkari apa yang sedang muncul di layar smartphone, maka Galaxy AI akan mencari informasi lebih lanjut tentang apa yang ingin Anda cari.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....