Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tech Industry

Samsung Akan Rilis Galaxy Z Fold 6 Versi Termurah

Galaxy Z Fold 6_1a
Galaxy Z Fold 6. (Sumber: Gadgets Inspiring)

Unbox.id – Samsung dikabarkan berencana meluncurkan ponsel layar lipat dengan harga lebih terjangkau. Seperti diketahui, seri Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip sendiri masih ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 13 jutaan. Namun pada tahun ini, berdasarkan laporan The Elec via 9to5Google yang dikutip Android Police, Samsung berencana meluncurkan produk pengganti seri Galaxy Z Fold yang dibanderol dengan harga lebih murah. Kabarnya, smartphone ini diperkirakan akan diluncurkan bersamaan dengan seri Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Kabarnya, kedua smartphone tersebut akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2024. Langkah ini disebut-sebut menjadi strategi Samsung untuk meraih pangsa pasar lebih besar di pasar ponsel layar lipat di negeri Tiongkok. Biar kuberitahu, ada banyak merek ponsel lipat di tanah air, mulai dari Huawei, Honor, Xiaomi hingga Oppo.

Riset Data Firma Pasar Omdia

Galaxy Z Fold 6_2b

Galaxy Z Fold 6. (Sumber: The Gadgets Story)

Samsung sendiri, menurut data perusahaan riset pasar Omdia, menduduki peringkat ketiga pangsa pasar smartphone layar lipat di Tiongkok. Honor berada di urutan teratas, disusul Huawei.

Oleh karena itu, strategi ini dinilai sebagai langkah perusahaan asal Korea tersebut untuk menjangkau pasar yang lebih luas, khususnya konsumen yang menginginkan ponsel layar berbentuk lipat dengan harga lebih terjangkau.

Namun, menurut laporan, rencana Samsung terhambat oleh ketidakstabilan di industri seluler saat ini. Selain itu, terdapat kekhawatiran bahwa penjualan ponsel lipat dengan harga lebih rendah dapat berdampak pada penjualan perangkat kelas atas.

Samsung sendiri belum mengomentari rencananya meluncurkan seri Galaxy Z Fold 6 tahun ini. Oleh karena itu, menarik menunggu pengumuman selanjutnya dari perusahaan mengenai topik ini.

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6: Usung Layar Lebih Lebar dan Bodi Ringan

Di sisi lain, Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 bakal membawa perubahan dibandingkan seri ponsel layar lipat sebelumnya. Galaxy Z Fold 6 akan memiliki layar eksternal dan layar internal yang lebih besar, dari segi rasio, kata pakar terkenal dari Naver melalui GSM Arena.

Selain ukuran layar eksternal dan bagian dalam, Naver mengatakan bahwa desain penerusnya Versi Galaxy Z Fold 5 juga akan diterapkan Samsung pada seri Galaxy S25 mendatang.

Sebagai gambaran, layar luar Galaxy Z Fold 5 memiliki rasio aspek rasio/lebar sebesar 23,1:9. Namun beredar rumor bahwa layar ponsel lipat tersebut akan memiliki rasio 19,5:9, seperti pada Galaxy S23. Diketahui, perusahaan juga berupaya membuat ponsel barunya yang dapat dilipat lebih ringan dan mengurangi kerutan.

Perubahan di Galaxy Z Flip 6

Lalu bagaimana dengan ponsel layar lipat Samsung lainnya, Galaxy Z Flip 6? Sumber yang sama menyebutkan bahwa ponsel Android Samsung ini akan memiliki ukuran layar yang lebih besar.

Tak hanya itu, ponsel ini juga akan memiliki bezel yang lebih tipis dibandingkan Samsung. Ponsel Samsung Galaxy Z Flip 5 asli berukuran 3,4 inci. Perlu diketahui, rencana Samsung meluncurkan ponsel layar lipat yang lebih murah sudah digagas sejak pertengahan tahun lalu.

Saat itu, Samsung dikabarkan berencana memperkenalkan varian FE untuk Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6 yang akan diperkenalkan tahun ini.

Baca juga: One UI 6.1 Debut Di Samsung Galaxy S24

Tentang Samsung

CES 2024 Samsung_2b

CES 2024 Samsung. (Sumber: CNET)

Samsung adalah perusahaan Korea yang merupakan salah satu produsen elektronik terkemuka di dunia. Didirikan pada tahun 1938 oleh Lee Byung-chul sebagai perusahaan dagang, Samsung telah berkembang menjadi konglomerat global dengan berbagai divisi bisnis termasuk elektronik konsumen, teknologi informasi, semikonduktor, telekomunikasi, dan industri berat.

Di sektor elektronik konsumen, Samsung dikenal untuk pembuatan berbagai produk, seperti ponsel pintar, televisi, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan audio. Di bidang teknologi informasi, Samsung memproduksi laptop, tablet, dan perangkat penyimpanan data.

Divisi semikonduktor Samsung juga memainkan peran penting dalam industri dengan memproduksi chip memori, prosesor, dan komponen semikonduktor lainnya.

Samsung juga berpartisipasi dalam sektor telekomunikasi dengan memproduksi peralatan jaringan, peralatan telekomunikasi, dan infrastruktur. Selain itu, perusahaan juga beroperasi di bidang industri berat seperti pembuatan kapal, konstruksi, dan keuangan.

Selama beberapa dekade terakhir, Samsung telah menjadi salah satu merek global terbesar dan paling dominan di bidang teknologi yang dikenal luas. Produk Samsung secara rutin diakui atas inovasi, kualitas, dan desain mutakhirnya.

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi unbox.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tech Industry

Unbox.id – Penjualan iPhone akan turun sekitar 10% pada kuartal pertama tahun 2024 karena meningkatnya persaingan dari pembuat ponsel pintar Android untuk mendapatkan posisi...

Software

Unbox.id – Belum lama ini, Samsung meluncurkan fitur andalan dari smartphone seri Galaxy S24 terbarunya yakni Galaxy AI ke beberapa smartphone lawas. Seri Galaxy...

Software

Unbox.id – Pernahkah Anda lupa kata sandi ponsel Samsung Anda? Jika ya, Anda tidak sendirian. Mungkin banyak pengguna ponsel Samsung yang juga mengalami masalah...

Spesifikasi & Harga

Unbox.id – Rumor mengenai Samsung Galaxy Z Fold 6 semakin banyak dibicarakan, dengan beberapa bocoran yang membagikan banyak bocoran mengenai ponsel lipat baru tersebut....